SOLOPOS.COM - Penyetoran laporan SPT Tahunan PPh, Rabu (18/3/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan jika Anda lupa EFIN untuk melaporkan SPT.

Solopos.com, SOLO — Kepala Kanwil DJP Jateng II, Rida Handanu, menyampaikan layanan pemberian informasi terkait pelaporan SPT secara elektronik (efiling) melalui kanal Twitter @kring_pajak dan live chat di situs www.pajak.go.id dikelola oleh kantor pusat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Teknis pengelolaannya ada di kantor pusat. Namun, Rida memastikan masih ada beberapa alternatif langkah yang bisa dilakukan wajib pajak jika nomor EFIN hilang.

“Yang pertama, bongkar berkas perpajakan WP, mungkin kertas EFIN terselip. Kedua, cek inbox email, kemudian cari EFIN. Jika belum ketemu juga, telepon ke Kring Pajak 1500200 dan siapkan nomor NPWP serta data diri,” kata Rida.

Cara ketiga ini dinilai sebagai langkah paling praktis. Namun, jika ketiga langkah tersebut gagal, maka wajib pajak bisa datang ke KPP terdekat untuk meminta cetak ulang EFIN. “Tapi jangan lupa bawa KTP dan NPWP,” tutur Rida.

Rida menjelaskan Kanwil DJP Jateng II akan membuka layanan penyampaian SPT di Solo Paragon Lifestyle Mall, 21 Maret mendatang. Dua mal lain, di Solo Square dan Solo Grand Mall, Kanwil DJP juga bakal menghadirkan layanan yang sama.

Pengunjung mal yang ingin memanfaatkan layanan penyampaian SPT namun lupa membawa catatan nomor EFIN, akan ada petugas yang membantu asalkan wajib pajak tersebut membawa KTP dan NPWP asli. “Kalau tidak bawa NPWP asal masih ada KTP, nanti petugas kami yang akan browsing-kan master file-nya. Mudah sekali.”

Selain di tiga mal itu, pos layanan penyampaian SPT juga buka di Kantor Kanwil DJP Jateng II di Manahan, Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya