SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes tulis CPNS (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO – Jika Kemenkeu jadi salah satu instansi dengan pendaftar terbanyak dalam pembukaan pendaftaran CPNS 2014 maka, Kabupaten Halmahera jadi instansi paling sedikit mendapati pelamar.

Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melalui laman menpan.go.id, Senin (8/9/2014), mengonfirmasi pendaftar yang telah memperoleh akun telah mencapai 829.000 lebih. Jumlah ini untuk pelamar pada 170 instansi.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Dari jumlah ini, diperkirakan ratusan ribu di antaranya mendaftar di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang membuka lowongan CPNS 2014 untuk 9.000 orang. Beberapa pekan lalu Panselnas sempat menyebut Kemenkeu memang jadi instansi paling diminati.

Tim Audit IT BPPT, Zaenul Anwar Effendi mengungkapkan Kementerian Keuangan hingga Jumat (29/8/2014), telah menerima 70.000 lebih pendaftar. Meski belum dikalkulasi, Zaenul memperdiksi hari ini jumlah pendaftar meningkat hingga dua kali lipat. (Baca Juga: Ini Kumpulan Situs-Situs Penting CPNS 2014)

Selain itu, dua instansi lain yang menjadi incaran para pendaftar CPNS 2014 adalah Badan Koordinasi Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakorkamla) dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Belakangan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) merangkum tiga instansi dengan jumlah pendaftar terendah. Bahkan dua di antara instansi tersebut hanya menerima kurang dari 10 pendaftar.

“Instansi dengan jumlah pelamar terendah yaitu Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan yang baru menerima lima pendaftar, Kabupaten Halmahera Barat dengan tujuh pelamar, dan Kabupaten Bolaang Mongondow 12 pendaftar,” ungkap Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) KemenPAN-RB Herman Suryatman seperti dikutip Solopos.com dari Liputan6.com, Selasa (9/9/2014).

Dia juga mengungkapkan jumlah total pelamar seleksi CPNS 2014 telah mencapai 980.058 orang hingga saat ini. Sejauh ini, Kementerian Keuangan merupakan instansi paling diburu pada pelamar dengan jumlah pendaftar yang telah mencapai 134.688 orang.

Selain Kementerian Keuangan, Badan Narkotika Nasional (BNN) juga menerima pendaftar dalam jumlah besar sebanyak 65.206 orang. Sementara Kementerian Kesehatan yang baru membuka formasi pekan lalu langsung diserbut 35.637 pendaftar.

Herman mengatakan, masa pendaftaran diperkirakan selesai secara bertahap hingga akhir September atau awal Oktober. Sementara masa pelaksanaan tes CPNS 2014 juga akan mulai dilakukan secara bertahap pada kurun waktu yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya