SOLOPOS.COM - Tanah longsor di Tlogoputri Kaliurang Pakem Sleman, Rabu (12/10/2016). (Abdul Hamied Razak/JIBI/Harian Jogja)

Longsor Sleman menyebabkan kerusakan pipa PDAM

Harianjogja.com, SLEMAN– Pipa aliran air bersih yang diakibatkan longsor dipipa  wilayah Umbulharjo, Cangkringan, langsung diperbaiki.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Perbaikan dilakukan oleh warga dan instansi terkait, seperti PDAM dan Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman.

Kepala Desa Umbulharjo Suyatmi yang terjun langsung ke lokasi longsor menjelaskan, warga bersama instansi terkait langsung gotong royong memperbaiki pipa saluran air bersih yang putus akibat longsor.

“Tadi pipa saluran air yang putus sudah disambung lagi. Saat ini aliran air bersih sudah normal kembali,” jelasnya, Rabu (12/10/2016).

Menurutnya, longsor tidak hanya mengakibatkan pipa air bersih putus, tetapi juga merusak saluran irigasi di wilayah Jembatan Pluyon. Tanah yang longsor menutup aliran air ke wilayah Desa Umbulharjo.

“Akses air bersih untuk warga terputus. Tadi pagi tidak ada air, makanya perbaikan saluran air bersih itu cepat dilakukan,” ujarnya.

Putusnya saluran pipa air air dan jalur irigasi di wilayah Utara akibat longsor tersebut sempat mengganggu distribusi air bersih ke sejumlah warga. Meliputi, 200 KK pelanggan air PDAM Sleman, PAM Umbulharjo untuk 1500 KK.

Aliran air dari pipa hidran yang dinikmati oleh 350 KK di Panguk dan Ngrangkah, hingga hunian tetap di Karangkendal sempat terhenti. “Saat ini aliran air sudah mulai normal,” kata Suyatmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya