Tutup Iklan

MA Kabulkan Permintaan Terpidana Djoko Susilo Agar Asetnya Dikembalikan

MA mengabulkan permohonan terpidana kasus korupsi pengadaan simulator SIM, Djoko Susilo, yang meminta asetnya sebelum korupsi dikembalikan.

MA Kabulkan Permintaan Terpidana Djoko Susilo Agar Asetnya Dikembalikan

SOLOPOS.COM - Terdakwa korupsi pengadaan simulator SIM Korlantas Polri Irjen Pol Djoko Susilo mengikuti sidang dengan agenda pembacaan vonis di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (3/9/2013). Majelis hakim Pengadilan Tipikor menjatuhkan hukuman 10 tahun penjara dan denda Rp.500 juta subsider 6 bulan penjara terkait kasus korupsi dan pencucian uang proyek simulator SIM karena terbukti merugikan negara senilai Rp.121 miliar dari proyek senilai Rp200,56 miliar. (JIBI/Solopos/Antara/Wahyu Putro A)

Solopos.com, JAKARTA -- Harapan publik agar koruptor dimiskinkan sebagai efek jera mendapat tantangan. Mahmakah Agung (MA) mengabulkan permohonan peninjauan kembali (PK) Irjen Djoko Susilo yang meminta asetnya sebelum korupsi dikembalikan. Namun MA tetap menghukum pidana Djoko Susilo , terpidana kasus korupsi pengadaan simulator SIM selama 18 tahun penjara.

"Mengabulkan permohonan PK. Menjatuhkan pidana penjara selama 18 tahun penjara, denda Rp 1 miliar subsider 8 bulan kurungan," kata juru bicara MA, Andi Samsan Nganro, Jumat (7/5/2021).

MA hanya mengabulkan soal uang pengganti menjadi Rp 32 miliar. Adapun kekayaan yang didapat sebelum terjadinya kasus korupsi simulator SIM dikembalikan kepada terpidana.

"Bahwa penyitaan benda yang sudah ada yang dijadikan barang-barang bukti sebelum waktu (tempus) perbuatan yang dilakukan oleh pemohon PK baik dalam perkara tipikor maupun dalam perkara TPPU adalah bertentangan dengan hukum, oleh karenanya harus dikembalikan kepada yang berhak atau dari mana barang yang bersangkutan disita," ujar Andi.

Berdasarkan Surat Mahkamah Agung tanggal 19 Juni 2019 Nomor 34/WK.MA.Y/VI/2019 yang ditujukan kepada pimpinan KPK perihal membahas sesuai permohonan fatwa dari KPK tentang uang pengganti perkara atas nama Djoko Susilo. Intinya, harta benda terpidana yang telah disita dan dalam amar putusan dinyatakan dirampas untuk negara, setelah dilelang dan hasilnya ternyata melebihi dari jumlah uang pengganti yang harus dibayar, maka kelebihan uang dari hasil lelang tersebut harus dikembalikan kepada terpidana.

Baca Juga: Bakal Jadi Museum Batik, Ini Perjalanan Sengketa Eks Rumah Djoko Susilo di Sondakan Solo

"Karena barang bukti yang sudah disita oleh penyidik setelah putusan berkekuatan hukum tetap berubah menjadi sita eksekutorial yang hasil lelangnya semata-mata untuk membayar uang pengganti sesuai ketentuan Pasal 18 Undang-Undang Tipikor," terang Andi.

Dalam PK itu, MA juga merevisi pencabutan hak politik Djoko Susilo menjadi lima tahun sejak Djoko keluar dari penjara. Duduk sebagai ketua majelis Suhadi, dengan anggota Krisna Harahap dan Sofyan Sitompul.

Keterangan Kasus

Sebagai informasi, Djoko Susilo melambungkan nilai proyek pengadaan simulator SIM. Total anggaran yang ditilap mencapai Rp32 miliar. Belakangan, KPK mencium aroma korupsi itu dan memproses Djoko Susilo. Selain Djoko Susilo, berikut nama yang terlibat di kasus itu dan hukumannya:

1. Brigjen Pol Drs Didik Purnomo MSi dihukum 5 tahun penjara. Didik dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam dakwaan primair.

2. Sukotjo Sastronegoro Bambang dihukum 4 tahun penjara dan denda sebesar Rp200 juta dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 3 bulan. Selain itu, Sukotjo juga dihukum untuk membayar uang pengganti sebesar Rp3,9 miliar paling lama dalam waktu 1 bulan sesudah putusan ini berkekuatan hukum tetap, jika tidak membayar maka harta bendanya disita dan dilelang oleh Jaksa untuk menutupi uang pengganti tersebut dengan ketentuan apabila terdakwa tidak mempunyai harta benda yang mencukupi maka dipidana dengan pidana penjara selama 1 tahun.

Baca Juga: Gugatan Anak Terpidana Korupsi Djoko Susilo Terkait Rumah Di Sondakan Ditolak, Ini Penjelasan Kejari Solo

3. Direktur Utama PT Citra Mandiri Metalindo Abadi (Dirut PT CMMA), Budi Santoso dihukum 14 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 6 bulan penjara. Budi juga dijatuhi pidana tambahan membayar uang pengganti sebesar Rp88,4 miliar dengan ketentuan apabila Terdakwa tidak membayar uang pengganti tersebut dalam waktu 1 bulan sesudah putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya akan disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut, dalam hal Terdakwa tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti tersebut, maka dipidana penjara selama 5 tahun penjara. Budi mengajukan PK pada 21 Desember 2018 ditolak MA

Respons KPK

Terkait dikabulkannya sebagian tuntutan Djoko Susilo melalu PK, KPK akan menindaklanjuti hal itu dengan meminta salinan putusan tersebut.

"Kami akan menindaklanjuti dengan meminta salinan putusan dimaksud untuk memastikan amar putusan tersebut bagaimana," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron kepada wartawan, Minggu (9/5/2021).

Ghufron menyebut KPK perlu mendapat kejelasan harta apa saja yang dianggap ada kelebihan. Setelah itu, barulah KPK akan mengecek apakah aset yang disita itu telah dilelang atau belum.

"Kami akan mengidentifikasi/mengecek keberadaannya apakah sudah dilelang di PSP ke kementerian atau lembaga ataukah masih dalam wewenang KPK karena belum proses lelang," ucapnya.

Baca Juga: Bekas Rumah Terpidana Korupsi Djoko Susilo di Manahan Solo Jadi Kantor Rupbasan

"Dengan identifikasi tersebut kami baru akan membahas dan menindaklanjutinya, yang dapat kami pastikan KPK sebagai penegak hukum akan melaksanakan putusan," tambahnya.

Ini Harta Djoko Susilo Sitaan KPK

Berikut ini daftar sejumlah aset yang dilelang KPK sebagaimana dirangkum detikcom, Minggu (9/5/2021):

1. Tanah dan bangunan di Jagakarsa, Jakarta Selatan, senilai Rp 5,6 miliar.
2. Tanah dan bangunan di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, seharga Rp 8,3 miliar.
3. Tanah dan bangunan di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, senilai Rp 424 juta.
4. Tanah dan bangun di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, seharga Rp 384 juta.
5. Tanah dan bangunan di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, senilai Rp 7,1 miliar.

6. Tanah dan bangunan di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, senilai Rp 628 juta.
7. Tanah dan bangunan di Jatipadang, Jakarta Selatan, seharga Rp 253 juta
8. Tanah dan bangunan di Warung Jati, Jakarta Selatan, seharga Rp 17,7 miliar.
9. Tanah dan bangunan di Jagakarsa, Jakarta Selatan, seharga Rp 395 juta.
10. Dua bidang tanah dan bangunan di Jalan Durian, Jakarta Selatan, seharga Rp 21 miliar.

Baca Juga: Pemkot Solo Segera Keluarkan Perabot di Eks-Rumah Djoko Susilo di Sondakan

11. Tanah dan bangunan di Jalan Paso, Jagakarsa, Jakarta Selatan, seharga Rp 26 miliar.
12. Tanah dan bangunan di Gang Pondo, Jagakarsa, Jakarta Selatan, seharga Rp 1,5 miliar.
13. Tanah dan bangunan di Jalan Nusa Indah I Dalam, Jakarta Selatan, seharga Rp 166 juta.
14. Tanah dan bangunan di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, seharga Rp 10,6 miliar.
15. Tanah dan bangunan di Cipete, Jakarta Selatan, seharga Rp 39,1 miliar.

16. Tanah dan bangunan di Jalan Elang Mas I, Tanjung Barat, Jakarta Selatan, senilai Rp 3 miliar.
17. Apartemen di The Peak A Beaufort Residence At Sudirman terletak di Tower Regis, Setiabudi, Jakarta Selatan, seharga Rp 3,8 miliar.
18. Tanah dan bangunan di Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, senilai Rp 31,8 miliar.

Dari 18 aset tersebut MA belum melansir aset mana saja yang dikembalikan.

Berita Terkait

Berita Terkini

34% Warga Jakarta Ragukan Vaksin Covid-19

Lapor Caovid-19 menemukan 34% masyarakat Jakarta ragu kemanjuran vaksin Covid-19 yang tengah divaksinasikan saat ini.

Perkuat Laboratorium Pangan, FP UNS Gandeng Balai Besar Pasca Panen 

Fakultas Pertanian UNS bersama Balai Besar Pasca Panen Kementerian Pertanian menandatangani kerja sama untuk memperkuat FP UNS sebagai laboratorium pangan.

Dewi Corona Jadi Asa Warga Desa di India Hadapi Covid-19

Religiusitas warga India membuat mereka mengandalan asa kepada dewi corona saat serangan pandemi virus corona pemicu Covid-19.

Polisi Periksa 6 Saksi Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap

Kebakaran yang melanda kilang milik Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah diklaim berhasil dipadamkan, namun enam saksi dipemeriksa oleh polisi.

Begini Cara Mengetahui Hasil SNMPTN 2021

LTMPT mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2021, Senin pukul 10.00 WIB.

Angka Covid-19 Indonesia Melonjak, Begini Reaksi Jokowi...

Angka penularan virus corona pemicu Covid-19 Indonesia melonjak drastis sehingga Presiden Joko Widodo alias Jokowi angkat bicara.

Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap Padam Setelah 40 Jam

PT Pertamina (Persero) menyelamatkan 39 tangki di kompleks Kilang Cilacap, Jawa Tengah yang terbakar selama 40 jam hingga Minggu (13/6/2021).

Kasus Covid-19 Indonesia Meledak, Nyaris 10.000 dalam Sehari

Penambahan kasus konfirmasi positif virus corona pemicu Covid-19 pada Minggu (13/6/2021) hari ini meledak dan memencapai nyaris 10.000 orang.

Akibatkan 66 Orang Positif Covid-19, Begini Awal Munculnya Klaster Pernikahan di Madiun

Acara hajatan resepsi pernikahan yang digelar warga di Desa Bantengan, Kecamatan Wungu, Madiun, berdampak pada munculnya klaster Covid-19.

2 Bulan Pelonggaran Kegiatan, Kasus Covid-19 di Wonogiri Tambah 1.200 Lebih

Selama dua bulan pelonggaran kegiatan warga di Kabupaten Wonogiri berlangsung, jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah lebih dari 1.200 orang.

Prabowo Sebut Belanja Alutsista Rp1,7 Kuadriliun Instruksi Jokowi

Menhan Prabowo Subianto menyebut Jokowi punya grand design pengadaan alutsista dengan perhitungan hingga 25 tahun untuk diwujudkan.

Prabowo Buka Rahasia Mau Dipinang Jokowi Jadi Menhan

Prabowo Subianto akhirnya blak-blakan menyebut alasannya mau masuk ke Kabinet Jokowi karena ingin bekerja sama mengabdi kepentingan nasional.

Antisipasi Kasus Covid-19 Kudus Menyebar di Solo, Polresta Awasi Lokasi-Lokasi Ini

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, meminta masyarakat terus menjalankan fungsi PPKM Mikro menyikapi angka Covid-19 di Solo yang fluktuatif.

Menteri Erick Thohir Dorong BUMN Perbesar Atensi Bagi Pelajar dan Kaum Perempuan

Menteri BUMN, Erick Thohir mendorong perusahaan-perusahaan BUMN untuk mendukung dan memberikan atensi kepada pelajar dan kaum perempuan di Tanah Air.

10 Berita Terpopuler: Bantuan untuk Driver Ojol Membeludak hingga Christian Eriksen Kolaps

Berita terkait bantuan sembako untuk driver ojol korban begal membeludak menjadi kabar paling populer di Solopos.com, Minggu (13/6/2021) pagi.

Selain Virus B1617 India, Inilah Varian Covid-19 Lain di Indonesia

Virus Corona (Covid-19) varian jenis baru sudah masuk ke Indonesia, varian baru tersebut antara lain B117, B1351, dan B1617.

Tatkala Puan & Ganjar Kembali Beda Jalan

Ketua DPR Puan Maharani ke Kota Solo dengan agenda menyaksikan vaksinasi Covid-19 tanpa kehadiran Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Lockdown Total Malaysia Diperpanjang 2 Pekan

Aturan lockdown total atau kontrol gerakan Malaysia yang dikenal sebagai MCO 3.0, diperpanjang dua pekan lagi, 15 Juni hingga 28 Juni 2021.

Begini Menag Sikapi Keputusan Haji 2021 Arab Saudi

Menteri Agama Yaqaut Cholil Qoumas menyatakan pemerintah tidak lagi fokus pada penyelenggaraan ibadah haji 2021 setelah keputusan Arab Saudi.

Angka Kematian Akibat Covid-19 di India Diragukan

Angka kematian resmi akibat virus corona di India semakin diragukan, seperti di Bihar yang temuan ribuan kasus Covid-19 tidak dilaporkan.

15 Anggota KKB Papua Dilumpuhkan, 4 Tewas Ditembak

Satgas Nemangkawi menundukkan kelompok kriminal bersenjata atau KKB yang diklasifikasikan teroris di Papua.

Film Hong Kong Bakal Dikekang UU Keamanan Nasional

Hong Kong menginstruksikan sensor film apa pun yang dinilai bertentangan dengan UU Keamanan Nasional yang diberlakukan oleh China tahun lalu.

Kim Jong-un Sebut K-Pop Seperti Kanker Ganas

Pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menyebut hallyu atau Korean wave bagaikan kanker ganas yang merusak anak muda Korea Utara.

Teken MoU dengan LSPPO, FP UNS Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pertanian Organik

FP UNS bakal menjadi tempat uji kompetensi dan membekali lulusan dengan sertifikat kompetensi bidang pertanian organik.

Ivermectin Viral Disebut Obat Covid-19

Ivermectin yang lazim digunakan untuk mengobati berbagai jenis infestasi parasit viral disebut sebagai obat virus corona pemicu Covid-19.

Yasonna Tak Kuasa Ditinggal Istri Tercinta

Istri Menkumham Yasonna, Elisye Widya Ketaren, sebelumnya dirawat di RS Penang Malaysia dan RS Medistra Jakarta.

Ini Sebab Firli Bahuri Diadukan Lagi ke Dewas KPK

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri kembali dilaporkan ke Dewan Pengawas atau Dewas KPK setelah diganjar peringatan tertulis.

Kasus Covid-19 Pulau Jawa Melonjak dalam 10 Hari Terakhir

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan jumlah kasus virus corona di Pulau Jawa melonjak dalam 10 hari terakhir.

Ini Syarat Ibadah Haji 2021

Pemerintah Arab Saudi membatasi jemaah ibadah haji pada tahun 2021 untuk 60.000 penduduk dan warga negara yang tinggal di kerajaan itu.

Keren! Provinsi Kepri Peringkat Satu Kemerdekaan Pers

Hasil survei Dewan Pers pada 2021, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menempati peringkat satu indeks kemerdekaan pers salip Jabar.

Kode Keras Anies-RK, Akankah Direspons Parpol?

Nama Anies dan RK selalu moncer di beberapa survei terkait Pilpres 2024. Keduanya selalu memiliki hasil suara yang tidak jauh beda.

2 Jam sebelum Haji 2021 Diumumkan, Menlu Saudi Hubungi Retno Marsudi   

Menlu Retno ditelepon Menlu Arab Saudi dua jam sebelum kebijakan haji 2021 diumumkan pemerintah Arab Saudi.

Tok! Haji 2021 Terbatas bagi Domestik Arab Saudi

Pemerintah Arab Saudi membatasi ibadah haji 2021 diikuti maksimal 60.000 jemaah dengan usia 18-65 tahun.

Minuman Rasa Jeruk Dicampur Disinfektan, 21 WBP Keracunan

Tim Penyidik Polsek Kuta Utara, Badung, Bali melakukan penyelidikan kasus 21 WBP keracunan disinfektan dicampur minuman rasa jeruk.

Bagaimana Kudus dan Bangkalan Mengatasi Covid-19?

Kasus Covid-19 di Kudus dan Bangkalan pascalebaran tahun ini lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Bagaimana Kudus dan Bangkalan mengatasinya?

Mobilitas Terkendali, Lonjakan Tak Terjadi

Lonjakan Covid-19 di daerah pascalibur maupun Lebaran, salah satu pemicunya adalah peningkatan mobilitas. Apabila mobilitas bisa terkendali, lonjakan tidak akan terjadi.

Pengumuman SBMPTN Senin 14 Juni 2021 Pukul 15.00 WIB, Begini Cara Cek Hasilnya

Pengumuman kelulusan SBMPTN akan dibuka serentak lewat laman utama https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id/.

Solopos Hari Ini: RS Hampir Penuh

Koran Solopos edisi Sabtu (12/6/2021) mengangkat tema utama soal mulai penuhnya bed ICU di sejumlah RS di Soloraya.

10 Berita Terpopuler : Pencuri Uang MTA Sukodono Tertangkap - Daftar 40 Pemain Persis Solo

Ulasan tentang penangkapan pencuri uang MTA Sukodono Sragen hingga daftar pemain Persis Solo masuk daftar berita terpopuler Solopos.com.

Hotel Semarang Disiapkan untuk Pasien Covid-19 Luar Kota

Data statistik penderita Covid-19 di Kota Semarang merangkak naik, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan 45% pasien dari luar kota.

Ekonom Sebut Jasa Pendidikan Tak Pantas Kena Pajak

Pemerintah Indonesia mulai mengutip pajak jasa pendidikan, jasa medis, dan bahan pangan yang dikenai pajak pertambahan nilai atau PPN.

ICW Klaim Punya Bukti Baru, Firli Bahuri Diadukan ke Dewas KPK

Indonesia Corruption Watch atau ICW kembali melaporkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri ke Dewan Pengawas atau Dewas KPK.

Jangan Bebankan PPN Jasa Pendidikan, DPR Ingatkan Kondisi Susah

Rencana pemerintah mengenakan pajak pertambahan nilai atau PPN terhadap jasa pendidikan memantik kontroversi.

85 WNI di Luar Negeri Positif Covid-19, 5 Meninggal

Kemlu melaporkan penambahan warga negara Indonesia di luar negeri yang positif terinfeksi virus corona sehingga 85 WNI positif Covid-19.

Dilema Sri Mulyani Antara Insentif Mobil dan Pajak Sembako

Media sosial dan situs berita online ramai membahas pajak pertambahan nilai atau PPN sembako yang bakal dikenakan Menkeu Sri Mulyani.

Army Sumbang Rp192 Juta untuk Ojol dalam 3 Hari

Army—kelompok penggemar Bangtan Sonyeondan alias BTS—berterima kasih dengan berdonasi bagi driver ojol pembeli Mc Donald's BTS Meal .

Foto & Video Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap Beredar

Tangki nomor 39 pada istalasi Kilang milik Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap dilaporkan terbakar, Jumat (11/6/2021) pukul 19.45 WIB.

Orasi Ilmiah, Megawati Bingung Dicap Komunis

Megawati mengaku heran dicap komunis padahal dia lolos litsus zaman Orde Baru.

Dituding Terlibat Penembakan FPI, Begini Reaksi Diaz Hendropriyono

Diaz Hendropriyono membantah pernyataan Rizieq Syihab yang mengatakan dirinya terlibat dalam penembakan enam laskar FPI.

Fadli Zon: Rugikan Pedagang, Tolak PPN Sembako!

Politikus Partai Gerindra Fadli Zon menolak rencana pemerintah Presiden Jokowi memajaki bahan pokok, termasuk PPN beras dan sembako.

Kritik PPN Pendidikan, Muhammadiyah: Mana Tanggung Jawab Pemerintah?

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, mengatakan kebijakan PPN bidang pendidikan bertentangan dengan konstitusi dan tidak boleh diteruskan.

Rizieq Syihab Tuding Diaz Hendropriyono Terlibat Penembakan FPI

Nama anggota staf Presiden Bidang Intelijen Diaz Hendropriyono disangkutkan Rizieq Syihab dengan penembakan enam laskar FPI.

Jasa Pendidikan Dipajaki, Begini Reaksi Kemendikbud Ristek...

Dirjen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menentang wacana pemerintah Jokowi memajaki bahan pangan, biaya medis, dan jasa pendidikan.

GeoDipa Dukung Upaya Pemerintah Hadapi Dampak Perubahan Iklim

Indonesia kaya akan sumberdaya energi. Tidak hanya Migas dan batubara, tetapi juga geothermal yang terbanyak potensinya di dunia.

Kreativitas Mahasiswa UNS Rintis Makosta, Masker Khusus Anak

Starter-pack Makosta rintisan mahasiswa UNS merupakan paket produk masker, konektor, dan strap khusus anak-anak berbahan alami.

Erick Thohir Angkat Doni Monardo Jadi Komisaris Utama Inalum, Ini Tugasnya

Pemerintah melalui Kementerian BUMN, mengumumkan pengangkatan Letnan Jenderal TNI (Purn) Doni Monardo sebagai Komisaris Utama PT Indonesia Asahan Aluminium atau Inalum.

Heboh BTS Meal Timbulkan Kerumunan, Ini Analisis Pakar Advertising UNS

BTS Meal merupakan menu kolaborasi perusahaan makanan cepat saji asal Amerika Serikat (AS) dengan boyband asal Korea Selatan, BTS.

Megawati Resmi Sandang Gelar Profesor dari Unhan karena Tacit Knowledge, Apa Itu?

Megawati Soekarnoputri resmi menyandang gelar profesos ilmu pertahanan strategi dari Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan). Megawati dinilai memiliki tacit knowledge.

Penyidik Nonaktif Kok Malah Dijadikan Plh Direktur Penyidikan oleh KPK

KPK mengangkat penyidik yang sudah ditarik Mabes Polri menjadi Plh Direktur Penyidikan. Langkah ini disorot sejumlah pihak.

Gegara Kunci Tertinggal di Motor, Hape dan Dompet Emak-Emak ini Raib

Karena ceroboh meninggalkan motor dengan kunci masih menancap, emak-emak di Sleman kehilangan hape dan dompet di bagasi motor.

Megawati Punya 9, Siapa Presiden RI Dengan Gelar Doktor HC Terbanyak?

Hampir semua presiden RI menerima gelar doktor kehormatan. Hanya Soeharto dan Jokowi yang tak punya.

Ini Profil Unhan, Universitas yang Beri Gelar Profesor Kepada Megawati Soekarnoputri

Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan) yang didirikan di era Presiden SBY mengkhususkan pada studi pertahanan militer.

Megawati Punya 9 Gelar Doktor HC, 6 dari Universitas Luar Negeri, Ini Daftarnya

Sembilan universitas dalam dan luar negeri menganugerahkan gelar doktor kehormatan kepada Megawati Seokarnoputri. Enam di antaranya dari luar negeri.

Ini 3 Alasan Kenapa Megawati Layak Mendapatkan Gelar Profesor Menurut Unhan

Hari ini Megawati Soekarnoputri dijadalkan mendapat gelar profesor kehormatan oleh Universitas Pertahanan (Unhan).

Solopos Hari Ini: Tak Adil dan Berisiko

Koran Solopos edisi Jumat (11/6/2021) meyajikan laporan utama tentang penolakan banyak pihak mewarnai rencana pemerintah memperluas pajak pertambahan nilai.

10 Berita Terpopuler : Asyiknya Belanja Seafood di Pasar Ikan Balekambang Solo - Universitas Terbaik

Berita terpopuler Solopos.com pagi ini beragam mulai ulasan tentang Pasar Ikan Balekambang Solo hingga UMS kalahkan UNS.

Ini Dasar Jasa Pendidikan Dikenai Pajak...

Revisi UU No. 6/1983 akan menyebabkan jasa pendidikan bisa dikenai pajak pertambahan nilai padahal sebelumnya masuk kategori jasa bebas PPN.

Kejagung Lelang Mobil Sitaan Kasus Asabri, Minat?

Pusat Pemulihan Aset Kejaksaan Agung melelang 16 mobil sitaan dari kasus korupsi PT Asabri (Persero) untuk mengembalikan kerugian negara.

Sembako Dipajaki, PKS Sebut Rezim Panik

Rencana pemberlakuan pajak pertambahan nilai untuk bahan pokok, termasuk beras dan sembako mengundang reaksi politikus  PKS Mardani Ali Sera.

Menag Yaqut Janji Bahas Dini Haji 2022 dengan Arab Saudi

Menag Yaqut Cholil Qoumas berjanji sesegera mungkin membahas persiapan haji 2022 dengan Arab Saudi pada musim haji tahun mendatang.

Cak Imin Minta Rencana PPN Bahan Pokok Ditinjau Ulang

Wakil ketua DPR yang juga Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar meminta pemerintah meninjau ulang rencana PPN sembako.

MAKI Uji Materi UU HAM Gegara Firli Bahuri Mangkir Komnas HAM

MAKI akan menguji materi UU No. 39/1999 tentang HAM atas mangkirnya Ketua KPK Firli Bahuri dari panggilan Komnas HAM.

Sri Mulyani Didesak Pajaki Perusahaan Teknologi, Ketimbang Sembako

Ekonom Narasi Institute Achmad Nur Hidayat mempertanyakan aspek keadilan ekonomi rencana pajaki sembako, pendidikan, dan kesehatan.

Komnas Perempuan Larang Korban Pelecehan Seksual Digugat Pidana & Perdata

Korban pelecehan seksual memiliki rasa takut dan trauma yang mendalam, karena itu Komnas Perempuan melarang korban pelecehan seksual digugat.

Wabup Sangihe Tutup Usia di Pesawat

Helmut Hontong tutup usia saat terbang dari Denpasar, Bali, ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Kemenkeu Akui Rencana PPN Sembako Belum Dibahas DPR

Anggota staf ahli Menteri Keuangan bidang Pengeluaran Negara Kunta Wibawa mengakui belum membahas PPN sembako dengan DPR.

Beras & Sembako Kena Pajak, Angka Kemiskinan Bakal Melonjak!

Pemerintah nekat mengenakan pajak pertambahan nilai atau PPN untuk bahan pokok seperti beras dan sembako lainnya.

Preman Bersenjata Palak Sopir Kontainer, Jokowi: Kapolri Selesaikan!

Jokowi sengaja menyempatkan diri bertemu para sopir kontainer untuk mendengar langsung keluhan yang mereka alami, terutama soal pungli.

Datangi Rumah Duka RSPAD, Jokowi Melayat Istri Menkumham Yasonna

Jokowi datang melayat ke Rumah Duka RSPAD sekitar pukul 19.15 WIB dan meninggalkan lokasi pukul 19.40 WIB.

Kabar Duka, Istri Menkumham Yasonna Meninggal Dunia

Istri Menkumham Yasona Laoly, Elisye W. Ketaren, meninggal dunia di Rumah Sakit Medistra Gatot Subroto, Jakarta Selatan, sore ini pukul 15.25 WIB.

Menkes Budi Gunadi Sadikin Minta Lelang Pengadaan Alat Kesehatan Utamakan Produk Dalam Negeri

Menkes Budi Gunadi Sadikin mendorong pengutamaan produk alat kesehatan dalam negeri untuk mengurangi ketergantungan impor.

Lewat Gerakan Nasional Literasi Digital 2021, Kemkominfo Ajak Masyarakat Melek Digital

Kementerian Komunikasi dan Informasi atau Kemkominfo menggelar webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021, Rabu (9/6/2021).

Ridwan Kamil Tancap Gas ke Pilpres 2024

Ridwan Kamil mengakui pertemuannya dengan berbagai tokoh partai politik beberapa waktu lalu dilakukan dalam rangka proses ikhtiarnya menjadi kader suatu partai politik.

Memperkuat Posko Covid-19 saat Karantina Mandiri

Ketidakpatuhan warga terhadap karantina mandiri berujung pada munculnya klaster keluarga. Selain mendisiplinkan warga melakukan isolasi mandiri, keberadaan posko Covid-19 juga harus lebih kuat.

Ini Nih 5 Negara Tanpa Pajak Penghasilan, Mau Pindah Kewarganegaraan?

Lima negara di dunia menerapkan kebijakan tanpa pajak penghasilan. Salah satu di antaranya adalah Uni Emirat Arab.

Ramai-Ramai Menentang Pengenaan Pajak Sembako dan Kenaikan PPN 12%

Sejumlah partai politik menetang rencana pemerintah menaikkan PPN dan mengenakan pajak pada sejumlah objek seperti sembako dan lembaga pendidikan.

1.900 Pendaftar Minati Jadi Dosen UNS Solo, Ini Lowongannya

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membuka lowongan dosen nonpegawai negeri sipil untuk mengisi sejumlah prodi.

Entah Apa Yang Merasuki Pemerintah, Jasa Pendidikan dan Sekolah Mau Dikenakan Pajak

Pemerintah berencana mengenakan pajak pertambahan nilai pada lembaga pendidikan, Rencana ini tertuang dalam RUU No 6/1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Nanti Sore Ada Gerhana Matahari Cincin, Mana Saja yang Bisa Lihat?

Hari ini, Kamis, 10 Juni 2021 sore bakal ada fenomena alam penampakan Gerhana Matahari Cincin. Daerah mana saja yang bisa menyaksikan?

Jadi Universitas Terbaik di Indonesia, UGM Kalahkan UI di Versi QS WUR Tapi Takluk di THE

UGM Yogyakarta mengalahkan UI di daftar universitas terbaik di Indonesia versi QS WUR, tapi kalah di versi THE.

Wujudkan Ketahanan Air Nasional, Ini Tiga Rekomendasi Menko Perekonomian

Untuk mewujudkan Ketahanan Air Nasional diperlukan pengelolaan Sumber Daya Air (SDA) yang menyeluruh dan terpadu.

UMS dan UNS Masuk Daftar Universitas Terbaik Versi QS WUR, Ini Lengkapnya

UMS dan UNS Solo sama-sama masuk dalam daftar universitas terbaik versi Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR) 2022.

Keren, UMS Solo Masuk 3 Besar Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi QS WUR

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Solo menjadi nomor tiga universitas swasta terbaik di Indonesia versi QS WUR.

Wakil Bupati Sangihe Meninggal di Pesawat Lion Air, Begini Kronologinya

Bupati Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara Helmud Hontong meninggal dunia dalam penerbangan Lion Air JT-740 dengan rute Denpasar-Ujung Pandang.

Pulihkan Pariwisata Indonesia, Kemenparekraf Luncurkan Program Bantuan Rp60 Miliar

Demi memulihkan pariwisata di Indonesia, Kemenparekraf meluncurkan program bantuan stimulus senilai Rp60 miliar.

10 Berita Terpopuler : Kisah Siboen Tembus Gold Button Youtube - Menu BTS Meal

Ulasan tentang youtuber kondang Siboen hingga menu BTS Meal McD Indonesia masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Ini Dia 9 Tudingan Seputar Pembatalan Haji 2021 dan Jawaban BPKH

BPKH mengeluarkan rilis yang menjawab sejumlah tudingan menyangkut pembatalan haji 2021. BPKH memastikan dana haji aman dan telah diaudit BPK.

Solopos Hari Ini: Sembako Kena Pajak

Koran Solopos edisi Kamis (10/6/2021) mengulas soal rencana pemerintah mengenakan pajak pada sejumlah sembako, salah satunya beras.

Pembatalan Haji 2021: BPKH Pastikan Pengelolaan Dana Haji Telah Diaudit

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memastikan dana haji selalu diaudit BPK. Pengelolaan dana haji 2019 mendapat predikat WTP, sementara 2020 dalam proses audit.

Jangan Panik! Mc Donald's Indonesia Jual BTS Meal Hingga Juli!

Para penggemar boyband Bangtan Sonyeondan atau Bangtan Boys tak perlu panik dan terburu-buru membeli BTS Meal di gerai Mc Donald’s.