SOLOPOS.COM - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SURABAYA — Nama Tri Rismaharini sedang naik daun. Kendati telah lama melakukan gebrakan birokrasi yang mengagumkan warga, nama wali kota Surabaya itu baru belakangan hari ini dipuji-puji media massa. Pada musim penerimaan pegawai baru tahun anggaran 2013 ini, Kota Surabaya mendapatkan jatah 375 calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari kalangan umum.

Maka, kini terbuka kesempatan bagi mereka yang ingin bekerja bersama Bu Risma memajukan Kota Surabaya. Pendaftaran CPNS jalur umum di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya itu dibuka Senin-Selasa (16-24/9/2013). Nomor antreannya dapat diperoleh peminat melalui secara online melalui internet.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ke-375 posisi lowongan CPNS Kota Surabaya itu didominasi lowongan tenaga pendidikan yang jumlahnya 200. Selain itu ada pula lowongan bagi 100 tenaga kesehatan, dan 75 tenaga teknis. Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Surabaya Yayuk Eko Agustin, Jumat (13/9/2013), mengatakan dari 300 lowongan tenaga pengajar, kebutuhan didominasi guru sekolah dasar, mencapai 179 orang. Sisanya adalah guru untuk sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah kejuruan (SMK).

Di antara lowongan giri out, Yayuk menyebut kebutuhan guru bimbingan dan konseling (BK) sebagai hal mendesak yang perlu segera dipenuhi. Penambahan guru BK tersebut ada kaitannya dengan langkah antisipasi Pemkot Surabaya terhadap kenakalan remaja di lingkungan pelajar.

Peminat pengisian lowongan CPNS Kota Surabaya, menurut Yayuk bisa segera melakukan registrasi secara online dengan mengakses cpns2013.surabaya.go.id. “Di laman ini, pendaftar diminta mengisi form biodata. Setelah proses registrasi online selesai, muncul print out nomor antrean untuk penyerahan dan verifikasi berkas lamaran yang akan dilaksanakan di Gedung Wanita Kalibokor, Selasa-Sabtu (17-28/9/2013),” katanya.

Yayuk menjelaskan beberapa persyaratan umum yang wajib dilengkapi meliputi surat lamaran ditujukan kepada wali kota Surabaya, pas foto hitam-putih ukuran 3×4 dan 4×6 masing-masing 3 lembar, ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisasi, kartu pencari kerja (kartu kuning), serta surat keterangan sehat dari dokter/puskesmas.

Lebih lanjut mantan Kabag Perlengkapan Pemkot Surakaya itu mengatakan sistem tes kali ini menggunakan CAT (computer assisted test). Dengan demikian, peserta tes mengerjakan soal langsung di komputer yang telah disediakan. Untuk menghindari praktik curang, ID login baru diberikan saat peserta di depan komputer.

Nantinya, lanjut dia, peserta tes CPNS jalur umum dihadapkan pada 100 soal dengan jatah waktu 90 menit. Materi yang diujikan meliputi unsur pengetahuan umum, wawasan kebangsaan, dan karakteristik pribadi. “Soal waktu dan tempat tes masih dicari yang paling ideal. Gambarannya, ruangan yang mampu menampung 250 unit komputer. Sedangkan perkiraan waktunya antara 17 Oktober-15 November 2013,” kata Yayuk.

Untuk itu, Yayuk mengimbau seluruh masyarakat agar tidak mudah mempercayai oknum yang mengaku bisa meloloskan CPNS. Menurut dia, modus semacam itu biasanya marak saat ada seleksi penerimaan CPNS. “Pelaksanaan tes menjadi tanggung jawab Badan Kepegawaian Negara (BKN). Bahkan, soal dibuat oleh konsorsium 10 perguruan tinggi negeri. Semua (tes) juga tidak lagi menggunakan kertas melainkan komputer. Jadi, segala kecurangan nanti bisa berurusan dengan pihak kepolisian,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya