SOLOPOS.COM - Lembaga Sertifikasi Profesi atau LSP Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Penulis & Editor Profesional (LSP PEP) dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menyelenggarakan sertifikasi kompetensi kerja. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Lembaga Sertifikasi Profesi atau LSP Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Penulis & Editor Profesional (LSP PEP) dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menyelenggarakan sertifikasi kompetensi kerja.

Dalam kerja sama tersebut, terdapat empat  skema yang diujikan, yaitu skema sertifikasi penulisan buku nonfiksi, skema sertifikasi penyuntingan naskah, skema sertifikasi penyuntingan akuisisi, dan skema sertifikasi penyuntingan substantif.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua LSP UNS, Dr. Aniek Hindrayani. Selanjutnya Aniek memaparkan selain melakukan uji kompetensi kepada calon lulusan, LSP UNS bekerja sama dengan BNSP juga memfasilitasi dosen UNS untuk menjadi asesor di berbagai skema sesuai dengan tuntutan global. UNS saat ini sudah memiliki 54 asesor yang tersebar di 20 skema sertifikasi kompetensi.

Baca Juga: UNS Gelar Sertifikasi Dosen, Rektor dan Guru Besar Jadi Peserta Uji Kompetensi

Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho mengatakan bahwa adanya LSP di UNS merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab UNS. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan lulusan yang berdaya saing dan memiliki tingkat profesionalisme yang tinggi di era perubahan global.

“Hal ini karena salah satu komponen penting yang harus segera dibenahi dalam revolusi industri 4.0 adalah kapasitas tenaga kerja. Ini meliputi kompetensi ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebagai modal penting dalam menghadapi pertumbuhan ekonomi dunia pada saat ini dan masa mendatang,” terang Prof. Jamal pada Rabu (4/8/2021) saat mengikuti sertifikasi kompetensi.

Salah satu asesor, Dr. Sriyanto memberi apresiasi kepada UNS karena sejauh ini penyelenggaraan sertifikasi berjalan dengan lancar. Selain itu, LSP UNS juga selalu mengedepankan protokol kesehatan yang ketat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di masa pandemi.

Baca Juga: Manfaatkan Peluang, Alumnus UNS Ini Sukses Bangun Rahmat Pullet Farm di Karanganyar

“Harapannya, semoga LSP UNS tetap menjaga profesionalitas dan akuntabilitas serta secara signifikan dapat meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa UNS,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya