SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Timnas Honduras telah melampaui ekspektasi mereka dengan melangkah ke putaran final Piala Dunia 2010. Apa pun yang akan mereka dapatkan selanjutnya di Afrika Selatan, semuanya menjadi sebuah bonus menyenangkan bagi Honduras.

Honduras berhutang pada Amerika Serikat atas kesuksesan mereka terkualifikasi dari Zona Concacaf. Hasil imbang Amerika Serikat saat menghadapi Kosta Rika di laga terakhir kualifikasi, meloloskan Amado Guevara dkk melewati rival terdekat mereka tersebut untuk merebut tiket ke putaran final Afrika Selatan 2010.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kesuksesan ini mengakhiri penantian panjang 28 tahun untuk tampil kali kedua di putaran final turnamen sepak bola terakbar di dunia. Kali terakhir Honduras tampil di putaran final Piala Dunia terjadi pada tahun 1982 di Spanyol.

Setelah melewati rintangan kualifikasi, kini tantangan berat telah menanti mereka. Akan menjadi tugas luar biasa berat bagi pasukan Reinaldo Rueda bersaing dengan Spanyol, Cile dan Swiss di Grup H, untuk mengejar bonus lolos ke babak kedua.

Namun Rueda mawas diri dengan kekuatan pasukannya. “Tantangan terberat kami adalah lolos dari penyisihan grup. Jika dilihat dari sisi realistis mengenai kapasitas tim ini, kami menghadapi satu kenyataan bahwa kami mungkin akan terdepak,” ujar sang pelatih asal Kolumbia, Reinaldo Rueda.

“Namun di situ ada impian memainkan semuanya di lapangan dan semua hal mungkin terjadi di sepak bola,” imbuh dia. Menyadari kekuatan tim yang biasa-biasa saja, Honduras pun tak ingin mematok target tinggi di Afrika Selatan 2010.

Skuat Los Catrachos, julukan Honduras, dihuni pemain dengan fisik kuat dan memiliki keahlian mengolah si kulit bundar. Honduras memiliki striker subur seperti Carlos Pavon dan Wilson Palacios yang menjadi kreator serangan andal. Namun sayangnya mereka sangat mudah kehilangan ritme pemainan saat menghadapi tim yang lebih kuat dan disiplin.

“Kami tengah berada dalam proses, kami melewati perjalanan panjang dan kami menerima sesuatu yang penting, namun masih ada banyak hal perlu dilakukan,” sebut Rueda.
Meski tak memasang target muluk-muluk, sang kapten tim, Guevara optimistis tim nasionalnya mampu memberi perlawanan terbaik mereka menghadapi tim kuat seperti Spanyol yang akan menjadi lawan pertama Honduras di penyisihan grup.

“Di lapangan, kami akan bermain 11 lawan 11 dan tim ini telah melakukan sesuatu yang lebih baik. Saya memiliki keyakinan besar pada skuat ini,” sebut Guevara.

anh/Rtr

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya