SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes CPNS (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA – Panitia seleksi nasional (Panselnas) CPNS 2014 telah membuka pendaftaran Rabu (20/8/2014) melalui situs panselnas.menpan.go.id. Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mengumumkan akan menerima 13 formasi CPNS 2014 dengan kuota 150 orang.

Sembilan instansi paling awal mengumumkan  Badan Informasi Geospasial (BIG), Sekretariat Negara (Setneg), Kementerian Sosial (Kemsos), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Perdagangan (Kemendag), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Koordinasi Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakorkamla), Kementerian Kehutanan (Kemenhut), dan Kejaksaan RI.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

(Baca Juga: Hari Perdana, 9 Instansi Resmi Buka Pendaftaran CPNS 2014)

Ekspedisi Mudik 2024

Sedangkan hari ini, Sekretariat Kabinet melalui situs resminya mengumumkan penerimaan CPNS di BNP2TKI. Seperti dikutip Solopos.com dari laman setkab.go.id, Kamis (21/8/2014), Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi BNP2TKI, Rohyati Sarosa, selaku Ketua Panitia Pengadaan CPNS BNP2TKI dalam pengumuman tertanggal 18 Agustus 2014 menyebutkan sesuai dengan ketentuan dari Kementerian PAN-RB, BNP2TKI membuka lowongan penerimaan CPNS tahun 2014 sebanyak 150 lowongan, yang terdiri dari 13 formasi untuk berbagai macam kualifikasi pendidikan.

Para pelamar yang diterima nantinya selain akan ditempatkan di kantor pusat BNP2TKI, juga sebagian besar akan ditempatkan di kantor Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI), yaitu unit BNP2TKI di daerah, di sejumlah daerah di tanah air.

“Periode pendaftaran secara dilakukan online mulai tanggal 20 Agustus sampai 3 September 2014,” tulis Rohyati. (Baca Juga: Tanpa SKCK dan Kartu Kuning, Syarat CPNS Tahun Ini Lebih Sederhana)

Syarat utama pelamar di antaranya berusia minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun saat pendaftaran, tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/TNI/POLRI, dan tidak berkedudukan sebagai anggota dan/atau pengurus partai politik.

Berijazah, lulusan Perguruan Tinggi Negeri dengan IPK minimal 2,75 atau lulusan Perguruan Tinggi Swasta Akreditasi minimal “B” dengan  IPK minimal 3,00 (dalam skala 4,00)  atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat pengesahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

BNP2TKI meminta calon peserta untuk memantau www.bnp2tki.go.id atau http://panselnas.menpan.go.id demi mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

“Syarat pelamar CPNS BNP2TKI yakni D3 dan S1 untuk ditempatkan baik di beberapa wilayah kerja BNP2TKI baik pusat maupun daerah” ujar Rohyati.

Rohyati mengingatkan, calon pelamar yang berminat wajib mengikuti proses pendaftaran melalui 2 tahap, yakni pendaftaran secara online dan pengiriman berkas via pos.

“Pelamar yang telah mendaftar secara online, wajib segera mengirimkan berkas lamaran beserta seluruh lampiran melalui PT Pos Indonesia ditujukan kepada: Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian BNP2TKI selaku Ketua Tim Pengadaan CPNS PO BOX 4267 JKTM 12700,” kata Rohyati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya