SOLOPOS.COM - Buku Mengislamkan Jawa (htanzil.wordpress.com)

Solopos.com, JAKARTA — Maarif Institute menggelar acara peluncuran dan diskusi buku Mengislamkan Jawa : Sejarah Islamisasi di Jawa dan Penentangnya dari 1930 Sampai Sekarang karya M.C. Rickles. Ahmad Fuad Fanani, Direktur Riset Maarif Institute, di Jakarta, Senin (25/11/2013), menyatakan buku itu merupakan sumbangsih dan karya penting yang harus dibaca siapa saja yang tertarik untuk mengetahui sejarah jalan berliku islamisasi Jawa.

“Buku ini membahas pelbagai upaya yang dilakukan tokoh-tokoh muslim dan pro-pluralisme untuk menjaga ruang publik sebagai ruang yang netral,” ujar Fuad Fanani.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

M.C. Ricklefs merupakan Indonesianis asal Australia yang banyak menekuni sejarang Indonesia, terutama Jawa. Salah satu bukunya yang cukup terkenal adalah Sejarah Indonesia Modern: 1200-2004. Selain menghadirkan Ricklefs selaku pembicara, diskusi ini juga mengundang Philip J. Vermonte, Ketua Departemen Politik dan Hubungan Internasional CSIS, dan Ihsan Ali Fauzi, Direktur Pusat Agama dan Demokrasi Paramadina, sebagai pembicara.

Buku setebal hampir 900 halaman ini dibagi menjadi 14 bab yang dipenuhi dengan banyak data primer dan sekunder.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya