SOLOPOS.COM - Ilustrasi bursa kerja (Burhan Aris N./JIBI/Solopos)

Lowongan kerja dibuka di Job Fair Hari Jadi ke-66 Jateng yang diselenggarakan di Magelang.

Semarangpos.com, MAGELANG – Perayaan hari jadi ke-66 Provinsi Jawa Tengah (Jateng) tidak hanya diisi dengan sederet hiburan yang dipusatkan di Magelang, Jumat-Sabtu (26-27/8/2016). Selain hiburan, pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng juga mengisi perayaan hari jadinya itu dengan membuka bursa kerja alias job fair di Alun-Alun Kota Magelang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebanyak 52 perusahaan maupun instansi yang bergerak di berbagai sektor usaha turut, termasuk Polda Jateng, turut menamawarkan lowongan kerja pada job fair kali ini. Praktis, hal ini pun menjadi magnet bagi ribuan masyarakat Magelang dan sekitarnya untuk berduyun-duyun ke acara job fair itu.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jateng, Wika Bintang, dalam sambutan pembukaan Job Fair 2016, Jumat (26/8) mengatakan bursa kerja ini digelar untuk mempertemukan pencari kerja dengan perusahaan yang bergerak di berbagai sektor usaha di Jateng.

“Ada puluhan perusahaan yang ikut berpartisipasi dalam bursa kerja kali ini, termasuk dari Polda Jateng, juga membuka lowongan. Semua pencari kerja yang mendaftar di job fair ini tidak dipungut biaya alias gratis karena diselenggarakan oleh pemerintah provinsi dan Kota Magelang,” ujar Wika seperti dilansir situs resmi Pemprov Jateng, Jumat.

Wika menjelaskan saat ini jumlah penduduk Jateng sekitar 30 juta jiwa. Sedangkan, dari data Badan Pusat Statistik (BPS) angkatan kerja hingga Mei 2016 adalah 17,91 juta orang. Dari jumlah angkatan kerja itu, 750 ribu orang di antaranya masih berstatus sebagai pengangguran.

Jumlah angkatan kerja yang belum terserap itu pun menjadi perhatian serius bagi Pemprov Jateng. Berbagai upaya pun dilakukan pemerintah guna mengurangi jumlah pengangguran itu, salah satunya dengan membuka lapangan kerja baik di dalam maupun luar negeri.

Sementara itu, salah satu pencari kerja Fitri Wulansari, 22, asal Secang, Kabupaten Magelang, mengaku sengaja datang ke acara job fair itu untuk mencari pekerjaan di bidang ekonomi akutansi. Ia mengaku saat ini tengah membutuhkan kerja setelah menyelesaikan studinya di perguruan tinggi beberapa bulan lalu.

“Senang ada bursa kerja di sini. Meski pun saya harus antre lama untuk mendapatkan formulir karena yang datang banyak sekali,” ujar Fitri. Bursa kerja yang diprakasa  Pemprov Jateng dan Pemkot Magelang di Alun-alun Magelang itu digelar selama dua hari, Jumat-Sabtu.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya