SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tes CPNS (JIBI/DOK))

Solopos.com, JAKARTA–Menteri PAN-RB telah menetapkan rincian formasi sekitar 250 instansi pusat dan daerah. Jumlah ini sudah mencapai 50% dari keseluruhan instansi yang mengajukan formasi CPNS.

Bagi yang masih dalam proses ditegaskan untuk menyusun pemetaan jabatan terlebih dahulu sebelum mengajukan formasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir laman menpan.go.id, Kamis (14/8/2014), Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN_RB, Setiawan Wangsaatmadja menegaskan pentingnya pemetaan jabatan yang harus dilakukan oleh setiap instansi pemerintah baik pusat maupun daerah, sebelum mengajukan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). (Baca Juga: Perhatian! Seleksi CPNS 2014 Gratis!)

Pemetaan jabatan merupakan bagian dari tindak lanjut perencanaan jabatan, diikuti dengan penetapan standar-standar jabatan dan sinkronisasi kebutuhan. “Hal ini merupakan milestone yang sudah diterapkan oleh semua instansi tanpa terkecuali,” ujar Deputi Setiawan Wangsaatmadja dalam rapat persiapan penyusunan formasi CPNS IPDN di Kemendagri tahun 2014, Selasa (12/08).

Dikatakan, sebelum diajukan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), transisi tersebut harus dicermati betul, ungkapnya, karena aparatur wajib melaksanakan lex specialis namun juga harus tunduk pada Undang-Undang Kepegawaian yang merupakan lex generalis.

Dengan begitu, lulusan-lulusan praja IPDN akan ketahuan standar kompetensinya dan menduduki formasi kemana saja setelah lulus. (Baca Juga: Ini 36 Instansi di Jateng-DIY Rekrut CPNS 2014)

Ditambahkan, percepatan untuk formasi CPNS IPDN di Kemendagri akan disinkronisasikan dengan Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN)  yang memuat open career system termasuk open recruitment.

“Pola karir juga harus dibenahi, dilihat jenjangnya seperti apa karena formasi saat ini sudah over dari kuota dan perlu dibicarakan dengan kementerian keuangan,” imbuhnya.

Tahun ini ada 510 instansi pusat yang mendapatkan formasi CPNS. Namun, 10 instansi kemudian mengundurkan diri sehingga total instansi penyelenggara seleksi CPNS 2014 tinggal 500. Terdiri dari 429 instansi daerah dan 71 instansi pusat.

“Penetapan rincian formasi ini akan berlangsung sampai 18 Agustus. Tapi saya usahan cepat biar tidak menggangu jadwal yang sudah ditetapkan Panselnas,” tuturnya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar, telah menetapkan rincian formasi 250 instansi pusat dan daerah.

Pemerintah telah mengintruksikan seluruh instansi yang membuka pendaftaran CPNS 2014 untuk mengumumkan lowongan CPNS pada 18-29 Agustus 2014. Secara keseluruhan pengumuman akan dilakukan secara terpadu di panselnas.menpan.go.id atau sscn.bkn.go.id. (Baca Juga: 18-29 Agustus, Pendaftaran CPNS Wajib Diumumkan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya