SOLOPOS.COM - Ilustrasi seleksi CPNS (JIBI/Dok.)

Solopos.com, SOLO – Sekretariat Kabinet (Setkab) merilis perekrutan CPNS di Kementerian Luar Negeri (Kemlu). Instansi ini mematok pendaftaran 1-15 September dengan jatah 150 untuk dididik menjadi calon diplomat.

“Kementerian Luar Negeri membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik Indonesia untuk mengabdikan diri  bekerja sebagai Pegawai Negara Sipil guna dididik menjadi calon-calon Diplomat dan Bendahara dan Penata Kerumahtanggaan (BPKRT) yang akan bertugas di Kemlu pusat dan perwakilan RI di luar negeri,” demikian diumumkan Setkab.go.id dikutip Solopos.com, Kamis (4/9/2014). (Baca Juga: Pendaftaran CPNS di regpanselnas.menpan.go.id, Perhatikan Cara Pengisiannya!)

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Dalam perekrutan ini, Kemenlu akan mengalokasikan sebanyak 150 lowongan untuk calon diplomat dan 25 Bendaharawan dan Penata Kerumahtanggaan Perwakilan (BPKRT).

”Persyaratan bagi pelamar Pejabat Diplomatik dan Konsuler (PDK) adalah antara lain lulusan sarjana S-1, Master/Magister (S-2) atau Doktor (S-3) dari jurusan Ilmu Sosial, Ilmu Hukum, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Pengetahuan Budaya/Sastra (Arab, Cina, Inggris, Jepang, Jerman, Korea, Perancis, Rusia),” ungkap Setkab dalam keterangan tertulisnya. . (Baca Juga: Inilah 5 Kementerian yang Buka Formasi CPNS Terbanyak)

Ketua Panitia Seleksi CPNS 2014 sekaligus Sekjen Kemlu, Y.Kristiarto S. Legowo menjamin, sebagaimana pelaksanaan seleksi pada tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan seleksi tahun 2014 ini juga akan dilaksanakan secara transparan serta bebas dari korupsi kolusi dan nepotisme (KKN).

“Kami akan berupaya agar setiap tahapan seleksi akan dilaksanakan untuk memastikan bahwa setiap CPNS yang direkrut sesuai dengan kebutuhan Kemlu dan misi PerwakilanRI di luar negeri,” katanya. (Baca Juga: Ini Alur Pendaftaran CPNS dari panselnas.menpan.go.id hingga sscn.bkn.go.id)

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan pelamar, sebagaimana dikutip dari e-cpns.kemlu.go.id, Kamis;

  • Pelamar merupakan lulusan dari perguruan tinggi negeri, swasta atau luar negeri yang terakreditasi.
  • Sementara, persyaratan bagi pelamar Pengadministrasi Keuangan Pengadministrasi Anggaran adalah lulusan D-III di bidang Akuntansi,
  • Manajemen, Administrasi Negara dan Administrasi Niaga dari perguruan tinggi
  • yang terakreditasi.
  • Persyaratan lengkap dapat dilihat di situs http://e-cpns.kemlu.go.id/
  • Pelamar yang memenuhi persyaratan, diharuskan melakukan registrasi online http://panselnas.menpan.go.id/
  • Setelah itu pelamar diwajibkan untuk melakukan registrasi online pada situs http://e-cpns.kemlu.go.id/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya