SOLOPOS.COM - Lalu Muhammad Zohri (Reuters-Kalle Parkkinen)

Solopos.com, JAKARTALalu Muhammad Zohri dan kawan-kawan batal bertolak ke Kazakhstan tahun ini setelah Kejuaraan Atletik Indoor Asia di Nur Sultan dipastikan kembali mundur karena lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron. Rencananya kejuaraan itu diundur pada awal 2023.

Pembatalan itu diumumkan lewat akun resmi media sosial Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI). PB PASI mengumumkan 9th Asian Indoor Athletics Championships yang seharusnya bergulir di Nur Sultan pada 11-13 Februari 2022 harus kembali tertunda untuk kali kedua setelah rencana awal, Hangzhou, China, didaulat menjadi tuan rumah ajang tersebut pada 12-13 Februari 2021.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Setelah melalui pertimbangan yang berat dan penuh sesal, kami menunda Kejuaraan Atletik Indoor Asia 2022 yang berlangsung di Nur Sultan, Kazakhstan. Mengenai hal tersebut, PB PASI ingin menginformasikan bahwa Kejuaraan dalam ruangan Asia ke-9 itu telah ditunda menjadi Februari 2023 karena lonjakan kasus Covide-19-Omicron,” tulis akun resmi PB PASI dikutip Antara, Minggu (16/1/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Bangkitkan Laskar Gajah Mungkur, Persiwi Fans bakal Gelar Tarkam

Ajang 9th Asian Indoor Athletics Championships merupakan agenda pertama PB PASI dalam kalender 2022. Semula dalam ajang tersebut, Indonesia berencana menurunkan tujuh atlet terbaik yakni Lalu Muhammad Zohri, Barik Abrar, Sapwaturrahman, Tyas Murtiningsih, Sri Maya Sari, Maria Natalia Londa, dan Emilia Nova.

Zohri rencananya turun pada nomor lari jarak pendek 60 m putra, sementara Tyas Murtiningsih pada 60m putri. Pada nomor lompat jauh, ada nama Barik Abrar dan Sapwaturrahman pada sektor putra, serta Maria Natalia Londa di sektor putri. Sisanya, Sri Maya Sari pada nomor lari 400m putri dan Emilia Nova turun pada nomor 60 m lari gawang putri.

Namun, atlet Indonesia tampaknya harus lebih bersabar untuk kembali berlaga dalam kompetisi internasional. Berdasarkan kalender PB PASI, ajang internasional terdekat setelah batalnya Kejuaraan Atletik Indoor Asia 2022 adalah Asian Youth Athletics Championships di Muscat, Oman pada 4-5 Maret 2022 mendatang.

Baca Juga: Ada Jembatan Gantung, Perekonomian Girpasang Terdongkrak

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PB PASI Tigor Tanjung, sebelumnya berharap 2022 akan lebih baik khususnya terkait pandemi. Indonesia bakal menghadapi ajang besar, termasuk dua multievent yang menjadi tujuan utama pada tahun ini, yakni SEA Games Hanoi, Vietnam pada 12-23 Mei 2022 dan Asian Games Hangzhou, China, 10-25 September 2022.

Sebelum dua pesta olahraga tersebut, PASI berencana mengirim atlet ke berbagai single event untuk mematangkan persiapan. Indonesia juga bakal mengikuti sejumlah ajang besar lainnya, termasuk Kejuaran Atletik Dunia tingkat senior maupun remaja.

“Semoga semuanya juga dalam keadaan sehat. Tapi kalau untuk kejuaraan dunia itu semuanya harus melalui kualifikasi. Semoga ada atlet kita yang lolos. Kalau Kejuaraan Asia itu tanpa kualifikasi, artinya kami bisa ikut, dan semuanya memang harus ditargetkan dan puncaknya pada September yakni Asian Games Hangzhou,” pungkas Tigor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya