SOLOPOS.COM - Ilustrasi bencana tanah longsor. (Rima Sekarani/JIBI/Harian Jogja)

Satu rumah warga Kecamatan Ngebel, Ponorogo, rusak parah setelah diterjang tanah longsor.

Madiunpos.com, PONOROGO — Tanah longsor terjadi di Desa Gondowido, Kecamatan Ngebel, Ponorogo, saat hujan deras melanda kawasan tersebut, Sabtu (11/11/2017) siang sampai sore. Akibat longsor tersebut satu rumah warga setempat rusak parah.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ponorogo, Setyo Budiono, mengatakan hujan deras yang disertai angin kencang menerjang wilayah Ponorogo, Sabtu siang hingga sore. Akibatnya, tebing di Desa Gondowido longsor dan menimpa rumah Suryadi di disamping tebing pada Sabtu sore. (Baca: Awas, Desa Talun Ngebel Waspada Longsor)

“Rumah tersebut rusak parah. Papan rumah jebol dan sejumlah perabotan rumah tangga rusak tertimpa longsoran tanah,” kata Budi kepada Madiunpos.com, Minggu (12/11/2017).

Petugas dan warga pada Minggu pagi melaksanakan kegiatan untuk membersihkan material longsoran yang menimpa rumah tersebut. Kerugian yang ditimbulkan bencana alam tersebut mencapai Rp5 juta.

Budi mengimbau warga di perbukitan maupun di samping tebing untuk lebih waspada. Pada musim penghujan seperti sekarang cukup membahayakan karena bencana tanah longsor bisa terjadi kapan saja.

Pada awal-awal musim penghujan justru lebih berbahaya. Hal ini karena tanah yang awalnya kering, sekali terkena air akan mudah gembur dan longsor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya