Lonjakan Penumpang, KAI Semarang Operasikan KA Tawang Jaya Premium
Ilustrasi KA Tawang Jaya Premium. (Semarangpos.com-Humas PT KAI Daops IV)

Solopos.com, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) IV Semarang menambah satu lagi perjalanan kereta api jarak jauh pada masa libur panjang pekan ini.

KA jarak jauh yang disediakan guna memenuhi lonjakan penumpang itu yakni KA Tawang Jaya Premium relasi Semarang Tawang-Pasar Senen Jakarta pulang-pergi.

Pengoperasian KA Tawang Jaya Premium ini pun menambah jumlah perjalanan KA jarak jauh di wilayah PT KAI Daops IV Semarang saat libur long weekend. Sebelumnya, PT KAI Daops IV Semarang juga telah menambah jumlah perjalanan KA jarak jauh dari KA Menoreh dan KA Argo Muria.

Long Weekend Di Rumah, Ini Rekomendasi Kegiatan Seru Buat Kamu

“Jadi total KA jarak jauh yang melintas di wilayah PT KAI Daops IV sebanyak 33 perjalanan,” tutur Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Krisbiyantoro, Kamis (29/10/2020).

Pria yang karib disapa Kris itu mengatakan penambahan KA ini pun disambut antusias para konsumen. Terbukti, okupansi salah satu KA, yakni KA Argo Muria telah mencapai 92%.

“Jumlah ini akan terus bertambah karena penjualan tiket masih berlangsung. Kami harap masyarakat yang ingin menggunakan KA segera memesan tiket dan menjaga protokol kesehatan,” imbuh Kris.

Kris menambahkan selama momen libur panjang ini, jumlah peserta rapid test di stasiun milik PT KAI Daops IV Semarang juga mengalami peningkatan.

Bantuan Sosial Tunai Akan Diperpanjang Hingga Juni 2021, Ini Besarannya

Rapid Test

Data yang diterima Solopos.com, jumlah peserta rapid test di stasiun milik PT KAI Daops IV mengalami kenaikan sekitar 43% dalam sepekan terakhir. Jika pada periode 16-21 Oktober jumlah rapid test berkisar 1.047 orang, maka jumlah itu naik menjadi 1.502 orang pada 22-27 Oktober.

Kris mengatakan rapid test digunakan sebagai syarat bagi penumpang dalam menggunakan jasa layanan kereta api.

“Penyediaan layanan rapid test di stasiun itu bertujuan untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait syarat perjalanan dengan kereta api,” ujar Krisbiyantoro.

Pria yang akrab disapa Kris itu mengatakan layanan rapid test di wilayah PT KAI Daops IV Semarang digelar di Stasiun Tawang Semarang dan Stasiun Tegal. Namun, selain dua stasiun itu klinik kesehatan di beberapa stasiun seperti Poncol, Pekalongan, Ngromobo, dan Cepu juga bisa menerbitkan surat keterangan sehat sebagai pengganti surat hasil rapid test untuk naik kereta.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom