Tutup Iklan

MA Perintahkan Pemerintah Cabut SKB 3 Menteri Soal Seragam Sekolah

MA memerintahkan mencabut SKB 3 menteri soal seragam sekolah. Kini, pemeritah tak bisa lagi melarang sekolah mewajibkan siswa mengenakan seragam yang menggunakan atribut keaagamaan.

MA Perintahkan Pemerintah Cabut SKB 3 Menteri Soal Seragam Sekolah

SOLOPOS.COM - Mahkamah Agung (JIBI/SOLOPOS/detikcom)

Solopos.com, JAKARTA -- Mahkamah Agung (MA) memerintahkan pemerintah mencabut Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Agama. SKB itu berisi tentang Penggunaan Pakaian Seragam dan Atribut bagi Peserta Didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan di Lingkungan Sekolah yang Diselenggarakan Pemda pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

Perkara nomor 17 P/HUM/2021 itu diketok pada 3 Mei 2021. Duduk sebagai ketua majelis Yulius dengan anggota Is Sudaryono dan Irfan Fachruddin. Dengan keputusan MA tersebut, kini larangan sekolah mewajibkan siswa memakai seragam dengan atribut agama tertentu tidak lagi berlaku.

Berikut amar putusan yang disampaikan juru bicara MA, Andi Samsan Nganro, Jumat (7/5/2021):

Baca Juga: Din Syamsuddin Sarankan SKB 3 Menteri soal Seragam Sekolah Direvisi

Isi Putusan

MENGADILI,

1. Mengabulkan permohonan keberatan hak uji materiil dari pemohon: Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat tersebut;

2. Menyatakan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia dan Menteri Agama Republik Indonesia, Nomor 02/KB/2021, Nomor 025-199 Tahun 2021, Nomor 219 Tahun 2021 tentang Penggunaan Pakaian Seragam dan Atribut Bagi Peserta Didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan di Lingkungan Sekolah yang Diselenggarakan Pemerintah Daerah Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, tanggal 3 Februari 2021 bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, yaitu Pasal 10, Pasal 11, dan Pasal 12 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Pasal 1 angka 1 dan 2 Undang-Undang No 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, Pasal 1 angka 1 dan angka 2, Pasal 3, dan Pasal 12 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan karenanya tidak sah dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat;

3. Memerintahkan kepada Termohon I, Termohon II, dan Termohon III untuk mencabut Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia dan Menteri Agama Republik Indonesia, Nomor 02/KB/2021, Nomor 025-199 Tahun 2021, Nomor 219 Tahun 2021 tentang Penggunaan Pakaian Seragam dan Atribut Bagi Peserta Didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan di Lingkungan Sekolah yang Diselenggarakan Pemerintah Daerah Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, tanggal 3 Februari 2021;

Baca Juga: PENDIDIKAN JATENG : Seragam Sekolah Tak Boleh Bebani Siswa!

4. Memerintahkan kepada Panitera Mahkamah Agung Republik Indonesia mencantumkan petikan putusan ini dalam Berita Negara dan dipublikasikan atas biaya Negara;

5. Menghukum Termohon I, Termohon II, dan Termohon III untuk membayar biaya perkara sebesar Rp1.000.000,00 (satu juta Rupiah);

Perkara itu diajukan oleh Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat. Adapun pihak termohon yaitu Mendikbud, Mendagri, dan Menag.

Poin SKB

Sebagaimana diketahui, dalam keterangan yang diselenggarakan secara daring pada Rabu (3/2/2021), Mendikbud Nadiem Anwar Makarim menguraikan tiga hal yang menjadi pertimbangan penerbitan SKB 3 Menteri ini.

Pertama, bahwa sekolah memiliki peran penting dan tanggung jawab dalam menjaga eksistensi ideologi dan konsensus dasar bernegara, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika; serta membangun dan memperkuat moderasi beragama dan toleransi atas keragaman agama yang dianut peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.

"Yang kedua adalah sekolah dalam fungsinya untuk membangun wawasan, sikap, dan karakter para peserta didik, harus memelihara persatuan dan kesatuan bangsa, serta membina dan memperkuat antarumat beragama," ujarnya.

Pertimbangan selanjutnya, pakaian seragam dan atribut bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah di lingkungan sekolah yang diselenggarakan pemerintah daerah (pemda) merupakan salah satu bentuk perwujudan moderasi beragama dan toleransi atas keragaman agama.

Lebih lanjut, Nadiem memaparkan enam ketentuan utama dari SKB Tiga Menteri tersebut. Pertama, keputusan bersama ini mengatur sekolah negeri di Indonesia yang diselenggarakan oleh pemda.

"Sekolah negeri adalah sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk semua masyarakat Indonesia, dengan agama apa pun, dengan etnisitas apa pun, dengan diversitas apa pun," ujar Mendikbud.

Kedua, peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan berhak memilih antara: a) seragam dan atribut tanpa kekhususan agama, atau b) seragam dan atribut dengan kekhususan agama.

"Hak untuk memakai atribut keagamaan itu adanya di individu. Individu itu adalah guru, murid, dan tentunya orang tua, bukan keputusan sekolahnya," imbuh Nadiem.

Tak Boleh Wajibkan Atribut Agama

Ketiga, pemda dan sekolah tidak boleh mewajibkan ataupun melarang seragam dan atribut dengan kekhususan agama.

Keempat, pemda dan kepala sekolah wajib mencabut aturan yang mewajibkan atau melarang seragam dan atribut dengan kekhususan agama paling lama 30 (tiga puluh) hari kerja sejak keputusan bersama ini ditetapkan.

"Implikasi ini, kalau ada peraturan-peraturan yang dilaksanakan baik oleh sekolah maupun pemerintah daerah yang melanggar keputusan ini, harus dalam waktu 30 hari dicabut peraturan tersebut," tegasnya.

Kelima, jika terjadi pelanggaran terhadap keputusan bersama ini, maka terdapat sanksi yang diberikan kepada pihak yang melanggar. Pemda memberikan sanksi kepada kepala sekolah, pendidik, dan/atau tenaga kependidikan; gubernur memberikan sanksi kepada bupati/wali kota; Kemendagri memberikan sanksi kepada gubernur; dan Kemendikbud memberikan sanksi kepada sekolah terkait penyaluran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan bantuan pemerintah lainnya.

"Tindak lanjut atas pelanggaran akan dilaksanakan sesuai dengan mekanisme dan perundang-undangan yang berlaku. Jadi ada sanksi yang jelas kepada pihak yang melanggar Surat Keputusan Bersama Tiga Kementerian ini," ujarnya.

Keenam, peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan beragama Islam di Provinsi Aceh dikecualikan dari ketentuan keputusan bersama ini sesuai kekhususan Aceh berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan terkait pemerintahan Aceh.

Berita Terkait

Berita Terkini

KAI Perketat Protokol Kesehatan Covid-19 di Seluruh Stasiun

PT Kereta Api Indonesia memperketat pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan di stasiun PT KAI demi antisipasi lonjakan Covid-19.

Didominasi Varian Delta, Covid-19 Inggris Kembali Melonjak

Public Health England atau PHE menyatakan virus corona pemicu Covid-19 varian Delta yang kali pertama diidentifikasi di India dan menjangkiti Inggris.

Iran Pilih Ebrahim Raisi Jadi Presiden Terpilih

Hakim garis keras Ebrahim Raisi terpilih sebagai presiden Iran dan ditanggapi buruk oleh Amnesty International dan Humans Right Watch.

Vaksinasi Dosis I Jakarta Sudah 37,9%

Pemprov DKI Jakarta melaporkan telah merealisasikan 37,9% target vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 dosis pertama.

Shenzhen Tiongkok Idap Covid-19 Delta

Kota penting di Tiongkok, Shenzhen, terkontaminasi virus corona varian delta setelah karyawan restoran terinfeksi Covid-19 varian delta.

Bodebek dan Bandung Raya Diminta Kebut Vaksinasi Covid-19

Kasus positif Covid-19 di wilayah Bodetabek dan Bandung Raya melonjak tajam dan ditargetkan segera divaksinasi virus corona.

Palestina Batal Terima Vaksin Covid-19 Israel

Otoritas Nasional Palestina membatalkan kesepakatan menerima vaksin Covid-19 dari Israel yang akan segera kedaluwarsa.

Covid-19 Mulai Pasang Lagi di Tiongkok

Konon virus corona pemicu Covid-19 bermula dari dataran Tiongkok dan kini mengalami 30 kasus baru terkonfirmasi penyakit itu.

Cerita Patung Dewi Buddha di Jepang Dipakaikan Masker, Ini Harapannya

Pemasangan masker di bagian wajah Patung Dewi Buddha di kawasan Fukushima, Jepang tersebut membutuhkan waktu tiga jam oleh empat pekerja.

Layanan Kartu Kuning Gratis, Begini Syarat Pembuatannya

Permintaan pembuatan kartu pencari kerja atau kartu kuning saat ini dilaporkan meningkat di berbagai daerah menjelang pendaftaran ASN.

Sudah 22,8 Juta Warga Vaksin Covid-19

Satgas Penanganan Covid-19 menunjukkan total orang yang telah divaksinasi virus corona penangkal Covid-19 adalah 22.873.342 orang.

Buron 10 Tahun Pembalakan Liar Akhirnya Dipulangkan Juga

Setelah 10 tahun dijadikan buron, Kejaksaan Agung akhirnya menangkap dan memulangkan Adelin Lis dari Singapura ke Jakarta.

Ketularan, Begini Pengakuan Juru Bicara Satgas Covid-19

Ketua tim pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengaku telah terjangkit virus corona pemicu Covid-19.

Polda Sumut Bentuk Tim Buru Pelaku Penembakan Jurnalis

Tim gabungan dari Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Utara dan Polres Simalungun masih menyelidiki kasus itu.

Bagian dari King Maker, Airlangga Hartarto Paling Berpeluang di Pilpres 2024

Airlangga Hartarto sebagai king maker yang paling komplet karena berpotensi menjadi calon presiden atau calon wakil presiden di 2024.

Menko Airlangga Kampanye Makan Telur Ayam, Masuk Rekor Muri

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyerahkan telur ayam sebanyak 50.000 butir saat kunjungan ke Kecamatan Jatinom, Klaten.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito Positif Covid-19

Wiku Adisasmito kemungkinan tertular Covid-19 saat kunjungan kerja ke beberapa daerah seperti Kudus dan Bangkalan.

PLN Apresiasi Ditjen Minerba & Pemasok Batu Bara Jaga Keandalan Listrik

Kepastian pemenuhan batu bara sangat penting bagi PLN demi menjaga keberlanjutan dan keandalan pasokan listrik ke masyarakat.

Hmmm...Pemerintah Indonesia Tambah Utang Rp7,1 Triliun, Buat Apa Lagi?

Indonesia kembali mengajukan utang kepada Bank Dunia senilai Rp7,1 triliun untuk mendukung program vaksinasi Covid-19.

Pemimpin Redaksi Media Online Ditembak Hingga Tewas di Mobil

Pemimpin redaksi media online di Simalungun diduga jadi pembunuhan. Ia ditemukan tewas di dalam mobil dengan luka tembak.

19 Bandar Narkoba LP Cipinang dipindah ke LP SMS di Nusakambangan

Kemenkum HAM memindahkan 19 bandar narkoba dari LP Cipinang ke LP Nusakambangan untuk memutus mata rantai peredaran narkoba.

Awalnya Muncul di India, Covid-19 Varian Delta Mendominasi Dunia

Inggris melaporkan lonjakan tajam infeksi varian Delta, sementara Jerman memprediksikan Delta akan dengan cepat menjadi varian dominan di sana.

Airlangga: Saatnya Golkar Jadi Nomer Satu, Kader Harus Kerja Keras

Berharap semua aktif dari DPP sampai daerah, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menargetkan partainya jadi pemenang di Pemilu 2024.

Relawan Jokowi Tegaskan Tak Kenal JokPro dan Tolak Wacana 3 Periode

Jika wacana tiga periode diterapkan, maka kemungkinan besar akan timbul wacana masa jabatan presiden yang lebih lama lagi.

Yang Posting Puan Maharani, Yang Disalami Netizen Malah Ganjar

Puan Maharani kembali memposting konten mengenai kampanye protokol kesehatan. Postingan tersebut dibalas netizen dengan komentar dukungan buat Ganjar Pranowo.

Solopos Hari Ini: Ketat Atau Kolaps

Koran Solopos edisi Sabtu (19/6/2021) mengulas soal desakan agar pemerintah bertindak cepat dalam mengatasi lonjakan kasus Covid-19.

10 Berita Terpopuler : Covid-19 di UNS Solo - Kasus Corona Soloraya

Persebaran Covid-19 di UNS Solo hingga perkembangan kasus corona di wilayah Soloraya masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Covid-19 Terus Meroket, Apa Kata Dokter?

Desakan agar pemerintah bertindak cepat untuk menanggulangi penyebaran virus corona yang meningkatkan Covid-19 disampaikan kalangan dokter.

Pemerintah Percepat Tambah Lokasi Isolasi Pasien Covid-19

Pemerintah menyiapkan ribuan tempat tidur sebagai lokasi isolasi pasien Covid-19 sebagai respons semakin tingginya penularan virus corona.

Hak Pesangon Kabur, Pilot Merpati Mengadu ke Jokowi

Menyadari hak pesangon semakin tidak jelas, Paguyuban Pilot Eks Merpati atau PPEM bakal mengadu ke Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

KPK Lelang Barang dari 7 Perkara Korupsi, Apa Saja?

Mau ikutan lelang dari KPK, klik www.lelang.go.id atau ke KPKNL Jakarta III, Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun No. 10 Jakarta Pusat.

Pasukan Israel Gusur Bangunan di Hebron Palestina

Tindak setenang-wenang Israel terhadap Palestina dilaporkan sumber lokal berlanjut, dengan mengirimkan perintah penggusuran bangunan.

Bennett Jadi PM Baru, Israel Mulai Bombardir Gaza Lagi

Parlemen Israel mulai Senin (14/6/2021) mengesahkan Naftali Bennet menjadi perdana menteri baru dan mulai membombardir Gaza lagi.

Ziarah Eyang, Bukti Airlangga Hartarto Keturunan Trah Mangkunegara

Kegiatan ziarah ke kompleks pemakaman tersebut menunjukan bahwa Menko Airlangga Hartarto masih ada keturunan dari Trah Mangkunegara.

Positif Covid-19, Hanung Bramantyo Awalnya Tunjukkan Gejala Ini

Di unggahan Instagram, Zaskia juga mengungkap kronologis sampai Hanung dinyatakan positif Covid-19.

Dilegalkan di Era Edhy Prabowo, Ekspor Benur Kini Kembali Dilarang oleh Trenggono

Menteri Kelautan dan Perikanan, Wahyu Sakti Trenggono, mengembalikan kebijakan larangan ekspor benur yang sempat dicabut Edhy Prabowo.

3 Dosen Meninggal karena Covid-19, UNS Solo Gelar Doa Bersama Secara Daring

Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo menggelar doa bersama secara daring mengingat ada tiga dosen yang meninggal karena Covid-19.

Survei LSI: Airlangga Hartarto King Maker Pilpres 2024

Dalam survei, tiga tokoh yang muncul sebagai king/queen maker yaitu Megawati Soekarnoputri, Airlangga Hartarto, dan Prabowo Subianto.

Miris! Mahasiswi Ini Jadi Korban Pelecehan Pamannya Selama 8 Tahun

Seorang mahasiswi menjadi korban pelecehan seksual yang dilakukan paman dan sepupunya selama delapan tahun.

29 Daerah di Indonesia Jadi Zona Merah Covid-19, Dua Dari Soloraya

Ada 23 kabupaten/kota di Indonesia berubah menjadi zona merah Covid-19, dua di antaranya berasal dari Soloraya.

Lewat Online Shop Ini Anji Pesan Ganja, Tapi Jangan Coba-Coba Order

Ganja yang digunakan Anji dibeli dari AS melalui sebuah online shop. Ia menggunakan ID orang lain untuk bisa membelinya.

10 Berita Terpopuler : Saminisme Ajaran Asli Indonesia - Mahasiswi Terjun ke Sungai

Ulasan tentang ajaran saminisme hingga mahasiswi nekat terjun ke sungai dari jembatan masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Solopos Hari Ini: Tarik Rem Darurat

Solopos edisi Jumat (18/6/2021) mengulas soal lonjakan kasus Covid-19 yang harus diatasi pemerintah. Tingginya angka kasus harian Covid-19 bisa membuat fasilitas kesehatan kolaps.

Jepang Segera Luncurkan Paspor Vaksin, Apa Itu?

Jepang segera meluncurkan paspor vaksin yang diperuntukkan pelancong Jepang dan akan diluncurkan mulai bulan depan.

Thailand Bakal Buka Pintu Mulai Oktober

Thailand mewacanakan buka kembali pintu negaranya bagi pengunjung asing pada pertengahan Oktober tahun 2021 ini.

Hotspot di Riau Capai 23 Titik di Awal Kemarau Ini

BMKG Pekanbaru menyatakan berdasarkan pantauan satelit pada Senin (14/6/2021) sore, hotspot atau titik api di Provinsi Riau meningkat.

Sampah Botol Plastik Indonesia Awal 2021 Ini 11.600 Ton

Sampah masih menjadi masalah lingkungan yang sukar dikendalikan, untuk di awal 2021 ini saja sampah botol plastik Indonesia 11.600 ton.

Bakal Ada Aerotropolis di Ibu Kota Baru Indonesia

Kementerian Perhubungan bakal menghadirkan konsep Aerotropolis di ibu kota baru Indonesia alias ibu kota negara atau IKN baru Kalimantan.

Vonis Pinangki Dikorting 6 Tahun, MAKI Tak Tinggal Diam

Kejakgung mengorting vonis hukuman penjara hingga enam tahun jaksa koruptor penerima suap Pinangki Sirna Malasari namun diprotes MAKI.

12.000 Hunian Dibangun di Ibu Kota Baru Indonesia

Sebanyak 12.000 hunian dibangun di ibu kota baru Indonesia dan pemerintah menargetkan ibu kota negara atau IKN di Kalimantan Timur.

Ini Link untuk Unduh Logo HUT ke-76 RI dan Panduan Penggunaannya

Masyarakat bisa mengunduh soft copy tema dan logo Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Rl tahun 2021 beserta pedomannya di link berikut ini.

Puan Maharani Posting Kunker di Solo, Netizen: Kok Malah Main Medsos

Postingan Puan Maharani di Instagram dibalas komentar bernada sindiran oleh netizen.

LSI Denny JA: Paksakan Puan Jadi Capres 2024, PDIP Bisa Kalah

Rendahnya elektabilitas Puan Maharani membuatnya dinilai sulit memenangkan Pilpres 2024. Pencapresan Puan, menurut LSI Denny JA, akan merugikan PDIP.

Setelah Kembang Desa dan Jawara, Kini PN Banjarnegara Punya Silado

Pengadilan Negeri Banjarnegara kini punya "Silado" atau Sistem Layanan Drive On, yang siap melayani masyarakat ke tiap kecamatan.

Meski 3 Lapis, Masker Kain Tak Lagi Bisa Lindungi Pemakainya dari Corona, Kecuali...

Penggunaan masker kain meski tiga lapis tak lagi disarankan karena tak bisa menangkal penyebaran Covid-19. Kecuali juga dilapisi dengan masker bedah.

WHO: Varian Delta Telah Menyebar ke 80 Negara dan Terus Bermutasi

Bahkan varian Delta juga telah menyebar ke sejumlah wilayah di Indonesia, ini tentu harus jadi kewaspadaan kita semua.

Di Hadapan Hakim, Habib Rizieq Akui Tak Pantas Disebut Imam Besar

Habib Rizieq Syihab mengaku banyak memiliki kesalahan dan kekurangan sehingga tak pantas disebut imam besar. Sebutan imam besar, menurutnya, diberikan dari jemaah yang mencintainya.

Kilang Pertamina Balongan dan Cilacap Kebakaran, Ahok Minta Ada "Tumbal"

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama, meminta Dirut Nicke Widyawati untuk melakukan pemecatan terkait insiden kebakaran di dua kilang dalam waktu berdekatan.

Menteri Agama Instruksikan Hormat Bendera Merah Putih Setiap Tanggal 17

Menteri Agama wajibkan jajaran di bawahnya untuk hormat bendera Merah Putih setiap tanggal 17.

Jerinx Kembali Berulah di Instagram, Kali Ini Marah-Marah ke BCL

Postingan BCL yang mengaku kena Covid-19 setelah pulang dari Bali membuat Jerinx marah. Postingan BCL dinilai Jerinx membuat buruk citra Bali.

BPOM Enggan Beri Izin, Bagaimana Nasib Vaksin Nusantara Buatan Terawan?

BPOM enggan mengeluarkan izin untuk Vaksin Nusantara buatan Terawan lantaran sudah bukan lagi untuk diedarkan.

Ini Dia Daftar Perguruan Tinggi BUMN yang Kasih Beasiswa Plus Link Pendaftarannya

Sembilan perguruan tinggi BUMN menawarkan beasiswa kuliah kepada calon mahasiswa baru.

10 Berita Terpopuler : 1 dari 4 SMK Swasta Terbaik Nasional Ada di Solo - Kisah Warga Terjerat Pinjol

Ulasan tentang SMK swasta terbaik nasional hingga Coca Cola merugi masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Solopos Hari Ini: Pertaruhan Ekonomi

Koran Solopos edisi Kamis (17/6/2021) mengangkat topik utama tentang sikap pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 yang melonjak sekaligus memperbaiki ekonomi yang terpuruk.

Kemendikbud Klaim 78,3% SD Sudah Tatap Muka Terbatas

Kemendikbud Ristek mengklaim 78,3% dari 50.000 sekolah dasar di Indonesia telah melakukan pembelajaran tatap muka terbatas.

Cek Video Ini! Beginikah Tsunami Maluku Tengah?

Gempa tektonik berkekuatan 6,1 M atau 6,0 mengguncang wilayah Maluku Tengah di Pulau Seram hingga Ambon, sehingga mendatangkan tsunami.

BMKG: Kawasan Selatan Seram Maluku Rawan Tsunami

Sebelumnya, BMKG pada Rabu siang memperingatkan adanya tsunami di Maluku Tengah, tepatnya di Pulau Seram menyusul terjadinya gempa.

17 TKI di Singapura Diganjar Ijazah Universitas Terbuka

Buruh atau pekerja migran asal Indonesia alias tenaga kerja Indonesia atau TKI di Singapura menerima ijazah Universitas Terbuka atau UT.

Angkatan Udara Israel Serang Gaza Lagi

Gencatan senjata Palestina dan Israel terancam setelah Angkatan Udara Israel melancarkan serangan udara ke Jalur Gaza, Rabu (16/6/2021) pagi.

Buron 10 Tahun Pembalakan Liar Adelin Lis Ditangkap di Singapura

Buronan sekaligus terpidana kasus pembalakan liar Adelin Lis yang 10 tahun ini disasar Kejaksaan Agung akhirnya ditangkap imigrasi Singapura.

Jakarta Lanjutkan Uji Coba PTM saat Ledakan Covid-19

Jakarta tetap melanjutkan uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM di tengah lonjakan kasus penularan Covid-19, dua pekan terakhir ini.

PLN Jamin Tak Ada Pemadaman Listrik Rumah Sakit & Faskes

PLN berupaya memastikan keandalan pasokan listrik, dan mencegah pemadaman listrik, khususnya tempat-tempat vital penanganan pasien Covid-19.

Cegah Covid-19, Yuk Bikin Hand Sanitizer dari Ekstrak Daun Mangga

Tim pengabdian Riset Grup Plasma Science and Technology FMIPA UNS menggelar pelatihan pembuatan hand sanitizer berbahan alami cegah Covid-19.

Kabar Duka, Ketua Presidum IPW Neta S Pane Meninggal Karena Covid-19

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane, meninggal dunia setelah dirawat di RS Mitra Keluarga selama lebih dari sepekan. Ia terserang Covid-19.

Pemilih Muda Memilih Capres Siapa? Ganjar Pranowo

Hasil survei CPCS menyebut pemilih milenial dan gen Z dikuasai Ganjar Pranowo dengan angka 17,7 persen.

Botol Minumannya Disingkirkan Ronaldo Saat Jumpa Pers, Saham Coca Cola Anjlok Rp57 Triliun!

Cristiano Ronaldo tak suka dengan minuman bersoda. Aksinya menyingkirkan botol coca cola dalam jumpa pers jelang laa Euro 2020 antara Hungaria dan Portugal membuat perusaahaan minuman ringan itu rugi besar.

Pengadilan Tinggi Pangkas Hukuman Jaksa Pinangki dari 10 Jadi 4 Tahun, JPU Belum Bersikap

Pengadilan Tinggi Jakarta Pusat memangkas banyak hukuman jaksa Pinangki Sirna Malasari. JPU belum mengambil sikap lantaran mengaku belum menerima salinan putusan.

10 Berita Terpopuler : Hajatan di Wonogiri Dilarang - Beli Rumah Bonus "Istri Kedua"

Penyelenggaraan hajatan di Wonogiri dilarang hingga viral beli rumah bonus "istri kedua" masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Solopos Hari Ini: Rumah Sakit Kritis

Melonjaknya Covid-19 varian baru yang berawal dari Kudus membuat ketersediaan bed pasien Covid-19 di RS Jateng kritis.

Haji 2021 Dibatasi bagi Jemaah Belum Pernah Berhaji

Kerajaan Arab Saudi memutuskan menutup lagi akses ibadah haji 2021 karena masih adanya pandemi corona namun dengan catatan tertentu.

Jakarta Masuki Fase Genting Covid-19, Benar Atau Lebay?

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memperpanjang kembali PPKM Mikro penularan untuk menangkal Covid-19 hingga 28 Juni 2021.

Tabrak Tewas Keluarga Muslim, Warga Kanada Didakwa Teroris

Penabrak satu keluarga muslim hingga tewas di Kanada, Nathaniel Veltman, dijerat dakwaan dengan pasal-pasal terkait aksi terorisme.

Korsel Siap Bantu Distribusikan Vaksin Covid-19 ke Warga Korut

Pemerintah Korsel menyatakan kesiapan membantu proses distribusi vaksin Covid-19 di negara tetangganya, Korut.

China Tak Akan Diam Jika Ditantang NATO

China memperingatkan Organisasi Perjanjian Atlantik Utara atau NATO bahwa mereka tidak akan tinggal diam dalam jika ditantang.

Indonesia Berikutnya, Jepang Bantu Vietnam Vaksin Covid-19

Pemerintah Jepang akan memberikan bantuan vaksin Covid-19 kepada negara-negara di Asia Tenggara, termasuk Vietnam.

Round-Up Klaster Kudus Di Soloraya: Rambah Boyolali, Klaten Tambah 2 Lokasi

Klaster Covid-19 yang bermula dari perjalanan ke Kudus di Soloraya juga ditemukan di Boyolali, sedangkan Sragen dan Klaten bertambah.

Korea Selatan Terapkan Protokol Baru Kesehatan

Pemerintah Korea Selatan dikabarkan akan mengumumkan protokol baru kesehatan yang akan diterapkan mulai awal bulan Juli.

Bang Yos Dikabarkan Wafat, Putri Sutiyoso Pastikan Itu Hoaks

Melalui akun Instagram pribadinya, Renny membantah kabar yang mengatakan bahwa ayahnya, Sutiyoso telah meninggal dunia.

Pengasuh Ponpes Dilaporkan ke Polisi karena Sodomi Belasan Santri

Tersangka MS merayu para santri dengan menggunakan tablet namun dengan syarat bersedia menjadi pelampiasan nafsu bejatnya.

Ketika Erick Thohir, Mahfud, JK Ajak Jihad Ekonomi Di Tengah Pandemi

Erick Thohir menyampaikan bahwa organisasi Islam perlu terus mengembangkan jihad di sektor ekonomi untuk kemajuan Bangsa Indonesia.

Markis Kido Tak Dimakamkan di TMP Kalibata, Ini Penjelasan Menpora

Siapa saja yang bisa dimakamkan di TMP Kalibata antara lain mereka yang mendapatkan penghargaan dari pemerintah (Presiden RI) berupa Bintang Republik Indonesia, Bintang Maha Putra, Bintang Sakti, Bintang Gerilya, dan anggota TNI/Polri yang gugur dalam pertempuran.

Menko Airlangga Sebut 31 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Sudah Disuntikan

Menko Airlangga mengatakan yang harus dilakukan adalah akselarsi vaksinasi, sampai saat ini sudah 31 juta dosis vaksin Covid-19 disuntikan.

Hoaks, Masker Hanya untuk yang Belum Divaksin!

Belakangan ini muncul lagi klaim penggunaan masker di Amerika Serikat hanya wajib untuk mereka yang belum mendapat vaksin Covid-19. Mereka yang sudah mendapat vaksin disebut boleh tidak memakai masker.

Pengakuan Pegawai KPK Sebelum Tes TWK: Rumah Didatangi Orang Tak Dikenal, Katanya dari Kementerian

Sebelum tes TWK, salah satu pegawai KPK non aktif menyebut rumahnya didatangi orang tak dikenal dan mengaku dari suatu kementerian.

Memilih Presiden karena Gagasannya, Bukan Figur

Baliho bergambar Puan Maharani mulai bermunculan sejalan dengan pernyataan elite PDIP yang berniat mengusung sebagai kandidat di Pilpres 2024.

Kasus Kudus, Bangkalan, dan DKI Didominasi Varian Corona Delta

Kasus positif Covid-19 di Kudus, Bangkalan, dan DKI Jakarta telah terkonfirmasi sebagian karena virus Corona varian delta 

10 Berita Terpopuler : Klaster Covid-19 dari Kudus Menyebar ke Soloraya - Markis Kido Meninggal

Daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini diisi beragam kabar mulai klaster Covid-19 Soloraya hingga kabar duka Markis Kido meninggal.

Solopos Hari Ini: Delta Merajalela

Koran Solopos edisi Selasa (15/6/2021) mengulas tentang kasus Covid-19 varian Delta dari India yang terdeteksi ada lebih dari seratus di Indonesia. Lebih dari separuh di antaranya ada di Jateng.

Warga AS Dilarang Bepergian ke Indonesia

Pemerintah Amerika Serikat mengimbau warga tidak bepergian ke Indonesia sehingga memicu pertanyaan alasan warga AS dilarang ke Indonesia itu.