SOLOPOS.COM - Dua pertugas polisi sedang memasang garis pengaman di sekitar lokasi lubang misterius di Dusun Sawah Lor, Desa Banyusoco, Playen, Kamis (2/2/2017). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Lubang misterius di Gunungkidul diteliti

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Masyarakat di Gunungkidul harus waspada terkait dengan Fenomena lubang misterius. Sebab fenomena ini merupakan hal yang biasa terjadi di daerah berkapur seperti yang ada di wilayah Gunungkidul.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : LUBANG MISTERIUS : Sangat Mungkin Terjadi di Wilayah Berkapur

Meski demikian,Dosen Teknik Geologi UGM Gayatri Indah Marliany saat dihubungi, Senin (20/2/2017) menyampaikan fenomena ini dapat dideteksi sejak dini. Salah satunya dengan melakukan pengamatan di lingkungan sekitar rumah. Beberapa tanda di salah satu lokasi rawan terjadinya tanah ambles bisa dilihat keberadaan gua-gua dan sungai bawah tanah. Selain itu, pengamatan juga dapat dilakukan pada saat terjadi hujan. Menurut dia, jika di satu lokasi melihat ada resapan air terjadi dengan cepat maka wilayah itu berpotensi terjadinya tanah ambles atau yang sering disebut lubang misterius.

Selain itu, upaya pengamatan juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan sejumlah teknologi seperti geo listrik atau geo radar. Dengan alat ini bisa diketahui bagaimana kondisi di dalam tanah apakah terdapat rongga atau tidak. “Pengetesan dengan alat ini sudah banyak dilakukan, terutama oleh konsultan-konsultan pembangunan,” tutur dia.

Ditambahkan Gayatri, untuk penanganan bisa dilakukan dengan beberapa cara dengan melihat besaran lubang yang ambles. Menurut dia, jika lubang itu relative kecil maka bisa dilakukan dengan pengurukan dengan batu kemudian dilindah sehingga kondisi tanah kembali stabil.

“Sedang kalau lubang itu besar dan tidak stabil perlu ada evakuasi. Sementara itu, untuk penanganan juga butuh kajian dari tim ahli dari teknik sipil atau geologi,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, dalam retang kurang dari satu bulan, di wilayah Gunungkidul terdapat dua lubang yang muncul secara misterius. Lokasi lubang misterius itu terjadi di Dusun Sawah Lor, Banyusoco pada Rabu (1/2/2017) lalu. Sedang peristiwa kedua terjadi di Dusun Pati, Desa Genjahan terjadi pada Rabu (15/2/2017) yang mengakibatkan amblesnya sumur milik Siti Maryam sedalam tiga meter.

“Untuk penanganan harus dilakukan kajian dulu. Khusus lubang di Banyusoco, sudah ada kajian dari UGM. Hasilnya di lokasi itu akan dibongkar dan dibuat bangunan permanen,” kata Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Budhi Harjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya