SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes CPNS (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) baru saja menggelar simulasi computer assisted test (CAT) untuk ujian calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Simulasi ini dalam rangka mengenalkan program CAT pada masyarakat yang berminat untuk daftar CPNS 2014 ini.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Kepala BKD DIY, R Agus Supriyanto mengatakan saat simulai terdapat 886 orang yang mendaftar. Karena keterbatasan tempat, BKD akhirnya membatasi 600 peserta yang bisa ikut dalam simulasi CAT CPNS yang digelar di Kampus 1 Universitas Teknologi Yogyakarta, Kamis (14/8/2014).

“Hasil simulasinya cukup bagus. Semua berjalan dengan lancar. Baik peserta dan alat yang kami gunakan bisa berjalan dengan baik tanpa ada halangan,” jelas Agus saat ditemui di Kantornya, Senin (1/9/2014).

Pada saat itu, lanjut Agus, waktu pelaksanaan simulasi dibagi menjadi enam sesi, dimulai pukul 11.30 dengan jumlah peserta 100 orang per sesi. Peserta dalam satu sesi diberi waktu sebanyak 20 menit untuk mengerjakan 20 soal.

“Soal ini diambil secara acak dari bank soal sehingga soal yang dikerjakan oleh peserta dapat berbeda dengan peserta lainnya. Materi soal terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Karekteristik Pribadi yang dibuat semirip mungkin dengan Tes Seleksi Penerimaan CPNS/ASN,” jelas Agus.

Dengan simulai sini Agus mengaku siap untuk bisa menjalankan program seleksi CPNS 2014 ini. Dia mengatakan sudah menyiapkan kerja sama dengan untuk penyediaan perangkat komputer yang akan digunakan sebagai ujian.

“Untuk realisasinya nanti kami akan menyediakan 400 unit komputer yang bisa dipakai peserta CPNS. Dalam satu hari akan kami bagi menjadi lima sesi. Jadi satu hari bisa menyeleksi 2.000 peserta CPNS,” jelas Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya