Tutup Iklan

Lonjakan Covid-19, PMI Jateng Terjunkan 8 Unit Gunner ke Zona Merah

PMI Pusat mengirimkan bantuan berupa lima bantuan mobil gunner ke PMI Jateng. Total ada delapan mobil gunner yang dikerahkan untuk penyemprotan disinfektan di zona merah.

 Delapan mobil gunner bantuan PMI Pusat dikerahkan untuk penyemprotan disinfektan di wilayah zona merah. (istimewa)

SOLOPOS.COM - Delapan mobil gunner bantuan PMI Pusat dikerahkan untuk penyemprotan disinfektan di wilayah zona merah. (istimewa)

Solopos.com, BREBES – Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Tengah (Jateng) menerjunkan 8 unit mobil gunner guna membantu pemerintah daerah dalam mengantisipasi persebaran virus corona atau Covid-19.

Mobil gunner ini berfungsi untuk menyemprot disinfektan di sejumlah tempat guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Dari 8 mobil yang diterjunkan PMI Jateng, lima di antaranya merupakan bantuan PMI pusat. Bantuan itu diberikan langsung Ketua PMI, Jusuf Kalla (JK), saat berkunjung ke Markas PMI Kabupaten Brebes, Kamis (10/6/2021).

Jusuf Kalla mengatakan selain memberikan bantuan mobil gunner, pihaknya juga menyiagakan personel. Ia juga mengirimkan logistik berupa masker dan alat pelindung diri (APD) ke wilayah yang masuk kategori zona merah.

Baca Juga: Rebana Jadi Produk UMKM Ikonik Kabupaten Demak

“Dalam rapat koordinasi, para kepala markas, khususnya yang di Jateng, sudah kami instruksikan untuk penguatan operasi. Kami juga di markas pusat akan menyediakan logistik yang diperlukan,” terang mantan Wakil Presiden RI itu dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Kamis malam.

Sejauh ini, dukungan logistik yang telah dikirim di antaranya masker medis, masker kain, alat penyemprot disinfektan, baju hazmat, sarung tangan, serta kaporit.

PMI Siagakan Personel

Sekjen PMI, Sudirman Said, menambahkan sejumlah kepala markas PMI telah diinstruksikan untuk menyiagakan jajarannya di posko-posko PPKM mikro. Mereka diminta aktif melakukan sosialisasi dan promosi kesehatan kepada masyarakat serta membagikan perlengkapan perlindungan diri.

“Bukan hanya di Jateng, tapi juga daerah lain yang berpotensi mengalami lonjakan kasus. Kita harus antisipasi lebih dini lonjakan kasus,” ujar Sudirman.

Sementara itu, Wakil Bupati Brebes, Narjo, menyampaikan rasa terima kasih kepada PMI pusat dan PMI Jateng yang konsisten membantu masyarakat.

“Terima kasih atas bantuan armada gunner dari PMI pusat. Brebes saat ini masuk zona merah, sehingga perlu intensif untuk melakukan pencegahan. Apalagi penduduk Brebes mencapai 2 juta jiwa,” tuturnya.

Ketua PMI Jateng, Sarwa Pramana, mengatakan saat ini ada 8 unit mobil gunner PMI yang dikirim ke berbagai daerah di Jateng yang masuk kategori zona merah Covid-19. Selain mobil gunner, PMI Jateng juga menerjunkan 17 unit mobil spraying dan 22 unit kendaraan roda tiga bantuan dari PMI pusat.

“Saat ini gunner PMI kita prioritaskan di wilayah zona merah. Untuk operasional kami bekerja sama dengan pemerintah setempat,” terang mantan Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Jateng itu.

Kedelapan mobil gunner ini masing-masing dioperasikan di Rembang, Kudus, Grobogan, Brebes, Kabupaten Tegal, Kota Pekalongan, Demak, dan Pati.

Berita Terkait

Berita Terkini

Wow! Bupati Grobogan Pegang Tikus Hasil Gropyokan

Bupati Grobogan Sri Sumarni dan Wakil Bupati Bambang Pujiyanto ikut gropyokan tikus di Desa Pulorejo, Kecamatan Purwodadi.

Dihadiahi Batik Cenderawasih, Ganjar Diundang ke Pembukaan PON Papua

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mendapat hadiah berupa batik bermotif burung Cendrawasih dari Rektor Universitas Cendrawasih Papua.

Pensiunan Polisi Viral Jadi Manusia Silver Diberi Pekerjaan Satpam

Pensiunan polisi yang viral karena menjadi manusia silver, Agus Dartono, akhirnya diberikan pekerjaan sebagai petugas satuan keamanan (satpam) di pabrik.

Peroleh 2,6 Juta Vaksin Per Pekan, Jateng Genjot Vaksinasi Remaja

Pemprov Jateng mendapat pasokan vaksin Covid-19 sebanyak 2,6 juta per pekan untuk mempercepat capaian vaksinasi.

Duh! Praktik Prostitusi Gay di Solo Ternyata Juga Layani Threesome

Praktik prostitusi gay di Solo ternyata tak hanya melayani nafsu bejat kaum homoseksual, tapi juga threesome pasangan suami istri (pasutri).

Tragis! Main Hujan-hujanan, Balita Semarang Hanyut di Saluran Air

Musibah dialami seorang bayi berusia tiga tahun atau balita di Kota Semarang yang hanyut terbawa arus di selokan setelah bermain air hujan atau hujan-hujanan.

Prostitusi Gay di Solo Sudah Ada Sejak 5 Tahun, Ini Lokasinya

Polisi menggerebek tempat praktik prostitusi sesama jenis atau gay di Solo yang berkedok tempat pijat dan sudah beroperasi selama lima tahun.

Polisi Selidiki Peran Komunitas LGBT dalam Prostitusi Gay di Solo

Aparat Polda Jateng mendalami peran komunitas homoseksual atau LGBT dalam keberadaan praktik prostitusi gay di Kota Solo yang baru saja dibongkar.

Prostitusi Gay Berkedok Pijat Plus di Solo Digerebek, Segini Tarifnya

Polda Jateng menggerebek tempat praktik prostitusi sesama jenis atau gay di Kota Solo yang membanderol tarif mulai dari Rp250.000.

Berkedok Tempat Pijat, Praktik Prostitusi Gay di Solo Terbongkar

Aparat Polda Jateng mengungkap praktik prostitusi berkedok tempat pijat di sebuah indekos di kawasan Banjarsari, Kota Solo.

Saiful Arifin, Wabup Sekaligus Bos PSG Pati

Nama Wakil Bupati Pati tiba-tiba mencuat karena kobtribusinya dalam sepak bola nasional dengan mengakuisisi klub sepakbola Jawa Timur, PSG Gresik dan mengubahnya menjadi PSG Pati.

Profil PSG Pati, Tim Kuda Hitam Saridin Diakuisisi Atta Halilintar

Klub sepak bola ini dikenal dengan julukan “Kuda Hitam Saridin”. Saridin  merupakan salah satu tokoh yang dihormati di Kabupaten Pati yang dikenal dengan kuda tunggangannya yang berwarna hitam.

Jagone Inyong Kie! Es Lontrong Slawi Seger Legender

Kuliner Tegal kali ini membahas tentang Es Lontrong Slawi yang legendaris dan hanya bisa ditemukan di Tegal.

Tol Kayangan Ini Viral di Medsos Lur, Cek Lokasinya

Tol Kayangan merupakan penghubung Dusun Surodadi dan Dusun Candran, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang sedang viral di medsos.

Pensiunan Polisi di Semarang Ngemis Jadi Manusia Silver, Ini Alasannya

Aksi manusia silver sering kali meresahkan pengguna jalan sehingga menjadi target razia Satpol PP.

Merpati Jaguar di Pekalongan Laku Rp1,5 Miliar, Ini Istimewanya

Kisah unik kali ini tentang seekor merpati Jaguar yang laku terjual seharga Rp1,5 miliar.