SOLOPOS.COM - Fakultas Ilmu Kesehatan atau FIK Universitas Muhammadiyah Surakarta atau UMS menggelar Sumpah Profesi Ners angkatan ke-23 Auditorium Muh. Djazman Kampus I UMS, Kamis (6/1/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Fakultas Ilmu Kesehatan atau FIK Universitas Muhammadiyah Surakarta atau UMS menggelar Sumpah Profesi Ners angkatan ke-23 Auditorium Muh. Djazman Kampus I UMS, Kamis (6/1/2022). Ada 69 lulusan Prodi Ners yang semuanya cumlaude.

Bahkan, 22 mahasiswa di antara mereka mendapatkan indeks prestasi (IP) 4.0. Rektor UMS, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si dalam sambutannya mengucapkan selamat atas prestasi yang diperoleh dalam selama mengenyam pendidikan profesi Ners.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau dalam bahasa Jawa sumbut karena secara institusi UMS berpredikat unggul, program studi Ners berakreditasi unggul dan memiliki akreditasi Internasional, sehingga tidak heran lagi apabila mencetak kualifikasi lulusan yang unggul juga,” papar Rektor UMS.

Baca Juga: Gelar Wisuda Drive Thru, UMS Luluskan 1.759 Orang dari 60 Prodi

Ekspedisi Mudik 2024

Sofyan Anif menyampaikan setelah lulus harus memiliki target dan yang paling penting bukan sekadar menyandang cumlaude, namun apa yang bisa dilakukan dan dikontribusikan setelah lulus.

“Kualifikasi dari lulusan Ners UMS dibekali dengan dua potensi, yakni potensi pengetahuan dan juga spiritual,” tegasnya.

Sofyan juga menambahkan dengan bekal potensi itu diharapkan menjadi modal dalam mencari pekerjaan, dengan rida Allah dan orang tua sehingga itu akan mempermudah dalam mencapai cita-cita.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Dr. Umi Budi Rahayu, S.Fis., Ftr., M.Kes menyampaikan kegiatan sumpah profesi ini pertama kali dikonsep secara luring (luar jaringan).

Baca Juga: Mahasiswa UMS Beri Bantuan Bibit Porang Kepada Petani Gemolong

Bismillah upacara sumpah profesi ini, sudah mulai dilaksanakan secara luring. Hanya saja terdapat 3 mahasiswa yang mengikuti secara daring [dalam jaringan], dikarenakan berasal dari luar daerah, seperti Papua, Lombok, dan Jakarta serta sudah bekerja sehingga sulit untuk perizinan,” paparnya.

Dalam bidang akademik, ia juga menyampaikan bahwa pada sumpah Ners angkatan ini semua peserta mendapatkan predikat cumlaude, 22 orang di antaranya dengan predikat muntaz, IP 4.0. Selain itu, mahasiswa Ners UMS sebelum lulus sebagian bahkan ada yang sudah diterima bekerja di berbagai instansi.

“Angkatan ke-23 ini merupakan angkatan pertama yang lulus setelah program profesi Ners mendapatkan akreditasi Unggul,” tambahnya.

Baca Juga: Keren, 494 Maru UMS 2022 Inden Sebelum Launching PMB

Prosesi upacara sumpah profesi ini kemudian ditandai secara simbolis dengan penyematan pin kepada para sumpahwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya