SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pegadaian (Yayus Yuswoprihanto/JIBI/Bisnis)

Lowongan pekerjaan di PT Pegadaian (Persero) terbuka untuk calon karyawan dibuka mulai Selasa (23/2/2016) hingga Minggu (28/2/2016).

Madiunpos.com, MADIUN — PT Pegadaian (Persero) yang merupakan salah satu badan usaha milik negara (BUMN) di Indonesia, mulai Selasa (23/2/2016) hingga Minggu (28/2/2016), melakukan rekrutmen karyawan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Informasi yang dikutip Madiunpos.com dari laman resmi pegadaian.co.id, Rabu (24/2/2016), syarat umum untuk menjadi karyawan PT Pegadaian adalah warga negara indonesia (WNI), pendidikan minimal DIII, IKP minimal 2,5 pada skala 4,0, akreditasi jurusan minimal C pada saat pelamar lulus kuliah (jika dalam ijazah tidak terdapat keterangan akreditasi harus ada surat keterangan akreditasi dari perguruan tinggi atau mencari di ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php.

Khusus bagi pelamar lulusan luar negeri diwajibkan melampirkan surat keterangan ijazah dari Dikti. Pelamar harus kelahiran tanggal 1 April 1989 atau sesudahnya dengan tinggi badan untuk laki-laki minimal 160 cm dan tinggi badan untuk wanita minimal 157 cm, serta belum pernah menikah.

Untuk proses pendaftaran, calon pelamar harus memasukkan data ke aplikasi e-recruitment di alamat Internet rekrutmen.pegadaian.co.id mulai tanggal 23 Februari 2016 pukul 22.00 WIB sampai tanggal 28 Februari 2016 pukul 23.59 WIB. Calon pelamar wajib mengisi semua data yang ada dengan keadaan yang sebenarnya.

Sebelum mengisi data di e-recruitment, calon pelamar diharapkan mempersiapkan data pribadi (yang ada dalam KTP), data ijazah dan transkip nilai akademik, data akreditasi jurusan dari ijazah, dan pas foto ukuran 4 cm x 6 cm dalam bentul file jpeg dengan maksimal ukuran file 500 Kb untuk diunggah.

Calon pelamar juga harus mempersiapkan dokumen-dokumen seperti yang dipersyaratkan pada tahap daftar ulang. Selain itu, pelamar juga diminta untuk terus memantau informasi dan perkembangan proses rekrutmen ini di website www.pegadaian.co.id.

Untuk tahapan daftar ulang, pelamar yang dinyatakan lulus tahap pendaftaran diwajibkan melakukan daftar ulang pada tanggal dan tempat yang telah ditentukan. Sedangkan dokumen-dokumen yang harus ada dan dibawa saat melakukan daftar ulang, yaitu surat lamaran yang ditujukan kepada Direktur PT Pegadaian (Persero) c.q Kepada Pemimpin wilayah sesuai lokasi kantor wilayah tujuan pelamar, daftar riwayat hidup, tiga lembar pas foto berwarna terbaru ukuran 4 cm x 6 cm, selembar foto berwarna ukuran postcard seluruh badan, fotokopi KTP yang masih berlaku satu lembar dan jika KTP kadaluarsa karena KTP yang baru belum ada harus melampirkan surat keterangan minimal dari kelurahan/desa, fotokopi akta kelahiran/surat keterangan lahir, fotokopi ijazah yang dilegalisasi oleh perguruan tinggi yang menerbitkan ijazah atau sesuai peraturan Mendikbud RI No. 11/2014. Pegadaian dalam rekrutmen itu menolak pendaftar dengan surat keterangan lulus.

Pelamar juga wajib melampirkan fotokopi transkip nilai akademik yang telah dilegalisasi oleh perguruan tinggi yang menerbitkan ijazah atau sesuai peraturan Mendikbud RI No. 11/2014, fotokopi surat keterangan akreditasi jurusan atau hasil cetakan dari pencarian di ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php (bila di ijazah tidak mencantumkan akreditasi), surat keterangan belum menikah minimal dari kelurahan/desa setempat, surat keterangan kelakuan baik (SKKB)/surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dari kepolisian yang masih berlaku dan fotokopi yang telah dilegalisasi dan masih berlaku, surat keterangan tidak buta warna dari rumah sakit/puskesmas atau fotokopi yang telah dilegalisasi, surat bebas narkoba dari rumah sakit/puskesmas atau fotokopi yang telah dilegalisasi dan masih berlaku.

Selain itu, pelamar juga harus membuta surat pernyataan bermaterai Rp6.000, surat pernyataan harus memuat item-item yang menyatakan bersedia mematuhi seluruh ketentuan seleksi penerimaan, menyatakan kebenaran seluruh dokumen yang dilampirkan, bersedia tidak menikah selama satu tahun sejak diangkat sebagai karyawan PT Pegadaian (Persero), bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia, dan bersedia mengganti biaya yang telah dikeluarkan selama proses seleksi apabila pelamar telah dinyatakan lulus seleksi tahap akhir dan mengundurkan diri sepihak.

Seluruh dokumen tersebut dimasukkan ke dalam map berwarna hijau dan dibawa pada saat daftar ulang.

Pendaftaran Online
Untuk mengisi formulir rekrutmen online, pelamar harus mengisi formulir online di aplikasi e-recruitment, dengan memilih menu Formulir Aplikasi Baru. Setelah menginput semua data dengan benar, pelamar bisa mengakhiri proses pendaftaran dengan cara menekan tombol Ajukan. Selanjutnya, pelamar harus mengwcek email yang diinput pada formulir sebelumnya dan di dalam email tersebut terlampir password. Jika ingin mengubah data yang di-input sebelumnya, pendaftar bisa memilih menu Login Aplikasi Terdaftar dengan menggunakan alamat email dan setelah memasukkan password yang diperoleh sebelumnya.

Sesudah mengubah data sesuai dengan keperluan, pelamar dapat mengakhiri dengan menekan tombol Ajukan/Simpan. Pelamar dapat melakuakn perubahan data yang telah di-input sampai tanggal 28 Februari 2016 pukul 23.59 atau sebelum aplikasi ditutup.

Dalam proses rekrutmen karyawan PT Pegadaian ini, peserta tidak dikenai biaya apapun selama mengikuti proses rekrutmen, namun panitia juga tidak menanggung biaya akomodasi dan transportasi peserta dari dan ke lokasi tes.

Segala informasi mengenai rekrutmen PT Pegadaian ini dapat dilihat di www.pegadaian.co.id, dan keputusan panitia rekrutmen adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya