Petugas pemadam kebakaran Satpol PP Kota Madiun memadamkan api di rumah Jl. Jenggolopu, Kelurahan Kelun, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, ludes dilalap api, Senin (7/10/2019) pagi. (Istimewa-Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN -- Rumah pemulung sampah di Jl. Jenggolopu, Kelurahan Kelun, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, ludes dilalap api, Senin (7/10/2019) pagi.

Kebakaran rumah ini terjadi akibat Paiman, sang pemilik rumah, yang lupa mematikan kompor. Sebelumnya, Paiman sedang memasak air menggunakan kompor gas pada Minggu (6/10/2019) sekitar pukul 15.00 WIB.

Baca Juga:

Kebakaran Hanguskan 6 Kios Di Pasar Legi Magetan

3 Bulan, 15 Kebakaran Terjadi Di Kota Madiun

Setelah menghidupkan kompor tersebut, Paiman kemudian melakukan aktivitas lainnya hingga lupa mematikan kompor sampai kebakaran terjadi pada Senin.

Pria paruh baya yang bekerja sebagai pemulung itu hidup sendirian. Api cepat membesar karena di rumah itu penuh dengan barang rongsok yang mudah terbakar seperti kertas dan plastik.

Kasi Damkar Satpol PP Kota Madiun, Anang Dwi Sulistianto, mengatakan api tersebut secara cepat membesar karena angin sangat kencang dan cuaca cukup panas. Api bisa diatasi dalam waktu yang tidak lama karena keaktifan warga membantu petugas pemadam memadamkan api. Sayang, api sudah telanjur melalap seluruh isi rumah Paiman.

Anang mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati saat menyalakan api, baik itu kompor atau membakar sampah. Pastikan api sudah padam sebelum meninggalkan lokasi. Cuaca panas seperti sekarang bisa membuat api membesar dengan cepat.

"Kalau mempunyai sampah tidak usah dibakar, cukup dikumpulkan dan menghubungi petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup," kata dia.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten