SOLOPOS.COM - Dua pertugas polisi sedang memasang garis pengaman di sekitar lokasi lubang misterius di Dusun Sawah Lor, Desa Banyusoco, Playen, Kamis (2/2/2017). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Lubang misterius di Gunungkidul diteliti

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Masyarakat di Gunungkidul harus waspada terkait dengan Fenomena lubang misterius. Sebab fenomena ini merupakan hal yang biasa terjadi di daerah berkapur seperti yang ada di wilayah Gunungkidul.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Baca Juga : LUBANG MISTERIUS : BPBD Kaji Sumur Milik Maryam Ambles Secara Tiba-tiba

“Lubang-lubang misterius sangat mungkin terjadi karena itu bisa diteliti dan dijelaskan secara ilimiah,” kata Dosen Teknik Geologi UGM Gayatri Indah Marliany saat dihubungi, Senin (20/2/2017).

Dia mengaku belum melihat fenomena lubang misterius di Dusun Sawahlor, Banyusoco, Playen dan Dusun Pati, Genjahan, Ponjong. Hanya saja, ia dapat menerangkan peristiwa munculnya lubang itu. Sebab, secara ilmiah, lubang itu muncul hasil reaksi kimia dari kandungan batu kapur dengan zat asam yang terkandung dalam air hujan. Perpacampuran dua zat ini mengakibatkan korosi terhadap tanah sehingga kekuatannya makin berkurang dan sewaktu-waktu bisa ambles.

“Prosesnya tidak sebentar dan butuh waktu lama. Jadi jika ditilik dari kondisi geogragfis, wilayah Gunungkidul yang didominasi batuan kapur harus berhati-hati karena fenomena lubang misterius bisa terjadi kapan saja dan dimana saja,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya