SOLOPOS.COM - Jan Ethes Srinarendra mengambil koin pada ngunduh mantu Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono di Loji Gandrung, Solo, Minggu (11/12/2022). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO– Aksi menggemaskan terjadi pada sesi tumplak punjen ngunduh mantu Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono di Loji Gandrung, Solo, Minggu (11/12/2022).

Jan Ethes Srinarendra mengumpulkan uang logam sementara Kaesang protes supaya temanten disisakan koin untuk diambil

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pantauan Solopos.com, ngunduh mantu dimulai dengan pasrah panampi boyong temanten dengan menyerahkan temanten oleh perwakilan  keluarga Erina kepada keluarga Presiden Jokowi.

Kaesang dengan Erina mengenakan dodotan Solo Basahan. Keluarga Jokowi terdiri atas Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda, Kahiyang Ayu, Muhammad Bobby Afif Nasution, Presiden Jokowi, dan Erina Sofia Gudono.

Baca Juga:

Selanjutnya ada gepyokan dan minum air putih yang dilakukan Kaesang dengan Erina. Presiden Jokowi dengan Ibu Iriana Jokowi mengenakan kain sindur kepada temanten.

Kain itu bermakna orang tua memberikan dorongan atau arahan kepada temanten atau Kaesang dan Erina sebagai anak. Selanjutnya temanten melakukan pangabekten atau sungkeman kepada orang tua.

Sungkeman berarti wujud  bakti kepada orang tua serta terima kasih atas upaya mendidik dan memberikan kasih sayang dari kecil sampai berdewasa menatap kehidupan sebagai suami istri.

Kemudian Iriana melakukan tumplak punjen dengan simbol menyebarkan beras serta uang di jalur kirab. Tradisi itu sebagai tanda menutup tugas orang tua karena putra ketiganya Kaesang telah menikah.

Baca Juga: Acara Tumplak Punjen, Jokowi Pesan Agar Anak, Menantu, Cucu Rukun Semua

Jokowi memiliki tiga anak yang telah menikah, masing-masing, putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda. Anak kedua Presiden Jokowi menikah dengan Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution.

Mereka berjalan di karpet merah panggung dekorasi. Iriana menaburkan udik-udik dengan simbol bunga, beras, dan uang logam. Iriana berjalan didampingi Jokowi.

Gibran, Selvi, Ethes, Bobby, dan Kahiyang berjalan di belakang Jokowi dan Iriana. Mereka membawa dompet lalu memungut uang logam.

Tampak Ethes memungut uang logam paling banyak dari bapak, ibu, bibi, dan pamannya. Hal itu membuat Kaesang dan Kahiyang yang berjalan Gibran, Selvi, Ethes, Bobby, dan Kahiyang tidak kebagian koin.

Baca Juga: Warga Tumplek Blek di Simpang Empat Ngarsapura

Erina tampak senyum sementara Kaesang protes kepada saudaranya untuk tidak dihabiskan. Kaesang menunjuk koin yang baru saja jatuh di depan saudaranya untuk tidak diambil.

“Itu jangan diambil,” kata Kaesang. Pada akhirnya Kaesang dan Erina mendapatkan udik-udik berupa uang logam.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya