SOLOPOS.COM - (JIBI/SOLOPOS/Moh Khodiq Duhri)

(JIBI/SOLOPOS/Moh Khodiq Duhri)

KLATEN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten berencana menggelar lomba desain lurik dan batik dalam rangka mempopulerkan produk kerajinan asli daerah setempat tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop dan UMKM), Sapto Aji, mengatakan lomba desain lurik dan batik itu terbuka untuk umum. Rencaananya, pemenang lomba itu akan diumumkan pada saat peringatan Hari Jadi Kabupaten Klaten ke-208 pada akhir Juli mendatang.

“Ide lomba ini baru muncul kemarin. Hari Senin (18/6) nanti, kami baru menggelar rapat untuk mempersiapkan lomba ini,” papar Sapto Aji dalam sambutannya pada acara Penyuluhan UMKM di Pendapa Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Klaten, Sabtu (16/6/2012).

Pemenang pertama lomba desain lurik dan batik itu nantinya akan mendapatkan hadiah uang senilai Rp10 juta dan trofi dari Bupati Klaten. Desain lurik dan batik itu nantinya akan dipatenkan. Tidak hanya itu, desain lurik akan digunakan untuk seragam harian pegawai negeri sipil (PNS) dan pelajar di sekolah-sekolah.

“Nanti semua UMKM boleh membuat dan menjualnya. Di Klaten ada belasan ribu PNS dan ratusan ribu pelajar. Hasil penjualan lurik dan batik itu akan meningkatkan kesejahteraan UMKM yang memproduksinya,” terang Sapto Aji.

Pada kesempatan itu, Sapto Aji sekaligus meresmikan alamat situs www.jejakumkm.com untuk mengomodasi pemasaran produk UMKM di Klaten. Dia berharap, situs itu bisa dimanfaatkan para pelaku usaha untuk memasarkan produk-produk lokal berupa makanan, kerajinan tangan, batik, lurik, mebel, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya