SOLOPOS.COM - Ilustrasi peluang CPNS. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Solopos.com, SOLO – Pendaftaran seleksi CPNS 2014 telah dibuka hampir tiga pekan. Sejumlah instansi tercatat telah menerima pendaftar hingga hitungan puluhan ribu orang. Kemenkeu jadi yang paling laris dengan 70.000 lebih pendaftar.

Tim Audit IT BPPT, Zaenul Anwar Effendi mengungkapkan Kementerian Keuangan hingga Jumat (29/8/2014), telah menerima 70.000 lebih pendaftar. Meski belum dikalkulasi, Zaenul memperdiksi hari ini jumlah pendaftar meningkat hingga dua kali lipat. (Baca Juga: Ini Kumpulan Situs-Situs Penting CPNS 2014)

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Selain itu, dua instansi lain yang menjadi incaran para pendaftar CPNS 2014 adalah Badan Koordinasi Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakorkamla) dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Ekspedisi Mudik 2024

Zaenul menuturkan jumlah pendaftar yang terlalu tinggi sebenarnya dapat merepotkan instansi penerima. Pasalnya, seluruh pelamar yang telah mendaftarkan diri wajib diproses untuk kemudian diikutkan ke dalam seleksi administrasi.

“Semakin banyak pelamar, semakin banyak juga peralatan dan infrastruktur yang harus disiapkan masing-masing instansi,” paparnya seperti dikutip Solopos.com dari Liputan6.com, Rabu (3/9/2014). (Baca Juga: Situs Panselnas CPNS Sulit Dibuka? Coba Kunjungi pada Jam-Jam Ini)

Sejauh ini, Zaenul mengungkapkan telah ada 99 instansi termasuk pemerintah daerah yang sudah membuka akses pendaftarannya. Sementara jumlah pendaftar seleksi CPNS 2014 telah menembus jumlah 500.000 pelamar.

Jumlah ini masih bersifat sementara. Beberapa instansi yang melakukan perekrutan besar-besaran belum membuka pendaftaran. Seperti diketahui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) jadi dua kementerian dengan jumlah penerimaan CPNS terbesar.

Dari keseluruhan instansi pusat, Kemenkeu jadi yang paling banyak mendapat jatah. Kemenkeu melakukan penerimaan 9.000 CPNS. (Baca Juga: Hore! Kemenkeu Bakal Rekrut 9.000 CPNS).

Selanjutnya, Kemendikbud dengan kuota 5.500 CPNS jadi yang paling banyak kedua. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan 2.285 CPNS dan Kementerian Agama (Kemenag) dengan 2.096. Terbanyak kelima jadi milik Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM) dengan 1.000 CPNS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya