Luhut: Jokowi Beberapa Kali Ketemu Bos Freeport, Tapi Tanpa Deal

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Bindsar Pandjaitan turut angkat suara perihal isu pertemuan rahasia antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Excecutive Chairman Freeport McMoran James Robert Moffet yang dilontarkan mantan Menteri ESDM Sudirman Said.

Luhut mengakui bahwa Jokowi memang pernah beberapa kali bertemu dengan Moffet. Namun dia menyatakan pertemuan tersebut masih dalam kepentingan nasional.

“Bertemu Presiden kan sering-sering juga, saya juga bertemu Moffet, enggak ada masalahnya,” kata Luhut kepada wartawan di kantor CSIS, Jakarta, Jumat (22/2/2019).

Luhut menegaskan bahwa Jokowi tidak melakukan pertemuan demi kepentingan pribadi atau untuk mencapai kesepakatan yang melanggar aturan. Pertemuan itu, ungkapnya, dilakukan semata-mata untuk kepentingan negara.

“Presiden tidak pernah ada deal [kesepakatan] macam-macam. Beliau selalu dalam koridor kepentingan nasional,” tambahnya.

Luhut pun enggan membahas lebih lanjut soal pertemuan itu. Mengenai pertemuan di luar jadwal yang disebut oleh Sudirman Said sebagai “pertemuan rahasia”, Luhut menyebutnya sebagai hal yang tidak penting dan melabelinya “kurang kerjaan”.

Bola panas pertemuan antara Jokowi dan Chairman Freeport McMoran Inc, Jim Moffet, kali pertama bergulir ketika Sudirman Said–Tim BPN Prabowo-Sandi sekaligus mantan Menteri ESDM–mengungkap pertemuan rahasia itu. Sudirman menyatakan pertemuan itu terjadi di tengah renegosiasi perpanjangan izin operasional perusahaan pada Oktober 2015.

“Saya ungkap ini karena ini hak publik untuk mengetahui di balik keputusan ini,” ujar Sudirman dalam diskusi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (20/2/2019).

Menurut Sudirman, pertemuan berlangsung di luar agenda Presiden yang disusun Sekretariat Negara pada 6 Oktober 2015. Sudirman yang masih menjabat Menteri ESDM kala itu diminta ajudan Presiden untuk ke Istana Merdeka, Jakarta, pada pagi hari. Menurutnya, Jokowi tanpa banyak berbasa-basi memintanya mempercepat proses renegosiasi kontrak Freeport.

Presiden Jokowi menanggapi enteng tuduhan Sudirman Said itu. “Enggak sekali dua kali ketemu, gimana sih kok diam-diam. Ya, ketemu bolak-balik, enggak ketemu sekali dua kali,” jelasnya selepas menghadiri acara pembukaan pelatihan saksi TKN Jokowi-Ma’ruf di Hotel El Royal, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (20/2/2019).

Presiden yang kerap mengenakan kemeja putih dengan lengan baju tergulung ini menegaskan pertemuan tersebut merupakan permintaan perpanjangan kontrak dari pihak PT Freeport Indonesia. Tetapi Jokowi menegaskan bahwa keinginannya untuk divestasi saham PT Freeport Indonesia telah bulat.

Sebagaimana diketahui, Indonesia akhirnya bisa menguasai 51% saham PT Freeport Indonesia atau menjadi pemegang saham mayoritas melalui PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) Persero. Menteri ESDM Ignasius Jonan juga menegaskan apapun hasil pertemuan Moffett dengan Presiden sudah tidak relevan lagi karena pihaknya memulai negosiasi divestasi saham Freeport Indonesia dari nol.

Berita Terkait

Berita Terkini

Unik, 200 Santri Ponpes Ini Menyatu dengan Alam dan Memelihara Hutan

Salah satu alasan pemilihan ponpes itu di tengah kawasan hutan yakni menyelaraskan diri dengan alam.

PSG Menang Dramatis atas Lyon, Messi Belum Bertaji

Gol Mauro Icardi mengantarkan Paris Saint-Germain memetik kemenangan dramatis 2-1 atas Olympique Lyon.

Teka-Teki Pria Meninggal Saat Live TikTok di Jatinegara

Polisi enggan menyimpulkan apakah minuman keras dan obat-obatan tersebut ada kaitannya dengan peristiwa kematian korban.

PM Spanyol Tunda ke Acara PBB Gara-Gara Gunung Meletus

Kepala wilayah Canaries, Angel Victor Torres, menyebut wilayah di Gunung Cumbre Vieja sangat jarang ditinggali penduduk.

Chelsea ke Puncak Klasemen Seusai Bekuk Tottenham, Tuchel Girang

Chelsea bermain apik sangat menundukkan Tottenham Hotspur 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris di London.

Satpol PP Sukoharjo Gencar Patroli Prokes Selama PPKM Level 3, Begini Hasilnya

Petugas Satpol PP Sukoharjo tetap gencar melakukan patroli protokol kesehatan atau prokes di berbagai penjuru wilayah selama PPKM level 3.

PDIP Sragen Sumbang 10.000 Vaksin Covid-19 untuk Warga, Bupati Ikut Nyuntik

DPC PDIP Sragen menyumbang 10.000 dosis vaksin Covid-19 untuk masyarakat yang didanai dari semua anggota FPDIP di DPRD.

Warga Gempol Klaten Raup Jutaan Rupiah dari Usaha Maggot, Masalah Sampah Pun Kelar

Warga Desa Gempol, Karanganom, Klaten, tak hanya meraup untuk menjanjikan dari usaha budidaya maggot tapi juga menyelesaikan masalah sampah.

Rumah Dibongkar, Seratusan Warga 4 RW di Semanggi Solo Dapat Bantuan Rp5 Juta

Seratusan warga empat RW di Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, yang rumahnya dibongkar mendapatkan bantuan Rp5 juta.

Irjen Napoleon Disebut Lumuri Tubuh Muhammad Kece dengan Kotoran

Napoleon menyebut perbuatan Muhammad Kece sangat membahayakan persatuan dan kerukunan umat beragama di Indonesia.

Wow, Desa Tawangsari Boyolali Jadi Rujukan Studi Banding

Skala prioritas utama program pembangunan Desa Tawangsari berdasarkan kehendak rakyat.

Bantu Luluskan PKH, Kube Rejo Mulyo Koripan Karanganyar Dapat Tambahan Modal Rp20 Juta

Kube Rejo Mulyo Koripan Karanganyar yang beranggotakan para penerima bantuan PKH mendapat tambahan modal untuk pengembangan usaha.

1.954 Peserta Perebutkan 235 Formasi di Seleksi CPNS Salatiga

Sebelum menggelar tes, panitia menggelar simulasi untuk memastikan kesiapan panitia dalam menghadapi ribuan peserta.

Operasi Patuh Candi Boyolali Dimulai Senin, Pelanggar Prokes dan Lalu Lintas Jadi Sasaran

Polres Boyolali siap menggeber Operasi Patuh Candi 2021 dengan sasaran pelanggaran protokol kesehatan dan aturan lalu lintas.

Hasil Liga 1 2021-2022: Tundukkan Arema Malang 2-1, PSS Sleman Raih Poin Penuh

Arema Malang unggul lebih dahulu lewat gol yang dicetak Johan Ahmad Alfarizi menit ke 35

Ladies, Begini Cara Merawat Payudara Agar Tetap Kencang dan Sehat

Ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda coba supaya payudara tetap kencang dan sehat.