Los Angeles, Pelabuhan Baru Ibrahimovic
Zlatan Ibrahimovic (Reuters / Darren Staples)

Zlatan Ibrahimovic resmi meninggalkan Manchester United.

Solopos.com, MANCHESTERHe is hard to ignore (Dia sulit untuk mengabaikan). Begitulah judul headline di sampul koran Los Angeles Times edisi Jumat (23/3/2018) kemarin. Bersamaan dengan tulisan itu, foto Zlatan Ibrahimovic terpampang dengan mengenakan kostum Los Angles (LA) Galaxy.

Ibrahimovic memang baru saja mengakhiri petualangannya di Liga Premier Inggris. Pemain asal Swedia tersebut memutuskan meninggalkan skuat Manchester United untuk bergabung dengan LA Galaxy di Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat.

Musim lalu, Ibra, sapaan Ibrahimovic, merupakan ruh serangan Setan Merah, julukan United. Dia menjadi top scorer klub dengan mencetak 29 gol dan 10 assist yang membantu United meraih trofi Liga Europa, Piala Liga, dan Community Shield. Namun, cedera parah yang dideritanya tahun lalu memaksa Ibra harus menepi beberapa bulan dan gagal kembali masuk skuat utama tim polesan Jose Mourinho.

Meski demikian, cedera tidak lantas membunuh karier Ibra. Dia memutuskan untuk meneruskan petualangannya ke Benua Amerika bersama LA Galaxy. Klub yang pernah diperkuat David Beckham tersebut mengingkat Ibra dalam kontrak berdurasi setahun.

“Ibrahimovic merupakan pemain bertalenta besar dan dengan ego yang besar, akan membuatnya semakin sempurna untuk Los Angeles,” tulis LA Times.

Sebelum ke Negeri Paman Sam, Ibra sangat kenyang pengalaman di sepak bola Eropa. Enam negara pernah dijajakinya. Setelah meninggalkan kampung halamannya di Swedia bersama Malmo, Ibra memperkuat tim Belanda, Ajax Amsterdam. Dia berkostum tim-tim Italia, mulai dari Juventus, Inter Milan, dan AC Milan. Di Spanyol, Ibra membela Barcelona. Dia memperkuat Paris Saint Germain sebelum pindah ke Inggris bersama United musim panas 2016.

Sambutan hangat pun diberikan publik LA kepada superstar yang dikenal dengan gol-gol akrobatiknya tersebut. Pria berusia 36 tahun itu pun senang bisa berlabuh ke LA sebelum memasuki masa-masa pensiunnya.

“Setelah memenangi 33 trofi di Eropa, bermain dengan tim terbaik di dunia, bermain dengan para pemain terbaik di dunia, saya ingin datang ke Amerika Serikat, dan bermain di sana. Saya ingin orang-orang menikmati permainanku dan menang, dan saya memilih Galaxy,” ujarnya kepada LA Times, seperti dilansir Dailymail.co.uk, Jumat (23/3/2018).

Ibra meneruskan “tradisi” beberapa pemain uzur Eropa yang melanjutkan karier di MLS. Sebelumnya, David Beckham, Steven Gerrard, Andrea Pirlo, dan Frank Lampard juga memilih MLS sebagai pelabuhan terakhir mereka sebelum pensiun.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho