SOLOPOS.COM - Foto : Lia

Foto : Lia

SOLO—Lotis bukanlah makanan yang asing bagi kita, khususnya para wanita. Makanan yang terdiri dari berbagai macam buah ini, sangat baik bagi kesehatan, dan sangat lezat dinikmati, saat matahari bersinar terik. Penjual lotis sudah banyak bertebaran, termasuk penjaja keliling. Namun siapa sangka makanan ini dapat menjadi peluang usaha baru, yang menjanjikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasar kecintaannya pada buah-buahan, Debi Kusuma melihat peluang usaha dari Lotis. Debi menjelaskan, kebanyakan wanita menginginkan makanan favorit mereka, didapatkan dengan mudah, tanpa perlu menunggu penjual lotis lewat.

Oleh karena itu, Debi membuka usaha Lotis Bule, dengan memberikan layanan antar bagi para pelanggannya. Calon pembeli dapat mengirimkan pesan malalui SMS (Short Message Service), maupun pesan BlackBerry Messenger (BBM). Nama Lotis Bule sendiri diambil dari saus mayonaise, yang merupakan varian rasa dari produk lotis Debi.

Usaha yang dirintis belum lama ini, telah mendapatkan antusias dari pembeli. Penggunaan saos mayonnaise sebagai pilihan saus paba lotis, menjadi daya tarik tersendiri. Menurut Debi, kebanyakan pelanggannya adalah wanita pekerja kantoran. Tak sedikit juga para ibu hamil yang ngidam, membeli lotis Debi.

Selain itu, lotis yang terdiri dari beraneka buah segar, merupakan menu favorit para wanita yang ingin berdiet, untuk menurunkan berat badan. Apalagi Debi juga membubuhkan madu, pada produknya, sehingga membuat lotis aneka buah tersebut, makin kaya gizi.

Agar pelanggan tidak bosan, Debi membuat variasi lotis, dan mamastikan kesegaran buahnya. Menurut wanita muda ini, bahan baku diperolehnya dari sjeumlah pasar di kota Solo. Untuk jenis buah tertentu, seperti buah impor, Debi membelinya daru supermarket di Solo. Pengemasan Lotis ini juga sangat higienis, dan praktis untuk dibawa serta dimakan, sehingga tidak merepotkan pembelinya.

Hingga saat ini, Debi telah mempekerjakan 3 orang, untuk memproduksi Lotis Bule. Ketiga orang ini, harus memenuhi pesanan, yang setiap harinya mencapai lebih dari 50 bungkus. Satu orang pegawai debi, akan membuat lotis, sedangkan 2 lainnya bertugas mengantarkan pesanan.

Variasi

Bagi Debi layanan bagi pelanggan adalah hal utama. Untuk itu dia tidak memungut ongkos kirim, bagi produk lotisnya. Lotis Bule ini melayanani pesanan di seluruh penjuru kota. Untuk wilayah Sokoharjo, Debi membatasi pengantaran hingga Sukoharjo Kota dan Palur.

Sedangkan, untuk wilayah Karanganyar, Debi melayani pemesanan hingga Colomadu, Kartasura bahkan hingga ke wilayah Karanganyar. Debi juga memastikan pelanggannya mendapatkan pesanan yang tepat, dan pegawainya memberikan pelayanan yang ramah. Menurutnya, loyalitas pelanggan sangatlah penting, dalam mengembangkan usahanya.

Harga Lotis Bule yang ditawarkan Debi, bervariasi dari 7 ribu rupiah, hingga 10 ribu rupiah per bungkus. Debi juga akan menawarkan menu baru, yaitu Rujak Londo, dengan harga 8 ribu rupiah per bungkus. Jenis buah pada produk lotis milik Debi, juga berganti seiring dengan musim.

Dengan cara ini, pelanggan tidak akan bosan, dengan jenis buah yang itu itu saja. Lotis ini tidak hanya terdiri dari buah belimbing dan juga bengkoang, namun Debi juga menambahkan aneka buah impor, seperti kiwi, strawberry hingga buah naga.  [lia]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya