LUMPUR LAPINDO : Waduh, Ogoh-Ogoh Mirip ARB Rayakan Sembilan Tahun Lumpur Lapindo

LUMPUR LAPINDO : Waduh, Ogoh-Ogoh Mirip ARB Rayakan Sembilan Tahun Lumpur  Lapindo

SOLOPOS.COM - Lumpur Lapindo (JIBI/Solopos/Antara/Eric Ireng)

Lumpur Lapindo menyembur memasuki usia sembilan tahun. Warga memeringatinya dengan mengarak ogoh-ogoh ARB.

Solopos.com, SIDOARJO – Peringatan 9 Tahun lumpur Lapindo di Porong, Sidaorjo diwarnai aksi warga. Korban lumpur pun mengarak ogoh-ogoh berbentuk menyerupai Bos Grup Bakrie Aburizal Bakrie (ARB).

Ogoh-ogoh setnggi 4,5 meter itu diarak puluhan warga korban lumpur mulai dari Pasar Porong Lama menuju tanggul lumpur di titik 21. Ogoh-ogoh itu memiliki lebar 2,5 meter dan mengenakan pakaian berwarna kuning dan posisi tangannya dirantai layaknya citra yang melekat pada ARB.

Di depan arak-arakan, warga membentangkan spanduk berisi tulisan 9 tahun Lumpur Lapindo muncrat Bakrie penjahat. Warga melakukan arak-arakan sambil diiringi musik patrol.

"Ogoh-ogoh ini adalah ARB, Aburizal Bakrie harus tanggungjawab sampai akhirat," teriak salah satu korban lumpur saat longmarch.

Dari pengamatan, Jumat (29/5/2015), setiba di tanggul titik 21, warga secara beramai-ramai meletakkan ogoh-ogoh itu di kolam penampungan lumpur yang sudah mengering.

Spanduk dan poster yang dibawa warga ditempelkan di gubuk-gubuk yang sengaja didirikan warga di sekitar pond yang sudah mengering. Warga juga mengenakan topeng kertas bergambar wajah ARB.

Poster-poster itu di antaranya bertuliskan Kampungku Dulu Tak Begini, Pak Jo Bantulah Kami Pulihkan Hidup, Tambangmu Hancurkan Hidupku, Lumpur Nyembur Lapindo Kabur, dan lain sebagainya.

Semburan lumpur Lapindo yang terjadi sejak 29 Mei 2006 telah menenggelamkan empat desa yang terdampak yakni Desa Siring, Jatirejo, Reno Kenonggo di Kecamatan Porong, dan Desa Kedung Bendo Kecamatan Tanggulangin, serta ribuan rumah warga dan ratusan hektar tanah milik warga.

Kurang lebih sudah sekitar 640 hektare kolam lumpur yang menampung semburan lumpur hingga hari ini.

KLIK dan LIKE di sini untuk update informasi Madiun Raya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pasar Tunggu Kebangkitan Kerajinan Kuningan Juwana

Juwana merupakan Kecamatan yang menghubungkan Kota Pati dan Kota Rembang.  Di Kecamatan ini pula dikenal sebagai penghasil kerajinan kuningan, yang dikenal dengan Kuningan Juwana.

Isi Libur Lebaran dengan Wisata Keliling Solo Naik Bus Tingkat

Berwisata keliling Kota Solo naik bus tingkat bisa jadi pilihan isi libur Lebaran.

Libur Lebaran 2021, Mal di Solo Baru Ramai Pengunjung

Sejumlah warga mulai menyerbu pusat perbelanjaan dan mal di kawasan Solo Baru saat libur Lebaran 2021.

Ditumpangi 20 Penumpang, Perahu Wisata di Waduk Kedungombo Kemusu Boyolali Tenggelam

Kecelakaan air terjadi di Waduk Kedungombo kawasan Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/5/2021).

Korban Perampokan Di Bekasi Diperkosa saat Main Tik Tok

Perampok menyatroni rumah warga di Bintara, Bekasi Barat, Kota Bekasi dan memperkosa korban berusia 15 tahun.

Setelah Sepeda Motor, Kini Giliran Becak Masuk Tol

Sebuah video pria mengayuh becak dengan membawa penumpang masuk Tol Surabaya-Gresik viral di grup media sosial.

H+2 Lebaran Umbul Manten Diserbu Ratusan Pengunjung, Prokes Jalan Terus

Objek wisata Umbul Manten di Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, diserbu ratusan pengunjung pada H+2 Lebaran 2021, Sabtu (15/5/2021).

Duh, Warga Sragen Nekat Bakar Rumah Sendiri

Warga dengan gangguan jiwa asal Kampung Teguhan, Kelurahan Sragen Wetan, Sragen, nekat membakar rumah sendiri, Sabtu (15/5/2021) siang.

Penumpang Masuk Terminal Pulogebang Jalani Tes Usap

Pemerintah Kota Jakarta Timur memastikan akan melakukan tes usap antigen bagi penumpang arus balik yang tiba di Terminal Pulogebang.

China Sukses Daratkan Wahana Penjelajah di Planet Mars

China berhasil mendaratkan wahana penjelajah di Planet Mars, Sabtu (15/5/2021). Dengan ini China menjadi negara kedua yang mendaratkan wahana seperti itu di Mars.

Bukan Cuma Pekalongan, Semarang & Demak Juga Terancam Tenggelam

Ancaman tenggelam di Jawa Tengah bukan hanya dihadapi Kota Pekalongan, tetapi juga Semarang dan Demak yang berada di wilayah pesisir.

Wisata Air Cokro Tulung Klaten Is Back, Ada Wahana Baru?

Objek Wisata Air Cokro atau OMAC di Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah, kembali dibuka setelah setahun lebih tutup karena pandemi.