SOLOPOS.COM - Pengumuman Seleksi CPNS 2014 (menpan.go.id)

Solopos.com, SOLO – Larisnya berbagai informasi seputar CPNS sepertinya dimanfaatkan segelintir pihak untuk meraup untung. Salah satunya dengan membuka situs khusus informasi CPNS. Sayangnya, banyak situs tak bertanggung jawab menyebarkan informasi yang tak jelas.

Hal ini diungkap oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Dalam situs resminya, menpan.go.id seperti dikutip Solopos.com, Rabu (27/8/2014), KemenPAN-RB menyatakan calon peserta CPNS diminta untuk mengakses situs resmi pemerintah ada situs berita online yang tepercaya. (Baca Juga: Catat! Peserta Boleh Daftar 3 Formasi CPNS di 1 Instansi Saja)

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

KemenPAN-RB juga menyatakan peserta harus aktif menggali informasi dan membaca secara cermat setiap informasi yang beredar luas di Internet maupun jejaring sosial.

Kepala Biro Hukum Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN-RB, Herman Suryatman, menegaskan pengadaan CPNS tahun ini tidak dikenakan biaya. Jadi masyarakat diharapkan berhati-hati dalam menyikapi berbagai informasi yang beredar, terutama dari media online/media sosial karena ada di antaranya yang memanfaatkan situsasi ini menjadi peluang bisnis.

Dalam pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2014 ini, Panselnas menggunakan  dua situs resmi yakni website KementerianPAN-RB, BKN. “Untuk informasi terkait dengan Panselnas CPNS 2014, hanya melalui kedua situs milik pemerintah tersebut,” ujarnya di Jakarta, Selasa (26/8/2014). (Baca Juga: 4 Instansi Ini Sudah Terima 60.000 Pendaftar CPNS)

Terhadap berbagai informasi dari sejumlah media online/media sosial yang bermunculan dan mengaitkan namanya dengan CPNS, pihak Kementerian PANRB tidak bisa membatasi dan menganggapnya sebagai partisipasi publik.

“Namun kalau informasi itu keliru, di luar tanggung jawab kami. Demikian juga kalau pengelola situs itu memungut biaya, juga di luar tanggung jawab kami,” ujarnya.

Selain informasi mengenai pendaftaran seleksi CPNS, Kementerian PAN-RB dan BKN bersama media partner telah melaksanakan simulasi computer assisted test (CAT) online secara gratis. Tindakan tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat, agar masyarakat dapat mempersiapkan diri menghadapi tes CPNS dengan sistem CAT. (Baca Juga: Formulir Pendaftaran CPNS Sudah Bisa Diakses, Begini Penampakannya)

Sebelum hadirnya simulasi online di media resmi tersebut, sejumlah situs/media sosial juga melakukan simulasi CAT online. Umumnya, pengunjung situs tersebut harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu, kalau ingin mengerjakan soal. Bahkan ada juga yang menggabungkan menjadi satu paket dengan pendaftaran CPNS.

“Dalam hal ini, kembali lagi kepada yang bersangkutan, mau bayar atau tidak. Simulasi CAT online website resmi Kementerian,” sebut KemenPAN-RB.

Dikatakan menpan.go.id dan situs resmi BKN bkn.go.id, seperti halnya bimbingan tes, yang dapat diakses secara nasional secara gratis. “Simulasi maupun pelaksanaan tes seleksi CPNS tahun 2014 secara nasional sama sekali tidak dipungut biaya,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya