Tutup Iklan

Lumat Alanyaspor, 2 Penggawa Persis Solo Jadi Starter Timnas U-18

Dua penggawa Persis Youth tampil sebagai starter eleven saat Timnas Indonesia mengalahkan Alanyaspor 4-0 di Limax Football Complex, Antalya, Turki, pada Rabu (24/11/2021) malam.

 Ketua PSSI Mochamad Iriawan berbincang dengan Erlangga Setyo (kanan) sebelum berangkat pemusatan latihan di Turki beberapa waktu lalu. (Istimewa/Dok PSSI)

SOLOPOS.COM - Ketua PSSI Mochamad Iriawan berbincang dengan Erlangga Setyo (kanan) sebelum berangkat pemusatan latihan di Turki beberapa waktu lalu. (Istimewa/Dok PSSI)

Solopos.com, SOLO – Dua penggawa Persis Youth yakni penjaga gawang Erlangga Setyo Dwi Saputra dan gelandang tengah Aulia Lubis Ramadhan dipercaya tampil sebagai starter eleven saat Timnas Indonesia mengalahkan Alanyaspor 4-0 di Limax Football Complex, Antalya, Turki, pada Rabu (24/11/2021) malam.

Pertandingan hanya berlangsung selama 50 menit dikarenakan hujan deras yang tidak memungkinkan pertandingan dilanjutkan. Persis Youth masih mengirim seorang penjaga gawang di Timnas U-18 yakni Dimas Maulana. Namun, Dimas tidak masuk dalam daftar susunan pemain pilihan skuat Bima Sakti itu.

Saat ini tim pelatih dipimpin oleh Bima Sakti dikarenakan Shin Tae-yong fokus menyiapkan tim senior dalam ajang Piala AFF di Singapura pada Desember mendatang. Seluruh skuad Timnas Indonesia berada di Turki untuk menjalani pemusatan latihan (TC).

Baca Juga: Eks Kiper Juventus Mudik ke Lombok, Isu Naturalisasi Kian Kencang

Dalam jalannya laga uji coba kedua itu, Timnas Indonesia langsung menekan cepat di menit-menit awal. Terbukti penyerang Madura United, Ronaldo Kwateh langsung mencetak gol di menit pertama. Hanya empat menit berselang, duet Ronaldo asal PSM Makasar, Ricky Pratama kembali menambah keunggulan Indonesia dengan memanfaatkan kemelut di depan gawang lawan.

Tekanan cepat yang dilakukan membuat lini belakang Alanyaspor panik hingga mengakibatkan gol bunuh diri menit ke-11. Tujuh menit kemudian Garuda Muda kembali menambah keunggulan lewat gol kedua Ronaldo Kwateh. Skor 4-0 bertahan hingga turun minum. Baru sepuluh menit jalannya babak kedua, hujan deras dan cuaca dingin membuat dua tim sepakat untuk mengakhiri pertandingan dengan kemenangan Indonesia 4-0.

Dalam unggahan akun Twitter PSSI, Kamis (25/11/2021), Coach Shin Tae-yong, mengapresiasi kerja keras skuat Garuda Muda. Penyelesaian akhir yang bagus membuat skuat Garuda Muda bisa menang telak dari klub Liga Turki itu.

“Para pemain sangat bekerja keras dari sisi performa dan finishing juga sangat baik. Sebenarnya lebih baik sampai akhir babak kedua selesai tetapi karena hujan lebat mau tidak mau pertandingan harus berhenti,” kata dia.

Sementara itu dalam keterangannya, Erlangga Setyo, mengatakan sangat antusias menjalani pemusatan latihan bersama Timnas U-18. Ia berada di bawah pelatih kiper baru timnas, Kim Bong-soo. Menurutnya kemampuan dasar seperti membentuk fisik dan mental menjadi prioritas yang harus ditingkatkan oleh para Garuda Muda.

“Perasaan saya pribadi begitu antusias atas pemanggilan ini, saya cukup senang. Semua orang butuh pengalaman untuk masuk ke Timnas U-18, saya sendiri memanfaatkan waktu yang ada di sini untuk memberikan yang terbaik karena kesempatan tak selalu datang dua kali.”

Baca Juga: Jaga Asa ke Semifinal Liga 3 Jateng, PSISa Siap Tundukkan Persika

Ia menambahkan sangat terkesan terhadap tim pelatih yang kini menangani Timnas Indonesia. Ia merasa Coach Kim sangat ingin membentuk kiper-kiper Indonesia lewat daya juang tinggi. Menurutnya pelatih dari Korea Selatan itu sangat disiplin, tegas, dan terus berusaha meningkatkan performa.

“Saya berharap semoga mendapat kesempatan lagi karena sistem di timnas kan keluar masuk, Sesudah TC ini saya berharap kemampuan meningkat dan menunjukkan kepada tim pelatih di Persis Solo kalau saya mampu bersaing di Liga 2 dan bisa mendapat kesempatan bermain di Liga 2. Saya akan terus optimis dan punya keyakinan tinggi di Persis Solo nanti,” kata kiper 194 cm itu.


Berita Terkait

Berita Terkini

Mantap! Kalahkan Persipa, Persebi Jaga Rekor Menang di Liga 3 Jateng

Persebi Boyolali memastikan tiket ke semifinal Liga 3 Jateng dengan status juara Grup G setelah menundukkan Persipa Pati 4-3.

Bekuk Persijap Jepara, PSIM Jogja Lolos ke 8 Besar Liga 2

PSIM Jogja sukses melaju ke babak 8 Besar Liga 2 setelah mengalahkan Persijap Jepara.

PSG Pati Bertahan di Liga 2, Pelatih: Terima Kasih Bos Atta Halilintar

PSG Pati aman dari jeratan degradasi setelah mampu menahan imbang Hizbul Wathan FC (HWFC) pada laga pamungkas fase penyisihan grup.

Ronaldo Diejek Soal Ballon d'Or, Messi Membela

Cristiano Ronaldo disebut baru akan pensiun jika berhasil melewati jumlah trofi Ballon d'Or yang dimiliki Lionel Messi.

Imbangi HWFC, PSG Pati Aman dari Degradasi

Tim kebanggan warga Muhammadiyah, Hizbul Wathan Football Club (HWFC) harus degdradasi ke Liga 3 setelah bermain imbang 1-1 melawan PSG Pati.

Messi Kembali Raih Ballon d'Or, Ronaldo Jadi Bahan Lelucon

Lionel Messi kembali memenangkan trofi Ballon d'Or ketujuh kalinya dalam yang digelar di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, pada Selasa (30/11/2021).

Hasil Lengkap Undian BWF World Tour Finals

BWF World Tour Finals menjadi turnamen bulu tangkis penutup pada 2021 ini.

Kalah Lawan PSCS Jadi Performa Terburuk Persis Solo di Fase Grup

Dari sepuluh laga yang sudah dijalani Persis Solo, laga kontra PSCS Cilacap pada Senin (29/11/2021) malam menjadi laga paling buruk skuad Laskar Sambernyawa.

Persis Solo Dihajar PSCS, Coach Eko: Kami Akan Evaluasi!

Persis Solo menelan kekalahan saat melawan PSCS Cilacap pada laga pamungkas fase penyisihan grup.

Kaesang Ingin Persijap Menang, Berharap PSIM Jogja Tak Lolos?

Satu slot babak 8 Besar dari Grup C masih diperebutkan oleh PSIM Jogja dan PSCS Cilacap.

Debut Gagal Jacksen F. Tiago di Persis Solo

PSCS Cilacap membuka peluang lolos melaju ke babak delapan besar jika PSIM Jogja kalah melawan Persijap Jepara pada Selasa (30/11/2021) malam.

LIVE Persis Solo vs PSCS Cilacap: Laga Selesai, Persis Kalah 1-2

Persis Solo menantang PSCS Cilacap pada laga terakhir fase grup Liga 2. Persis sudah memastikan diri sebagai juara grup dan lolos ke babak 8 Besar.

Persijap vs PSIM: Misi Laskar Mataram Amankan Tiket 8 Besar

PSIM Jogja harus meraih poin di laga terakhir putaran kedua melawan Persijap Jepara untuk mengamankan satu tiket lolos ke babak delapan besar.

PSIP Pemalang & Persak Kebumen Lolos Semifinal Liga 3 Jateng

PSIP Pemalang dan Persak Kebumen memastikan tiket ke babak semifinal Liga 3 Jawa Tengah (Jateng) dari Grup F.

Susunan Pemain Persis Solo vs PSCS Cilacap: Beto Cadangan!

Persis Solo akan melawan PSCS Cilacap dalam lanjutan Grup C Liga 2.