Tutup Iklan

LPPOM MUI Bantah Terbitkan Sertifikat Halal untuk Whiskey Arkey

LPPOM MUI Bantah Terbitkan Sertifikat Halal untuk Whiskey Arkey

SOLOPOS.COM - Ujaran kebencian terkait hoaks miras berlogo halal (Facebook)

LPPOM MUI membantah pernah menerbitkan sertifikat halal untuk minuman Whiskey Arkey.

Solopos.com, JAKARTA — Terkait beredarnya isu di media sosial tentang minuman Whiskey Arkey dengan label halal, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) MUI memastikan bahwa hal tersebut tidak benar.

Wakil Direktur LPPOM MUI Muti Arintawati mengatakan pihaknya tidak akan memberikan label halal kepada produk yang menyerupai atau mengimitasi produk haram. “Jadi meskipun diklaim tidak mengandung alkohol, tetapi tidak dapat dilakukan sertifikasi,” tuturnya kepada Bisnis/JIBI, Selasa (24/10/2017).

Kendati demikian, dia mengaku LPPOM MUI belum melakukan temuan lapangan terkait adanya produk wiski yang memiliki sertifikasi halal. Sementara itu, koordintor komisi advokasi Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Rizal E. Halim meminta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan MUI segera mengecek kebenaran informasi tersebut.

Apalagi, diberitakan di media sosial bahwa minuman ini telah bertahun-tahun beredar di Indonesia. Label halal yang tercantum dalam minuman tersebut berbedar dengan label halal yang mirip dengan yang dikeluarkan MUI.

Rizal meminta BPOM mengambil langkah tegas jika terjadi pelanggaran atas beredarnya minuman tersebut. Masyarakat khususnya konsumen harus diberi perindungan dalam memenuhi hak hak nya yang telah diatur dalam UU no 8 tahun 1999 tentang Perindungan Konsumen pasal 4 (c) hak atas mendapatkan informasi yang benar dan jujur.

Di sisi lain, pelaku usaha dilarang untuk memperdagangan barang/jasa yang tidak sesuai dengan ketentuan dan standar yang telah diatur sesuai pasal 8 ayat 1 (a-i) UU 8/1999.

Pun jika berita itu hoax, Rizal juga mendesak BPOM bekerja sama dengan MUI dan Kepolisiaan untuk investigasi dan menyampaikan informasi hasil investigasinya kepada publik agar dapat memberikan ketenangan kepada masyarakat. “Penyebar hoax ini perlu diberi sanksi yg tegas karena telah menyebabkan kepanikan masyarakat,” tuturnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Mantan Bupati Sragen Promosikan Ivermectin Sebagai Obat Covid-19, Terbukti Ampuh?

Bupati Sragen periode 2001-2011, Untung Wiyono, mempromosikan Ivermax 12 atau Ivermectin sebagai obat penyembuh Covid-19. Obat itu diklaim ampuh.

Kasus Kematian Covid Tanpa Komorbid Tinggi

Angka kematian pasien Covid-19 di Klaten masih tinggi. Tak hanya pasien dengan komorbid atau penyakit penyerta, pasien yang meninggal tanpa komorbid sebesar 35%.

Vaksin Bikin Tubuh Aman dari Covid-19? Cek Faktanya

Vaksin Covid-19 bukanlah satu-satunya alat yang dapat melindungi tubuh dari infeksi virus corona.

Dua Juru Parkir Liar di Kota Madiun Diringkus Polisi

Dua juru parkir liar ditangkap Polres Madiun Kota dalam pemberantasan aksi premanisme dan pungli.

Duh! Petani Tembakau di Klaten Terancam Gagal Panen Gara-Gara Cuaca Tak Menentu

Sejumlah petani tembakau di Klaten dilanda kegalauan. Cuaca yang tak menentu mengakibatkan tanaman tembakau tak tumbuh secara optimal.

Isolasi Lokal di Gedawung Baturetno Wonogiri Selesai, Warga Siraman Pakai Air Kendi

Isolasi lokal yang diterapkan di Dusun Gedawung, Desa Saradan, Kecamatan Baturetno, Wonogiri telah selesai, Selasa (22/6/2021).

Lezatnya Suboli Pizza, Pizza Susu Khas Boyolali

Di Boyolali, terdapat kuliner khas yakni pizza susu dan dikenal dengan nama Suboli Pizza. Makanan ini biasanya dijual di Jl Pandan Arang, Boyolali.

Warga Kerja Bakti Bersihkan Makam di Mojo, Kapolresta: Budaya Wong Solo!

Jajaran Polresta Solo, TNI, dan Ormas membersihkan dan memperbaiki makam di TPU Cemoro Kembar, Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Rabu (23/6/2021).

Soal Perizinan Sekolah, Ini Kata Kepsek Bocah Perusak Makam di Mojo Solo

Pihak Kuttab atau lembaga pendidikan dasar tempat 10 anak yang merusak makam di Mojo, Solo, mengatakan sudah mengajukan perizinan sekolah kepada Kemenang.

Pasien Covid-19 Membeludak, RSUD Tugurejo Semarang Akhirnya Dirikan Tenda Darurat

RSUD Tugurejo mulai kehabisan ruang isolasi pasien Covid-19 sejalan membeludaknya pasien. Mereka kini mendirikan tenda darurat untuk menampung pasien.

10 Bocah Merusak Makam di Mojo Solo, Ini Penjelasan Sekolah

Pihak sekolah tempat 10 bocah pelaku perusakan makam di Solo membantah mengajarkan intoleransi.

Pegawainya Terpapar Covid-19, Kantor Imigrasi Madiun Dilockdown

Kantor Imigrasi Madiun ditutup sementara karena seorang pegawainya positif Covid-19. Kantor akan buka kembali pada Senin (28/6/2021).