SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI)

Solopos.com, JAKARTA – Situs pendaftaran CPNS online telah dibuka panselnas sejak Rabu (20/8/2014). Panselnas menyebut pada hari pertama dibuka pengunjung mencapai 5 juta. Hal ini jadi salah satu yang membuat server “jebol”.

Sampai kemarin, situs pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) masih mengalami gangguan. Penyebabnya adalah gangguan pada server atau fasilitas penyimpanan data akibat membludaknya kunjungan para calon pelamar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Server kita memang sedang down. Ini karena memang tingginya antusiasme masyarakat yang ingin mendaftar [CPNS],” kata Herman Suryatman, Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Herman Suryatman seperti dilansir Detik, Jumat (22/8/2014).

Herman menyebutkan, sejak pertama kali dibuka pada 20 Agustus 2014 hingga pukul 02.00 WIB dini hari pada 21 Agustus lalu, sudah ada 5 juta kunjungan tercatat pada situs ini. “Sampai sekarang [Jumat pukul 15.00 WIB] mungkin sudah tembus 10 juta. Makanya server kita bisa sampai down,” tuturnya.

Di saat yang bersamaan, tim IT Panselnas tengah berusaha mengunggah data instansi dan rincian formasi lowongan di masing-masing instansi yang membuka lowongan CPNS tahun ini. Kondisi ini menyebabkan ambruknya sistem pada situs ini menjadi kondisi yang tak terelakkan.

Hal seperti ini, lanjut Herman, biasa terjadi pada awal-awal pendaftaran. “Dari pengalaman tahun sebelumnya, ini biasa terjadi di tiga hari pertama. Ini hal yang wajar seperti pengalaman kita tahun sebelumnya. Masyarakat euforia, jadi semua membuka,” sebutnya.

Dirinya memerkirakan pada hari keempat, situs ini dapat kembali normal dibuka kembali oleh para calon pelamar.

Hal senada diungkap Tim Audit IT Panselnas perwakilan BPPT, Zainul Azwar Efendi. “Kami sudah berusaha sekeras mungkin. Ini sudah kami lakukan uji coba selama 2 pekan belakangan ini. Ada 2.000 pengunjung dalam satu jam. Itu tidak ada masalah,” katanya.

Atas masalah yang terjadi dalam dua hari terakhir, Kemen PAN-RB meminta maaf kepada masyarakat atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

“Kami minta maaf, bukan bermaksud menghalang-halangi yang ingin mendaftar. Namun memang antusiasme tinggi,” ujar Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Herman Suryatman.

Menurut Herman, calon pendaftar tidak perlu panik karena Kemen PAN-RB terus mempercepat proses perbaikan. “Kami tetap bekerja keras supaya masyarakat bisa segera nyaman melakukan pendaftaran,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya