Luar Biasa Sakti! Inilah 4 Ilmu Kanuragan Warisan Budaya Jawa
Ilustrasi pendekar pencak silat. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SOLO – Orang Jawa zaman dulu dikenal memiliki ilmu kanuragan yang kuat. Konon masih ada sejumlah orang yang mempelajari ilmu tersebut sampai sekarang.

Pengelola channel Youtube Jingglang Channel yang membahas tentang kerajaan di Indonesia dan kebudayaan Jawa pun mengunggah video ulasan tentang ilmu sakti tersebut pada Selasa (7/7/2020).

Ilmu kanuragan terdiri dari kemampuan melindungi diri dan menyerang secara supranatural. Ada banyak pendapat pro dan kontra mengenai ilmu tersebut. Pro jika digunakan untuk menolong orang lain. Kontra karena berkaitan dengan hal mistis.

Ini Astrid Suntani, Figur Baru yang Siap Lawan Gibran di Pilkada Solo 2020

Berikut ini ajian-ajian sakti kanuragan dari Jawa yang terkenal:

Rawa Rontek

Ajian rawa rontek membuat penggunanya hidup abadi. Berdasarkan mitos, penguasa ilmu kanuragan ini tidak akan mati meskipun kepalanya terpenggal. Nantinya kepala itu akan menyatu kembali.

Kekuatan itu dapat diwariskan kepada orang lain. Apabila sudah diwariskan, maka si pemilik akan kehilangan kesaktian dan menjadi manusia biasa.

Sumber kekuatan ajian rawa rontek ini berasal dari tanah. Oleh karena itu, untuk membunuh orang yang memiliki ilmu tersebut ialah dengan cara menggantungnya di pohon sehingga tidak bisa menapak ke tanah.

Ajian rawa rontek dipercayai sebagai salah satu ilmu hitam. Terdapat kutukan bagi pemiliknya sebagai konsekuensi saat dia meninggal. Wujudnya bakal berubah menjadi  manusia kecil dan mengering seperti jenglot.

PDIP Solo Bantah Tudingan Sapu Bersih Pendukung Gibran 

Ajian Gelap Ngampar

Ilmu kanuragan ini bakal membuat penggunanya memiliki sinar pelindung yang tidak dapat ditembus serangan manusia biasa. Serangan yang dimaksud berasal dari pedang, bambu, peluru, bahkan bom.

Sinar itu bisa dilemparkan kepada sasaran dan berwujud seperti ledakan. Semakin fokus dan kuat roh spiritual seseorang, maka semakin besar efek yang dihasilkan. Namun, tubuh tidak akan terlindungi sampai beberapa saat setelah menggunakan sinar tersebut.

Apabila melalui perantara berupa suara, orang yang mendengarnya langsung tuli. Jika dialirkan menggunakan telapak tangan, orang yang terkena pasti terasa panas seperti tersambar petir.

Dulu Cuma Rp20.000, Berapa Bayaran Mbah Minto Klaten Sekarang?

Ajian  Lembu Sekilan

Ajian ini merupakan tameng nomor satu untuk menjaga keselamatan diri dari musuh. Semua jenis serangan fisik terhadap pengguna ilmu kanuragan ini akan meleset sekilan atau sejengkal dari badan. Orang tersebut juga tidak bisa merasakan sakit.

Ajian ini banyak digunakan prajurit perebut kemerdekaan. Oleh karena itu, Indonesia tak terkalahkan walaupun hanya berbekal senjata berupa tangan kosong dan bambu runcing.

Contoh pemilik ajian ini adalah Jaka Tingkir, pemberontak di Kesultanan Demak sekaligus pendiri Kerajaan Pajang.

Sempat Dicuri Sampai Bogor, Patung Ganesha Miliaran Rupiah di Kepurun Klaten Cuma Jadi Pajangan Rumah Warga

Ajian Waringin Sungsang

Ajian ini mempunyai dampak mematikan. Siapa pun yang diserang, energinya terserap sehingga merasa tak berdaya.

Berdasarkan cerita, ilmu kanuragan ini diciptakan Sunan Kalijaga. Sebab pada masa itu terdapat banyak kejahatan yang berasal dari pendekar dan ahli sihir berilmu hitam. Ia menekankan sumber kekuatan ilmu kanuragan berasal dari Tuhan Yang Maha Kuasa. (Razita Dewinta Anggraeni/JIBI/Semarangpos.com) 

Kudu Tahu! Ini 7 Ciri-Ciri Warung Pakai Jin Pelaris



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom