SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BEIJING – Ketika sebagian besar negara di dunia sedang berdebar-debar menunggu penerapan teknologi 5G, China rupanya sudah berencana mengembangkan teknologi internet 6G.

Dilansir CNet, Kamis (15/11/2018), Pemimpin kelompok kerja teknologi 5G pada Kementerian Teknologi Industri dan Informasi China, Su Xin, mengatakan bahwa pihaknya akan mulai menggelar riset dan mengembangkan teknologi 6G secara formal pada 2020. Tapi, di tataran konsep akan dimulai tahun ini. Cina berambisi mulai menyediakan teknologi 6G secara komersial pada 2030.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Teknologi 6G kabarnya bisa menyajikan internet dengan kecepatan 10 kali lipat 5G dan, setidaknya dalam teori, kecepatan unduhnya bisa mencapai 1 TB per detik.

Selain itu teknologi 6G juga diklaim bisa membawa perubahan revolusioner terhadap struktur jaringan kabel dan nirkabel karena bisa menyediakan layanan dengan jangkauan lebih luas dan lebih efisien.

Tapi China tak sendiri dalam mengembangkan teknologi 6G. Amerika Serikat, Rusia, dan Uni Eropa juga sudah mulai merancang konsep serta riset teknologi 6G. Bahkan perusahaan telekomunikasi AS, Charter Communications pada Februari lalu mengaku sedang menguji coba teknologi 6G.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya