SOLOPOS.COM - Suasana kerja buruh pabrik sepatu. (Wahyu Darmawan/JIBI/Bisnis)

Lowongan kerja Jateng diramaikan kehadiran pabrik sepatu olahraga milik PT Selalu Cinta Indonesia (SCI) di Salatiga.

Semarangpos.com, SEMARANG – PT KMK Global Sports membangun pabrik sepatu olahraga modern di Jl. Lingkar Selatan, Dusun Tetep, Kelurahan Randuacir, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga. Operasional pabrik baru yang dikelola PT Selalu Cinta Indonesia (SCI)—salah satu unit usaha baru PT KMK Global Sports—membutuhkan 8.000 buruh.

Promosi Apresiasi dan Berdayakan AgenBRILink, BRI Bagikan Hadiah Mobil serta Emas

Sebelum di Salatiga, PT KMK Global Sports sejak 1990 telah bercokol di Tangerang, Banten. Pabrik olahan karet yang didukung permodalam Korea Selatan dan Taiwan itu merupakan produsen sepatu olahraga Nike, Converse, dan Hunter.

Ekspedisi Mudik 2024

Di Salatiga, menurut Deputi Direktur HRD Group PT KMK Global Sports, Adam, pabrik sepatu dibangun di lahan seluas 22.000 ha. ”Target produksi 350.000 pasang sepatu olahraga per bulan, sedangkan pabrik utama di Banten bisa memproduksi 1 juta pasang sepatu dalam sebulan,” katanya saat menerima kunjungan kerja Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Heru Sudjatmoko di PT SCI sebagaimana dipublikasikan Jatengprov.co.id, Rabu (10/8/2016).

Menurut Adam, operasionalisasi PT SCI yang diklaim sebagai pabrik sapatu olahraga paling modern di Tanah Air tersebut direncanakan pada Desember 2016. ”Ini pabrik paling modern, baik dari segi konstruksi maupun pemanfaatan lahan di seluruh Indonesia,” tandasnya.

Bila nantinya telah beroperasi, lanjut dia, pabrik sepatu olahraga yang merupakan unit usaha PT KMK Global Sports itu akan menyerap 8.000 orang tenaga kerja. Dia menjamin tenaga kerja lokal bukan hanya akan ditempatkan sebagai pekerja di pabrik, tapi juga dapat menduduki posisi-posisi penting di dalam manajemen perusahaan.

“Proses rekrutmen tenaga kerja dilakukan  secara bertahap,” terangnya terkait terbukanya lowongan kerja di pabrik sepatu milik PT Selalu Cinta Indonesia (SCI) itu dalam khazanah industri Jateng tersebut.

Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko mengapresiasi kehadiran PT SCI karena sudah mulai merekrut lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) sebagai tenaga kerja. “Saya senang karena meskipun pabrik belum resmi beroperasi, tapi sudah mulai merekrut tenaga kerja. Paling banyak dari SMK. Wajahnya penuh semangat. Di SMK sudah dapat pendidikan, di perusahaan ini dapat keterampilan, sehingga saya harapkan produktivitasnya juga tinggi,” tuturnya.

Heru berpesan selain membuka lowongan kerja bagi warga setempat, PT Selalu Cinta Indonesia (SCI) selaku unit usaha PT KMK Global Sports diharapkan dapat menggunakan sebagian keuntungan mereka untuk masyarakat di sekitarnya. “Keuntungan pabrik tidak ada artinya bila tidak berdampak positif bagi masyarakat,” harap dia.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya