Lowongan Calon Ketum Hipmi Sragen: Biaya Pendaftaran Rp3 Juta

BPC Hipmi Sragen membuka pendaftaran calon ketum BPC Hipmi Sragen masa bakti 2022-2025, salah satu syaratnya biaya pendaftaran senilai Rp3 juta.

 Ketua demisioner Hipmi Sragen Giana Saputra (tengah) menyampaikan persyaratan pendaftaran balon ketum BPC Hipmi dalam jumpa pers di R.M. Suling Gading Sragen, Selasa (12/4/2022) malam. (Espos/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Ketua demisioner Hipmi Sragen Giana Saputra (tengah) menyampaikan persyaratan pendaftaran balon ketum BPC Hipmi dalam jumpa pers di R.M. Suling Gading Sragen, Selasa (12/4/2022) malam. (Espos/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sragen membuka pendaftaran calon ketua umum (Ketum) BPC Hipmi Sragen masa bakti 2022-2025 untuk pengusaha muda di Bumi Sukowati.

Ada delapan persyaratan yang harus dipenuhi bagi bakal calon (balon). Salah satunya membayar pendaftaran senilai Rp3 juta. Penjelasan itu diungkapkan Ketua Demisioner BPC Hipmi Sragen masa bakti 2018-2021, Giana Saputra, dalam jumpa pers yang digelar di Rumah Makan Suling Gading Sragen, Selasa (12/4/2022) malam.

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Dalam jumpa pers itu Giana didampingi Ketua steering committee (SC) Sunarno dan perwakilan dari organizing committee (OC). Pendaftaran dibuka mulai Selasa (12/4/2022) hingga 10 Juni 2022 mendatang. Giana menerangkan calon Ketua Umum BPC Hipmi Sragen akan dipilih secara demokrasi lewat mekanisme Musyawarah Cabang (Muscab) VI BPC Hipmi Sragen.

Baca Juga : Patut Dicontoh, Pengusaha Muda Sragen Berkomitmen Tak PHK Karyawan

Persyaratannya, yakni berusia 17-40 tahun terhitung hingga pelaksanaan Muscab BPC Hipmi Sragen dilaksanakan sesuai dengan AD/ART. Giana melanjutkan balon ketua umum memiliki usaha yang sudah berjalan minimal dua tahun yang dibuktikan dengan surat izin usaha yang berlaku dari dinas terkait.

“Melampirkan surat pencalonan yang ditujukan kepada SC danOC dan menandatangani surat pernyataan mematuhi norma. Fotokopi kartu tanda penduduk [KTP] dan kartu keluarga yang berlaku. Pas foto ukuran 3×4 sebanyak tiga lembar. Lalu curiculum vitae atau daftar riwayat hidup. Terakhir, melampirkan bukti pendaftaran senilai Rp3 juta yang disetorkan ke rekening bendahara,” jelas Giana.

Bila sampai batas akhir pendaftaran belum ada yang mendaftar maka pendaftaran diperpanjang maksimal dua pekan. Dia berharap ada pengusaha muda yang mendaftar sehingga pemilihan ketua umum BPC Hipmi tetap dilaksanakan secara demokratis bukan aklamasi.

Baca Juga : Selain Keranjang Mendong, Tugimin Juga Punya 24 Produk Lain

Himpi Terbuka

Ia mengungkapkan bahwa kader internal BPC Hipmi ada yang berminat, tetapi BPC Himpi juga membuka peluang bagi pengusaha muda di luar kepengurusan Hipmi untuk bergabung. Menurutnya Hipmi terbuka untuk siapa pun.

“Pendidikan tidak menjadi syarat. Dalam berusaha itu yang penting kreativitas dan keuletan. Dalam mekanisme pemilihan nanti ada anggota Hipmi sebanyak 64 orang dan utusan dari berbagai organisasi kewirausahaan yang sudah kami data sebanyak 74 orang,” ujar dia.

Saat pleno, lanjutnya, pemilihan tidak boleh ada unsur dari partai politik. Jadi total ada 138 orang yang memiliki hak suara. Dia menerangkan pemilihan secara demokratis ini merupakan terobosan baru di BPC Hipmi Sragen untuk bisa mengakomodasi pelaku usaha yang tergabung dalam organisasi kewirausahaan.

Baca Juga : Restorasi Ekonomi Ala Mas Bro

Dia berharap Hipmi menjadi motor penggerak perekonomian satu-satunya di Sragen sehingga harus berupaya menyatukan seluruh organisasi kewirausahaan di Sragen. “Pembukaan pendaftaran ini mekanisme baru yang sebelumnya belum ada di AD/ART. Hipmi bukan milik satu golongan tetapi semua. Sesuai slogan Hipmi, pejuang pengusaha dan pengusaha pejuang untuk kemajuan Sragen,” katanya.

Ketua SC Muscab VI BPC Hipmi Sragen, Sunarno, berharap Muscab bisa meriah dan demokratis. Dia mengatakan berminat jadi balon bila tidak dibatasi umur. Sunarno juga menyampaikan pengusaha diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat, terutama membantu mengurangi pengangguran.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pentas Wayang HUT Solopos di ISI Solo, Ki Anom Suroto Obati Kerinduan Penonton

      Pentas wayang memeriahkan HUT ke-25 Solopos Media Group di Pendapa ISI Solo mampu mengobati kerinduan penonton dengan kehadiran dalang Ki Anom Suroto, Minggu (25/9/2022).

      Ultah ke-25, Solopos Nanggap Wayang Ki Anom Suroto di ISI Solo

      Solopos Media Group menanggap wayang kulit dengan menampilkan dalang kondang Ki Anom Suroto dengan lakon Amarta Binangun, Minggu (25/9/2022) di ISI Solo pada rangkaian acara HUT ke-25 Solopos.

      Hindari Macet di Jurug, Naik KRL Commuterline Palur-Solo hanya 10 Menit

      Warga disarankan memanfaatkan layanan Commuterline KRL Solo-Jogja yang sudah beroperasi sampai Stasiun Palur untuk hindari macet di kawasan Jurug akibat penutupan dua jembatan.

      Kapolda Jateng Sebut Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo Diduga karena Kelalaian

      Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menyebut ledakan di Asrama Brimob Arumbara di Desa Telukan, Grogol, Sukoharjo, Minggu (25/9/2022) petang, akibat kelalaian.

      Hore! Yaspim Darussalam Resmikan Rumah Qur’an di Jimbung Klaten

      Yayasan Peduli Anak Yatim (Yaspim) Darussalam meresmikan Rumah Qur’an yang berlokasi di Dukuh Peren, Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Minggu (25/9/2022).

      Warga Tercebur Sumur di Klaten Selamat, Netizen: Terima Kasih Orang Baik!

      Evakuasi warga Desa Mayungan, Kecamatan Ngawen yang tercebur sumur, Minggu (25/9/2022) pukul 14.40 WIB berlangsung lancar.

      Rumah di Gesi Sragen Terbakar Saat Ditinggal Kondangan, Kerugian Rp120 Juta

      Kebakaran di rumah Nur Solihin, 52, warga Dukuh Grengseng Poleng, RT 004, Desa Gesi, Kecamatan Gesi, Kabupaten Sragen, Minggu (25/9/2022), menyebabkan kerugian materiel mencapai Rp120 juta.

      Ditabrak Mobil di Jl. Solo-Jogja, Bocah Asal Tegalgondo Klaten Meninggal Dunia

      Kecelakaan lalu lintas melibatkan sepeda kayuh dan mobil terjadi di ruas jalan raya Solo-Jogja, Desa Wadunggetas, Kecamatan Wonosari, Minggu (25/9/2022) siang.

      Kronologi Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo, Jendela Rumah sampai Bergetar

      Ledakan di Asrama Brimob Arumbara di Desa Telukan, Grogol, Sukoharjo, Minggu (25/9/2022) petang, cukup keras hingga mengakibatkan jendela rumah bergetar.

      Bum! Ada Ledakan di Asrama Brimob Telukan Grogol Sukoharjo, 1 Polisi Terluka

      Satu orang terluka akibat ledakan di Asrama Brimob Arumbara di Desa Telukan, Grogol, Sukoharjo, Minggu (25/9/2022) petang.

      Tanah Tiba-Tiba Ambles, Warga Mayungan Klaten Terperosok ke Dasar Sumur

      Sukisno, 79, warga Desa Mayungan, Kecamatan Ngawen berhasil diselamatkan tim gabungan setelah tercebur sumur sedalam 13 meter, Minggu (25/9/2022).

      Menelisik Rantai Bisnis Perdagangan Anjing di Solo sampai Jadi Rica-Rica Gukguk

      Rantai bisnis perdagangan anjing di Kota Solo, mulai dari pengiriman sampai menjadi rica-rica gukguk yang tersaji di meja warung, berlangsung senyap dan cepat.

      Munculnya Hutan Kamboja di Klaten Ternyata Berawal dari Ketidaksengajaan

      Kabupaten Klaten dinilai banyak menyimpan wisata hits di kalangan anak muda.

      Rumah Warga Gesi Sragen Ludes Terbakar Saat Ditinggal Kondangan

      Rumah milik Nur Solihin, 52, warga Dukuh Grengseng Poleng, RT 004, Desa Gesi, Kecamatan Gesi, Kabupaten Sragen, ludes terbakar saat ditinggal kondangan pada Minggu (25/9/2022).

      Harga Cabai dan Telur Turun, Pasar Tradisional di Klaten Malah Sepi Pembeli

      Harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar darurat Pasar Gede Klaten relatif stabil dan ada yang turun.