SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo (Solopos) — Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Sukoharjo meninjau lokasi tebing longsor di Dukuh Kaligunting dan Dukuh Bedug, Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Kamis (3/3/2011). Badan Kesbangpolinmas mengusulkan konservasi lahan di sekitar tebing longsor.

Kepala Badan Kesbangpolinmas Sukoharjo, Lasiman, menyatakan pihaknya akan berkoordinasi dan membicarakan penanganan tebing longsor bersama Dinas Pekerjaan Umum (DPU) serta Badan Lingkungan Hidup (BLH). Menurutnya, perbaikan tebing longsor tidak bisa dilakukan dengan pembangunan fisik, seperti pemasangan beronjong kawat ataupun betonisasi.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Melihat medan perbukitan seperti itu, sulit kalau penangannya dengan diberonjong atau dibeton. Tapi mengenai penanganan fisik, itu kewenangan DPU maka akan kami koodinasikan dengan pihak DPU,” jelas Lasiman saat dihubungi Espos, Kamis (3/2/2011).

Lasiman mengatakan, lahan di sekitar tebing longsor perlu dilindungi. Konservasi lahan di sekitar tebing tersebut diupayakan melalui penanaman pohon. Jenis tanaman keras yang bisa ditanam di sekitar kawasan tersebut, seperti pohon jati dan pohon mahoni. “Di belakang rumah warga yang berada di bawah tebing itukan masih ada lahan, di tempat itu yang paling tepat ditanami pohon,” lanjut Lasiman.

(hkt)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya