SOLOPOS.COM - Ilustrasi peluang CPNS. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Solopos.com, SOLO – Belum ada instansi yang merinci Pengumuman CPNS 2014 hingga Selasa (19/8/2014). Padahal KemenPAN-RB telah menjadwalkan 18-29 Agustus 2014 untuk instansi yang telah mendapat jatah lowongan CPNS 2014 agar mengumumkan rinciannya. KemenPAN-RB janjikan 20 Agustus.

Pemerintah sepertinya masih belum sepenuhnya siap mengumumkan rincian formasi CPNS 2014. Meski mengaku telah mengesahkan rincian formasi sekitar 250 instansi pusat dan daerah, namun hingga berita ini diturunkan belum ada instansi yang secara gamblang mengumumkan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kemenkeu misalnya, meski telah mengumumkan akan melakukan rekrutmen hingga 9.000 CPNS, namun hingga kini belum ada rincian formasi, syarat hingga prosedur pendaftaran.

Sebelumnya, Badan Narkotika Nasional (BNN) juga telah mengumumkan rekrutmen CPNS 2014. Hari perdana kesempatan perincian penerimaan CPNS, Kemendag mengawali dengan pengumuman rekrutmen 124 CPNS di Jakarta dan Bandung. Namun lagi-lagi tanpa rincian yang jelas.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah telah mengintruksikan seluruh instansi yang membuka pendaftaran CPNS 2014 untuk mengumumkan lowongan CPNS pada 18-29 Agustus 2014. (Baca: 18-29 Agustus, Pendaftaran CPNS Wajib Diumumkan)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar melalui Sekretaris Menteri Tasdik Kinanto telah mengirimkan surat bernomor: B/2870/M.PAN/7/2014 tertanggal 25 Juli 2014 kepada para Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat dan Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah agar mematuhi jadwal kegiatan pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2014. (Baca Juga: Tanpa SKCK dan Kartu Kuning, Syarat CPNS Tahun Ini Lebih Sederhana)

Dalam lampiran surat itu disebutkan, bahwa pengumuman lowongan CPNS di masing-masing instansi pemerintah (Pusat dan Daerah) harus sudah dilakukan pada periode tanggal 18-29 Agustus 2014, sementara pendaftaran CPNS secara online melalui portal nasional panselnas.menpan.go.id atau sscn.bkn.go.id harus dilakukan pada 20 Agustus – 3 September 2014. 

Terkait hal ini, Karo Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman menyatakan banyak daerah dan instansi belum menyelesaikan rincian formasi.

“Sesuai jadwal harusnya hari ini pengumuman rincian formasi dilaksanakan. Namun karena ada kendala pada rincian formasi daerah, maka belum bisa dilakukan hari ini,” katanya seperti dikutip JPNN.com, Senin (19/8/2014).

Herman mengaku masih menunggu kepastian dari deputi SDM. Namun, sumber resmi di Kantor KemenPAN-RB menyebutkan pengumuman CPNS bakal dilaksanakan tanggal 20 Agustus. “Ya molor semua jadwalnya karena masih banyak masalah. Kalau di Kantor KemenPAN-RB tidak ada masalah lagi, yang lama kan di daerah,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya