LOWONGAN CPNS 2014 : Seleksi CPNS Kemenkeu Pakai Tes Psikologi Lanjutan

Solopos.com, JAKARTA - Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan menggunakan tes khusus. Selain Tes Kemampuan Dasar (TKD) peserta akan dihadapkan dengan Tes Kompetensi Bidang (TKB) hingga tes kesehatan.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) jadi instansi yang paling banyak membuka lowongan CPNS 2014. Kemenkeu akan menyediakan formasi CPNS untuk 9.000 CPNS.

Dalam proses seleksi nantinya peserta akan dihadapkan dengan serangkaian tes khusus. Tes khusus tersebut juga dibagi atas beberapa tahapan. Dengan tujuan tertentu pada setiap tes. Tahap awal adalah tes psikologi lanjutan.

"TKB (Tes Kompetensi Bidang) itu spesifikasinya ya kan ada psikologi lanjutan," kata Sekretaris Jenderal Kemenkeu Kiagus Badaruddin seperti dilansir Detik, Jumat (22/8/2014).

Adanya psikologi lanjutan, karena kebutuhan instansi untuk melihat lebih jauh beberapa seperti masalah integritas dan kepimimpinan serta yang lainnya.

"Itu memang ada melihat integritas yang lebih dalam. Kepimimpinan dan berbagai hal. Karena orang itu kan yang kita harapkan bukan jangka pendek, ada jangka panjang, diharapkan juga sebagai pemimpin Kemenkeu di masa depan," jelasnya.

Tahap selanjutnya adalah tes kesehatan. Tujuannya adalah untuk memastikan kondisi fisik dari calon PNS tersebut masih sehat dan bugar. Di samping itu juga menghindari calon yang terjangkit narkoba dan sejenisnya.

"Itu ada pada tes kesehatan dan kebugaran," imbuhnya.

Di samping itu juga ada tes wawancara, yang akan menguji kemampuan langsung para calon. Namun, untuk wawancara hanya diikuti oleh golongan 3. Sedangkan golongan 1 dan 2 hanya mengikuti dua tes sebelumnya.

"Wawancara untuk golongan 3. Kalau golongan 1 dan 2 kan tidak terlalu butuh," katanya.

Kemenkeu telah memerinci formasi CPNS 2014. Penjelasan lengkap dapat diakses melalui situs resmi panselnas.menpan.go.id. PantauanSolopos.com, Kamis (21/8/2014), lembar pengumuman formasi CPNS Kemenkeu ini sekaligus ditautkan ke alamat pendaftaran.

Bagi yang berminat dapat klik tautanhttps://panselnas.menpan.go.id/index.php/form-2/14-pusat/144-kemenkeuLaman itu menyediakan fitur pendaftaran. Pelamar hanya perlu sekali klik di tautan Formulir Pendaftaran.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom