Tutup Iklan

Lukisan Picasso Terjual Hampir Rp1,5 Triliun dalam Lelang di Las Vegas

Sebanyak 11 karya seni Pablo Picasso yang telah dipajang di sebuah hotel Las Vegas selama lebih dari dua dekade telah terjual Rp1,5 triliun.

 Potret dengan judul Homme et Enfant (Pria dan anak) yang terjual seharga US$24,4 juta (Rp347 miliar). (Twitter/Bellagio)

SOLOPOS.COM - Potret dengan judul Homme et Enfant (Pria dan anak) yang terjual seharga US$24,4 juta (Rp347 miliar). (Twitter/Bellagio)

Solopos.com, LAS VEGAS — Sebanyak 11 karya seni Pablo Picasso yang telah dipajang di sebuah hotel Las Vegas selama lebih dari dua dekade telah terjual di lelang dengan harga hampir US$110 juta atau setara dengan Rp1,5 triliun.

Karya yang dimiliki oleh MGM Resorts ditampilkan di Picasso Restaurant di Bellagio Hotel. Perusahaan mengatakan lelang yang diadakan pada Sabtu (23/10/2021) ini akan membantu meningkatkan keragaman koleksi seni rupa.

Dalam lelang tersebut menampilkan sembilan lukisan dan dua potong keramik oleh seniman Spanyol, yang telah meninggal pada 1973. Koleksinya mencakup lebih dari 50 hasil artistik.

Baca Juga: Cakupan Vaksinasi Tinggi, Inggris Masih Diamuk Corona

Melebihi Ekspektasi

Lukisan tahun 1938 Woman in a Red-Orange Baret, menampilkan kekasih dan inspirasi Picasso, Marie-Thérèse Walter. Seseorang menawar dan mendapatkan harga tertinggi pada malam itu dengan US$40,5 juta (Rp576 miliar).

Nilai penjualan itu melebihi ekspektasi awal, yang sekiranya akan dijual dengan harga antara US$20 juta sampai US$30 juta (Rp284 miliar- Rp426 miliar).

Mahakarya lainnya, ialah potret dalam skala besar dengan judul Homme et Enfant (Pria dan anak) yang terjual seharga US$24,4 juta (Rp347 miliar).

“Dengan tinggi hampir 2 meter, karya tahun 1959 itu adalah salah satu contoh sangat mengesankan dari pencapaian Picasso selama kariernya,” kata rumah lelang, Sothebey’s.

Baca Juga: China akan Hapus PR dan Bimbel Berlebihan yang Membebani Siswa

Masih termasuk dalam penjualan, karyanya yang berjudul ‘Nature morte au panier defruits et aux fleurs’ jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, berarti ‘Masih hidup dengan keranjang buah dan bunga’, yang dilukis oleh Picasso selama pendudukan Nazi di Paris pada 1942. Terjual dengan harga US$16,6 juta (Rp236 miliar).

“Meskipun ada kehancuran dan banyaknya kesulitan pada masa Perang Dunia II, tahun-tahun 1940-1944 merupakan salah satu hasil terkaya Picasso,” kata Sotheby’s.

Koleksi lukisan Picasso dimulai lebih dari 20 tahun lalu oleh maestro kasino Amerika, Steve Wynn, mantan pemilik Bellagio Hotel.


Berita Terkait

Berita Terkini

Presiden Jokowi Curhat Target Vaksinasi WHO Sulit Tercapai Karena Ini

Jokowi mengatakan saat ini lebih dari 7,6 miliar dosis vaksin Covid-19 telah disuntikkan di seluruh dunia, namun kesenjangan akses terhadap vaksin masih lebar.

Ternyata Ini Sosok PNS Terkaya di Indonesia, Hartanya Capai 1 Triliun

Ternyata ini hlo sosok Pegawai Negeri Sipil atau PNS terkaya di Indonesia, mempunyai harta mencapai Rp1,6 triliun.

10 Berita Terpopuler : Wong Klaten Meninggal Tersetrum - Sosok Kahiyang

Wong Klaten meninggal tersetrum menjadi berita terpopuler di Solopos.com Sabtu pagi ini.

Jejak Listrik di Solo 1901-1957, Lampu Setan dan Perkotaan

Jejak Listrik di Tanah Raja merupakan buku karya Eko Sulistyo yang merupakan komisari PLN.

224,4 Kg Ganja Disita Polri dari Jaringan Aceh-Medan-Jakarta

Dittipid Narkoba Bareskrim Polri menyita 224,4 kilogram ganja, dari jaringan pengedar narkoba Aceh-Medan dan Jakarta.

Koordinator Aksi Demo Ricuh Pemuda Pancasila Terancam Dijemput Paksa

Insiden pengeroyokan kepada Kabagops Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Dermawan Karosekali terjadi ketika dirinya mengamankan jalannya aksi, Kamis (25/11/2021) kemarin.

7 Kendaraan Ormas Pemuda Pancasila Ternyata Bodong

Sebanyak tujuh kendaraan milik Pemuda Pancasila yang disita seluruhnya tak membawa kelengkapan surat-surat.

Sejarah Hari Ini : 27 November 1940, Pertempuran Tanjung Spartivento

Berbagai peristiwa bersejarah terjadi pada 27 November seperti terangkum dalam Sejarah Hari Ini salah satunya pertempuran Tanjung Spartivento.

Tersambar Petir, Atap Rumah di Bekasi Ambruk

Berdasarkan unggahan video @infobekasi terlihat material-material rumah berserak di depan halaman rumah tersebut.

Mukjizat, Regu Penolong Selamat dari Ledakan Tambang Terdahsyat

Penjabat Menteri Darurat Rusia, Alexander Chupriyan mengatakan, satu dari enam penyelamat telah ditemukan hidup.

Kritik Keras UU Cipta Kerja, Rocky: MK Lindungi Oligarki!

Rocky menuding MK takut kepada pemerintah, karenanya bermain aman dengan menyatakan UU Cipta Kerja bermasalah tapi masih bisa diperbaiki dalam dua tahun.

Jadi Obat Resmi Covid-19, Ini Data tentang Remdesivir

Pelaksanaan paten oleh Pemerintah terhadap obat Remdesivir dilaksanakan untuk jangka waktu tiga tahun sejak Peraturan Presiden ini mulai berlaku.

Sempat Hidup Lagi Setelah 7 Jam di Dalam Freezer, Pria India Meninggal

Kisah unik terjadi di India saat seorang pria hidup lagi setelah sempat berada di lemari pendingin kamar mayat rumah sakit.

Varian Baru Covid-19 di Afsel, WHO Minta Jangan Langsung Ada Pembatasan

WHO memperingatkan negara-negara untuk tidak terburu-buru menerapkan pembatasan perjalanan setelah varian baru virus corona B11529 ditemukan.

Ketua MPR Pimpin Ajang Formula E di Jakarta

Co-Founder Formula E Alberto Longo berharap ajang Formula E di Jakarta sebagai balap mobil listrik paling sukses dalam sejarah.

Pemuda Pancasila dalam Sorotan, Ini Tiga Jenderal Pendirinya

Hari lahir Pemuda Pancasila pun bukan sembarang tanggal, yakni 28 Oktober 1959, bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-31.