Lukas Enembe Ngotot Berobat ke Singapura, KPK: Dokter di RSCM-RSPAD Hebat-Hebat

KPK mempertanyakan sikap Gubernur Papua Lukas Enembe dan tim penasihat hukumnya yang lebih memilih berobat ke Singapura ketimbang rumah sakit di Indonesia.

 Gubernur Papua Lukas Enembe (kanan) didampingi penasehat hukumnya bersiap menjalani pemeriksaan di gedung Tipikor Bareskrim Polri , Jakarta, Senin (4/9/2022). - ANTARA/Reno Esnir

SOLOPOS.COM - Gubernur Papua Lukas Enembe (kanan) didampingi penasehat hukumnya bersiap menjalani pemeriksaan di gedung Tipikor Bareskrim Polri , Jakarta, Senin (4/9/2022). - ANTARA/Reno Esnir

Solopos.com, JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempertanyakan sikap dan alasan Gubernur Papua Lukas Enembe dan tim penasihat hukumnya yang lebih memilih berobat ke Singapura ketimbang rumah sakit di Indonesia.

KPK terus melakukan pendekatan persuasif agar Gubernur Papua Lukas Enembe kooperatif memenuhi panggilan penyidik.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Kami masih terus melakukan pendekatan secara persuasif supaya yang bersangkutan itu kooperatif. Kami akan tetap menghargai kesehatan yang bersangkutan. Itu kami sampaikan, baik lewat penasihat hukumnya maupun Kapolda dan Pangdam supaya dilakukan persuasif,” kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, di Gedung Merah Putih KPK Jakarta, Senin (3/10/2022).

Langkah persuasif tersebut, kata dia, guna mencegah risiko yang timbul. Misalnya ada penjemputan paksa terhadap Lukas Enembe.

“Kami juga harus melakukan kalkulasi risiko yang mungkin timbul kalau ada pengambilan secara paksa. Efek sesudahnya, ya. Kami harus perhatikan. Itu bukan persoalan sulit untuk mengambil paksa dengan mengerahkan segala kekuatan. Tetapi, itu tadi risiko yang harus kami hitung di sana,” tutur dia.

Baca Juga : KPK Ungkap Risiko Kerusuhan di Papua, Jika Jemput Paksa Lukas Enembe

Sebelumnya, KPK telah memanggil Lukas Enembe untuk diperiksa sebagai tersangka di Gedung Merah Putih KPK Jakarta, Senin (26/9/2022). Namun, dia tidak memenuhi panggilan dengan alasan sakit.

Lukas Enembe, kata Alex, turut menyertakan surat keterangan dokter maupun medical record.

Dokter di Indonesia Hebat-Hebat

“Itu dibuktikan dengan surat keterangan dokter, baik dokter pribadi maupun medical record dan catatan medis dari dokter di Singapura. Berdasarkan keterangan medical record dan catatan dokter bahwa yang bersangkutan harus segera diperiksa periode tertentu secara rutin. Menurut medical record itu harus diperiksa,” jelasnya.

Namun, dia berharap Lukas Enembe dapat hadir terlebih dahulu di Gedung Merah Putih KPK Jakarta.

Baca Juga : KPK dan Aktivis Papua Minta Lukas Enembe Setop Provokasi Rakyat Papua

Di sisi lain, dia mempertanyakan pilihan Lukas Enembe berobat ke Singapura ketimbang di Indonesia. Kalau Lukas Enembe dari Jayapura, katanya, diperiksa di Singapura. Artinya akan melakukan penerbangan cukup jauh. Jarak itu lebih jauh daripada yang bersangkutan dari Jayapura ke Jakarta.

“Apakah harus di Singapura yang bersangkutan diperiksa? Sudah beberapa kali saya sampaikan bahwa kami periksa. Kami lihat dahulu kondisi yang sebenarnya itu seperti apa. Jantung, diabetes, atau penyakit yang lain,” ucap Alex.

Alex menegaskan bahwa di Indonesia tidak kekurangan dokter-dokter kompeten, seperti dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

“Saya sampaikan di Indonesia juga tidak kurang dokter yang ahli di bidang itu. Di Cipto Mangunkusumo kan itu berkumpulnya para dokter yang hebat. Termasuk, di RSPAD,” ungkap dia.

“Kami bawa ke dokter-dokter paling hebat di sini dan kami bantarkan kalau memang yang bersangkutan itu harus dirawat. Kami bantarkan sampai dokter menyatakan sembuh dan siap dilakukan pemeriksaan. Itu sebetulnya yang kami tawarkan ke yang bersangkutan,” imbuhnya.

Baca Juga : Aktivis Papua Minta Lukas Enembe Hadapi Proses Hukum di KPK

KPK telah menetapkan Lukas Enembe sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi pekerjaan atau proyek yang bersumber dari APBD Provinsi Papua.

Sumber: Antara

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kemenkes Fokuskan Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan Masyarakat

      Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan memberikan alokasi anggaran yang cukup untuk revitalisasi fasilitas kesehatan hingga program yang bersifat promotif preventif.

      Hari Ini, DPR Gelar Uji Kelayakan Calon Panglima TNI

      Komisi I DPR akan menggelar fit and proper test calon panglima TNI Laksamana Yudo Margono pada Jumat (2/12/2022).

      Polisi Buru Pengaku Ratu Adil dan Imam Mahdi di Karawang

      Adapun aksi orang mengaku Ratu Adil dan Imam Mahdi itu terekam dalam dua video yang berdurasi 54 dan 60 detik.

      Babak Pertama Usai, Maroko Atasi Kanada 2-1  

      Maroko  mengalahkan Kanada 2-1 pada babak pertama pertandingan terakhir Grup F Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium Doha.

      Bareskrim Limpahkan Berkas Tahap II Tiga Tersangka Korupsi BPD Jateng ke JPU

      Penyidik Dittipikor Bareskrim Polri melimpahkan tahap II tiga tersangka dan barang bukti perkara dugaan korupsi BPD Jawa Tengah Cabang Jakarta periode 2017-2019 JPU, Kamis (1/12/2022).

      KPK Umumkan 10 Desa Antikorupsi di Indonesia, Skor Tertinggi Ada di Semarang

      KPK meluncurkan Desa Antikorupsi tahun 2022 dengan skor tertinggi, yaitu 96,75 diraih Desa Banyubiru, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

      Kisah Pemilik @pepow.works, dari Cari Cuan buat Jajan Kini Jualan ke Luar Jawa

      Pemilik usaha @pepow.works, Anisa Wahyuni, mengaku hanya ingin mendapatkan tambahan uang jajan saat kali pertama menjalankan usahanya.

      Polda Sumut Sita Aset senilai Rp158 Miliar Milik Bos Judi Daring Apin BK

      Panca menyebutkan, dalam kasus TPPU ini, pihaknya telah menyita 26 aset rumah/ruko milik Apin BK.

      Sejuknya Suasana Masjid Nurul Huda UNS, Tempat Beribadah dan Menenangkan Diri

      Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, Masjid Nurul Huda juga menjadi sarana untuk menanamkan nilai-nilai pembentuk moral islami kepada civitas muslim UNS.

      BNPT: Kelompok Teroris Gunakan Internet untuk Propaganda

      Kelompok ekstremisme melakukan rekrutmen dan perencanaan hingga pendanaan tindak pidana terorisme yang menargetkan anak muda dan perempuan untuk melakukan aksi teror.

      Ucapan Terakhir Brigadir Yosua: Eh Kenapa Pak, Ada Apa Pak?

      Dalam posisi badan Yosua masih bergerak-gerak dan mulut mengerang kesakitan, Ferdy Sambo mendekat dan menembak kepala anak buahnya itu.

      Masa Depan Indonesia Cerah dari Energi Bersih

      Sumber energi terbarukan yang lebih bersih di Indonesia sangat berlimpah dan belum dimanfaatkan dengan maksimal.

      Kemendikbud Luncurkan Sistem Seleksi Masuk PTN 2023, Ini Jadwalnya

      Ada tiga jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru pada 2023.

      RS UNS Buka Layanan Patologi Forensik

      Mulai 1 Desember 2022, Rumah Sakit (RS) UNS yang berkerja sama dengan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Jawa Tengah (Jateng), telah siap memberikan pelayanan patologi forensik.

      Cianjur Sudah Sering Hancur Diguncang Gempa

      Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, merupakan zona rawan gempa yang telah sering kali rusak akibat bencana alam.

      Proyek IKN Nusantara, Menteri PUPR: 183 Investor dari Malaysia Berminat

      Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengungkapkan 183 investor dari Malaysia berminat terhadap proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.