LOWONGAN CPNS 2014 : Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS Kemenkeu Sulit Diakses? Begini Caranya
Situs Pendaftaran Terpadu Panselnas, Rabu (20/8/2014) Pagi, Belum Buka Pendaftaran CPNS (istimewa)

Solopos.com, SOLO – Seleksi administrasi CPNS Kemenkeu jadi yang paling awal diumumkan. Namun sayangnya, banyak pendaftar yang mengeluh sulitnya mengakses situs pengumuman.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) jadi yang paling awal membuka lowongan CPNS 2014. Setelah ditutup beberapa hari lalu, Kemenkeu kini mengumumkan daftar nama yang lolos seleksi administrasi CPNS 2014.

Data Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) lewat situs Panselnas.menpan.go.id, Jumat (19/9/2014), mencatat sebanyak 134.666 orang pelamar telah mendaftar dalam seleksi CPNS di Kemenkeu.

Para peserta ini akan memperebutkan 9.000 kursi CPNS di Kemenkeu. Itu berarti setiap satu kursi di Kemenkeu diincar oleh 15 orang pelamar. (Baca Juga: Situs Panselnas CPNS Sulit Dibuka? Coba Kunjungi pada Jam-Jam Ini)

Daftar lengkap pelamar CPNS Kemenkeu yang lolos seleksi administrasi bisa dicek di http://rekrutmen.kemenkeu.go.id/PengumumanIsi.asp?idpxx=4.

Pantauan Solopos.com, sayangnya hingga Jumat (19/9/2014) siang, situs masih sulit diakses. Begitu pula dengan situs resmi kemenkeu.go.id dan rekrutmen.kemenkeu.go.id yang hanya sesekali bisa diakses.

Peserta dihimbau untuk tidak panik. Pasalnya kejadian serupa juga sering terjadi. Hal ini bisa disebabkan oleh sejumlah hal, misalnya terlalu banyaknya pengakses.

Agar dapat diakses, cukup me-refresh halaman atau dengan mengetik tombol ctrl-F5 untuk shortcut refresh. Namun jika menggunakan cara ini, lagi-lagi pengakses harus bersabar. Pasalnya refresh akan menunggu hingga halaman lebih sepi pengakses. (Baca Juga: Pendaftaran CPNS di 3 Instansi Ini Diperpanjang)

Peserta dapat memilih jam-jam tertentu agar akses lebih lancar. Data Google Analytics mengisyaratkan pengakses internet perlu melihat tren kunjungan jika ingin memperoleh akses internet yang stabil. Jika diperhatikan, kunjungan situs paling padat terjadi pada pukul 11.00 WIB-17.30 WIB.

Kecenderungannya menurun pukul 18.00 WIB-24.00 WIB. Dan mulai sepi pengakses pada pukul 01.00 WIB-07.30 WIB. Pengakses akan kembali meningkat pada jam kantor 08.00 WIB-11.00 WIB.

Siklus ini berlaku pada hari Senin-Jumat. Sedangkan pengakses internet di hari Sabtu, apalagi Minggu akan bertumpuk pada pukul 10.00 WIB-17.00 WIB.

Google juga mencatat kunjungan paling ramai pada hari Selasa dan cenderung menurun pada akhir pekan. Minggu jadi hari paling “malas” untuk mengakses internet. (Baca Juga: Banyak Situs Panselnas Abal-Abal, Peserta CPNS Diimbau Hati-Hati)

Jadi bagi pengakses dengan komputer pribadi disarankan untuk mengakses antara pukul 01.00 WIB-07.30 WIB. Sedangkan pengguna komputer dengan layanan warung internet sebaiknya mengakses pada 18.00 WIB-24.00 WIB.

Sedangkan pada jam 11.00 WIB-17.30 WIB disarankan untuk pengguna Internet dengan akses yang cukup cepat. Hal ini untuk menghindari terjadinya server down sewaktu-waktu.

Tidak disarankan pengguna untuk memakai perangkat mobile seperti smartphone atau tablet untuk mengakses situs Kemenkeu ini. Pasalnya situs dirancang dengan kapasitas akses yang cukup besar. Sehingga bakal kesulitan untuk mendownload halaman.

Perlu diperhatikan, peserta harus mengakses situs kemenkeu.go.id terlebih dahulu dan mencari kanal khusus pengumuman lolos seleksi administrasi.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom