SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Magetan (Solopos.com)–Bencana tanah longsor terjadi di jalur utama menuju tempat wisata Telaga Sarangan tepatnya di Kelurahan Sarangan Kecamatan Palosan, Kabupaten Magetan. Akibatnya arus lalu lintas terganggu karena material longsoran menutup separuh badan jalan.

Longsor yang terjadi dini hari tadi di tebing setinggi 40 meter dengan lebar 30 meter tersebut, menimbun separuh badan jalan yang memiliki lebar kurang lebih dari enam meter tersebut. Hal ini membuat petugas terpaksa melakukan buka tutup jalan untuk menguragi kemacetan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sementara kita lakukan sistem buka tutup jalan. Karena saat ini arus lalu lintas memang sedang padat oleh wisatawan yang ingin berlibur ke telaga Sarangan,” ujar salah satu petugas Bina Marga yang berada di lokasi, Muhammad Saleh, Selasa (17/5/2011).

Saleh memperkirakan material longosor yang terdiri dari batu-batu besar dan tanah tersebut baru bisa dibersihkan dalam waktu kurang lebih 10 hari. “Kami terkendala masalah alat berat jadi pengerjaan hanya bisa dilakukan secara manual dan alat-alat biasa,” jelasnya.

Sementara selain menutup jalan, tanah longsor juga merusak areal perkebunan kobis milik warga setempat. Akibatnya puluhan tanaman kubis siap panen rusak tertimbun material longsoran.

“Kobisnya tinggal panen tapi sekarang sudah tidak bisa dipanen lagi karena tertutup longsor. Kalau begini saya bisa rugi sampai Rp 10 juta lebih,” ujar petani kubis, Sutikno ,28.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya