SOLOPOS.COM - Petugas medis di Korea Selatan. (Reuters)

Solopos.com, GRESIK - Physical distancing yang tampak sederhana buat banyak orang nyatanya tidak dengan mudah dipahami oleh sebagian lain. Seperti yang terjadi pada penjual nasi goreng satu ini yang bertanya "virus corona keluarnya jam berapa?".

Dalam video berdurasi 27 detik yang dibagikan kembali oleh akun Twitter @yujii____ pada 1 April, terekam seorang lelaki berseragam TNI tengah menjelaskan kepada beberapa warga, salah satunya adalah penjual nasi goreng, tentang bahaya virus Corona.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejumlah ODP Corona di Sragen Tolak Bantuan Sembako Dari Pemkab

Namun tak disangka, sambil menggoreng bahan dalam wajannya, penjual nasi goreng itu menanyakan sesuatu yang tak terduga. Ia bertanya pada jam berapa virus Corona berada di luar rumah.

"Harus cuci tangan karena virus tidak hanya melalui udara tetapi juga menempel di benda," ucap orang berseragam TNI dalam bahasa Jawa. Orang itu berbicara di tengah sejumlah orang lain yang tampak masih melakukan kegiatan nongkrong di warung.

Spontan penjual nasi goreng bertanya dengan ekspresi polis. "Itu virus keluarnya jam berapa, pak?" tanya penjual nasi goreng tersebut.

Penuh, RSUD dr Moewardi Solo Tambah 30 Ruang Isolasi Baru Untuk PDP Corona

Kesulitan Jawab "Virus Corona Keluarnya Jam Berapa"

Penjual nasi goreng itu tampak bingung lantaran larangan hanya diberlakukan saat malam hari. Dia pun menimpali apakah di siang hari viru itu tak ada.

"Ya enggak jam berapa-berapa, yang penting orang yang dari zona merah, Jakarta, Surabaya, Gresik juga zona merah," jawab TNI itu.

Pertanyaan tak terduga dari penjual nasi goreng itu pun menarik perhatian netizen. Kemungkinan penjual itu berpikir bahwa virus Corona menyebar pada jam-jam tertentu dan ia harus mengindarinya agar bisa tetap berjualan pada jam lain di mana virus tidak keluar.

Tamu: Resepsi Pernikahan Kapolsek Kembangan Dihadiri Wakapolri

Namun menurut penelitian, masa hidup virus Corona di udara dapat bertahan hingga 3 jam, 24 jam pada permukaan kardus, dan 2 hingga 3 hari pada plastik dan stainless steel.

"Bayangkan kamu jadi bapak TNI. Ditanya, "Virus Corona keluarnya jam berapa?"," cuit pemilik akun @yujii____ dalam kolom keterangan.

Unggahan yang telah ditonton sebanyak lebih dari 24 ribu penayangan dan dibagikan sebanyak lebih dari 588 kali ke sesama pengguna Twitter itu pun menuai beragam komentar dari warganet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya