SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Lontong Gladak

Namanya saja lontong Cap Go Meh, bahan utamanya adalah lontong. Bahan makanannya adalah beras yang direbus dengan dibungkus daun pisang. Butuh waktu beberapa jam untuk memasaknya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jika ingin mendapatkan lontong Cap Go Meh yang lezat, tidak hanya butuh kuah yang nikmat atau tambahan bubuk kedelai dan lainnya. Lontong yang enak pun ikut menentukan cita rasa. Tekstur lontong yang lembut bisa membuat seseorang semakin semangat melahap tandas lontong Cap Go Meh.

Pengelola Warung Lontong Opor Gladag, Soegijarto, menuturkan pihaknya berusaha menyajikan lontong yang bagus. “Beras yang kami pakai benar-benar beras yang bagus. Kami tidak memakai beras jatah yang kualitasnya kurang bagus,” ujar Soegijarto saat ditemui Espos di warungnya di Jl Abdul Muis No 5, Setabelan, Solo, Selasa (19/2).

Ibu Soegijarto, Ny Hardiyanto, 75, menambahkan daun pisang untuk membuat lontong pun harus yang bagus. Dia menyebutkan daun pisang harus dipesan terlebih dahulu kepada penjual langganannya di Pasar Gede. Apabila tidak pesan, yang didapat daun pisang berukuran kecil dan kurang bagus.

“Akan lebih bagus kalau pakai daun pisang kluthuk. Pisangnya memang tidak enak tapi daunnya bagus untuk membuat lontong. Warna lontongnya bisa hijau bagus. Sekarang daun pisang kluthuk semakin jarang dan susah nyarinya,” imbuh Soegijarto.

Di Warung Lontong Opor Gladag, lontong saja seharga Rp6.500-Rp7.000/biji tergantung ukurannya.

Pemilik Warung Lontong Cap Go Meh, Liem Yoe Gie, 59, mengemukakan pihaknya memesan lontong di tempat yang tepercaya dan berkualitas bagus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya