SOLOPOS.COM - Ilustrasi seleksi CPNS (JIBI/Dok.)

Solopos.com, JAKARTA – Portal pendaftaran CPNS 2014 mulai tanggal 24 Agustus. Sejumlah instansi telah membuka pendaftaran CPNS. KemenPAN-RB menghimbau masyarakat untuk segera menentukan pilihan, karena pendaftaran hanya berlangsung selama dua pekan.

Waktu pendaftaran yang semula dimulai tangal 20 Agustus berubah menjadi tanggal 24 Agustus 2014, sampai tanggal 7 September 2014, atau selama dua minggu. (Baca Juga: Catat! Peserta Boleh Daftar 3 Formasi CPNS di 1 Instansi Saja)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Namun bagi instansi lain, khususnya pemda yang baru membuka pendaftaran  di tanggal dua puluh empat Agustus, waktu pendaftaran juga tetap dua minggu,” demikian dikatakan Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Herman Suryatman dalam situs menpan.go.id seperti dikutip Solopos.com, Rabu (27/8/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

“Sejak tanggal 24 Agustus sore, portal nasional panselnas sudah mulai efektif untuk pendaftaran seleksi CPNS,” imbuhnya. (Baca Juga: Formulir Pendaftaran CPNS Sudah Bisa Diakses, Begini Penampakannya)

Hal senada juga disampaikan akun twitter @panselnas. “Untuk pendaftaran itu 2 minggu waktunya. jadi yang buka tanggal 24 aug ya tutup tgl 7 Sept. yg buka 26 aug ya tutup 9 sept & bgtu seterusnya,” tulis @panselnas dalam akunnya.

Dengan demikian para calon pelamar CPNS dapat mengamati lebih cermat lagi, dalam memilih jabatan yang akan dilamar agar sebelum melakukan pendaftaran benar-benar sesuai dengan kompetensi dan minat masing-masing.

Dilaporkan KemenPAN-RB bahwa pengunjung situs panselnas.menpan.go.id hingga hari ketiga pendaftaran ini membeludak. Seperti dituliskan bahwa setiap satu jam, portal resmi pendaftaran CPNS tersebut dikunjungi 208.000 orang per jam, atau mendekati 5 juta pengunjung setiap hari.

Herman juga mengharapkan agar masyarakat berhati-hati dalam menyikapi berbagai informasi yang beredar, terutama dari media online/media sosial karena ada diantaranya yang memanfaatkan situasi ini menjadi peluang bisnis. (Baca Juga: 4 Instansi Ini Sudah Terima 60.000 Pendaftar CPNS)

Ia juga menegaskan bahwa dalam pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2014 ini, Panselnas menggunakan  dua situs resmi yakni website Kementerian PANRB, BKN. Semua informasi terkait dengan Panselnas CPNS 2014, hanya melalui kedua situs milik pemerintah tersebut.

Namun sekali lagi pihak kemenpan menegaskan bahwa simulasi CAT online website resmi Kementerian PANRB menpan.go.id ataupun website resmi BKN bkn.go.id. seperti halnya bimbingan tes, yang dapat diakses secara nasional secara gratis.

Masyarakat diimbau untuk memanfaatkan portal alternatif untuk melihat rincian formasi di formasi2.menpan.go.id dan di formasi3.menpan.go.id. Dengan adanya pembagian ini, diharapkan portal panselnas.menpan.go.id hanya difokuskan untuk pendaftaran saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya