SOLOPOS.COM - Pendaftaran CPNS 2014 di situs sscn.bkn.go.id

Solopos.com, SOLO – KemenPAN-RB membebaskan bagi peserta seleksi CPNS 2014 untuk memilih tempat melaksanakan tes kompetensi dasar (TKD). Ada 104 tempat penyelenggara tes dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) ini.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) melansir pengumuman di laman Setkab.go.id, Selasa (2/9/2014). Dari 104 tempat ujian yang sebagian besar perguruan tinggi di 65 wilayah. (Baca Juga: Ini Kumpulan Situs-Situs Penting CPNS 2014)

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Biro SDM dan Umum Kementerian PANRB Otok Kuswandaru mengatakan, setelah melakukan pendaftaran secara online, pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat dan lolos seleksi administrasi dapat mengikuti tes di perguruan tinggi yang ditunjuk, yang berdekatan dengan tempat tinggalnya.

“Mereka bisa memilih tempat tesnya dari 104 tempat yang tersebar di seluruh tanah air,” katanya. (Baca Juga: Situs Panselnas CPNS Sulit Dibuka? Coba Kunjungi pada Jam-Jam Ini)

Otok, menambahkan, tahun ini pihaknya akan merekrut 20 CPNS. Diharapkan peserta tes merupakan lulusan dari berbagai perguruan tinggi di seluruh tanah air, sehingga aparatur sipil negara dapat benar-benar menjadi perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Meskipun Kementerian PANRB merupakan instansi yang hanya ada di Jakarta, namun dengan penerapan teknologi informasi, tes seleksi CPNS dapat diikuti di luar Jakarta. (Baca Juga: Hati-Hati! Salah Ketik NIK bisa Gagal Daftar CPNS)

Sebagai contoh, peserta yang ada di Jawa Timur bisa memilih lokasi tes di Universitas Airlanga, Istitut Teknologi 10 November Surabaya (ITS), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Politeknik Negeri Madura, Politeknik Negeri Madiun, dan Universitas Negeri Jember.

Untuk pelamar dari Papua, bisa memilih lokasi tes di Universitas Cenderawasih, dan sebagainya sesuai dengan daerah tempat tinggal masing-masing pelamar.
Dilansir laman menpan.go.id, Jumat (22/8/2014),  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar menyatakan, siap 100% melaksanakan rekrutmen calon pegawai negeri sipil menggunakan sistem computer assisted test (CAT). (Baca Juga: Ini Situs Resmi Simulasi CAT Panselnas CPNS)

Sistem perekrutan dan tes CPNS tahun ini pertama kali menggunakan sistem komputerisasi. Dengan sistem CAT, tes perekrutan CPNS bisa dilakukan setiap hari. Setiap instansi bisa menggelar tes CPNS dan akan difasilitasi oleh BKN. (Baca Juga: Pengembang Buat Aplikasi Tes CPNS CAT di Android)

Menpan menjamin tidak akan ada kebocoran soal. Pemerintah mengaku telah menyiapkan puluhan ribu bank soal. Rata-rata tidak sama antara satu soal dengan soal lainnya.

Pemeritah juga mengungkap, dengan sistem CAT, semua nilai peserta tes dapat langsung dilihat di layar besar yang telah disediakan. Nilai langsung ditampilkan sesaat setelah tes, tanpa harus menunggu berhari-hari.

Dijelaskan pula, kenyamanan dan transparansi peserta, instansi pusat maupun daerah mengubah mindset masyarakat dengan menyediakan fasilitas komputerisasi dalam rekrutmen CPNS tahun 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya