SOLOPOS.COM - Ilustrasi transaksi politik uang (JIBI/Solopos/Dok.)

Lowongan kerja dimanfaatkan seorang oknum

Harianjogja.com, BANTUL–Lowongan kerja yang dibuka oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul dimanfaatkan oleh seorang oknum putra DPRD Bantul untuk mencari keuntungan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah seorang warga yang tak bersedia disebutkan namanya mengakui, dirinya sempat berniat mengisi salah satu posisi pegawai berstatus NonPegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai Petugas Pemadam Kebakaran di lingkungan BPBD Bantul. Gayung bersambut, ia sempat mendapatkan tawaran dari salah satu putra anggota DPRD Bantul tersebut.

Hanya saja, ia lantas harus berpikir ulang lantaran putra anggota DPRD Bantul itu sempat mematok tarif sebesar Rp30 juta. Setelah dipertimbangkan masak-masak, ia pun memastikan urung meminta bantuan pada oknum tersebut.

“Awalnya orang itu sempat mengatakan bahwa dia sudah memasukkan orang lain dengan tarif sebesar Rp40 juta. Untuk saya, dikurangi jadi Rp30 juta,” ucapnya kepada wartawan, Jumat (10/2/2017) pagi.

Saat ditanya mengenai identitas oknum yang menawarkan bantuan kepadanya itu, dirinya mengaku tak tahu banyak. Ia hanya bisa memastikan bahwa oknum itu adalah putra dari salah satu anggota DPRD Bantul. “Katanya, bisa diterima 100% kerja di BPBD Bantul dengan gaji standar ditambah beberapa tunjangan dan premi asuransi. Karena orang itu punya kenalan yang bisa menjamin,” katanya.

Terkait hal itu, Kepala Pelaksana BPBD Bantul Dwi Daryanto membantah tegas. Saat ditemui di kantornya, ia menegaskan lowongan itu ia buka tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Terlebih, urusan teknis perekrutan itu sudah ia serahkan kepada pihak ketiga. Dengan begitu, pihak BPBD Bantul hanya menunggu hasil tes yang dilakukan oleh pihak ketiga tersebut. “Saya berani sumpah. Kami tak pernah memungut apa-apa. Kami ini niatnya cuma membantu,” tegas Dwi.

Tak hanya itu, ia pun menegaskan apa yang dijanjikan oleh oknum itu tak sesuai dengan kenyataan. Pasalnya, gaji dari posisi yang dibukanya itu nantinya adalah sebesar Rp1,2 juta. “Tanpa ada tunjangan apapun. Kecuali hanya asuransi dari BPJS saja,” tegasnya.

Seperti diketahui, sesuai dengan surat pemberitahuan bertanda tangan Kepala Pelaksana BPBD Bantul tertanggal 9 Februari 2017 yang termuat dalam situs resmi BPBD Bantul, pihak BPBD Bantul memang membuka lowongan kerja untuk tenaga non PNS Kontrak 2017 untuk posisi Sopir Pemadam, Anggota Pemadam, dan Admin Kantor.

Dalam surat itu pula, dengan jelas tertulis bahwa seluruh proses perekrutan tersebut sama sekali tidak dipungut biaya. Selain itu, tertulils pula pendaftaran calon tenaga ditutup pada 15 Februari. Sedangkan seleksinya akan dilakukan pada 20-21 Februari. “Hasilnya akan diumumkan pada tanggal 23-24 Februari,” kata Dwi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya